Idap Diabetes, Begini Perjuangan Sapri Pantun Melawan Komplikasi Sebelum Meninggal Dunia

Sapri Pantun meninggal dunia

Panggung hiburan tanah air kembali berduka. Salah satu komedian berbakat, Sapri Pantun meninggal dunia pada Senin sore, 10 Mei 2021. Kabar duka ini disampaikan secara live pada program “Pesbukers” di ANTV. Kabar tersebut juga dibenarkan oleh Dolly, adik kandung sekaligus manajer Sapri.

Advertisement

Sebelumnya, kabar Sapri sakit hingga kritis di ICU RS Sari Asih Ciledug didengar publik setelah unggahan beberapa rekan sesama artis yang memohon doa untuk kesembuhan Sapri ramai di media sosial. Komedian dengan jargon pantun “Masak aer!” ini telah melewati perjuangan melawan penyakitnya hingga menghembuskan napas terakhir.

Sapri sempat menutupi sakitnya, dia enggan memeriksa kesehatan karena takut mengetahui penyakit yang ada di tubuhnya

Sebelum dinyatakan sakit, Sapri diketahui memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis. Selain itu, ia juga punya kebiasaan makan yang nggak teratur dan sering kelelahan syuting. Menurut penuturan Jarwo, rekan sesama artis dan teman dekat Sapri, almarhum tak pernah menunjukkan kalau sakit. Bahkan Sapri juga sempat enggan memeriksakan diri karena takut jika mengetahui penyakit yang diderita.

Advertisement

Sapri selalu berusaha tampil bahagia dan menghibur teman-teman dan penonton dengan sifat humorisnya. “Beliau enggak pernah cerita dan beliau juga tidak pernah, apa namanya, nunjukin kalau dia sakit,” tambah Daus Mini dinukil dari Kompas.

Awalnya Sapri mengeluh masuk angin dan hanya meminta dikerok oleh sang istri. Setelah kondisinya semakin parah, keluarga memaksanya ke dokter

Kondisi sakit yang dialami Sapri sempat dinilai wajar, bahkan sering dialaminya ketika kelelahan bekerja. Namun, kondisnya semakin parah ketika mengalami sesak napas, sehingga Sapri dibawa ke klinik. Dilansir dari Detik Hot, keluarga sempat kaget saat dokter menyampaikan hasil pemeriksaan gula darah Sapri yang mencapai 1143.

Meski masih sadar, kondisi Sapri sempat linglung saat pertama kali masuk ICU pada 4 Mei 2021. Beberapa kali  Sapri meracau dengan pantun-pantun khasnya. “Dia sempat halusinasi, kata dokter itu karena efek dari gula darah yang tinggi,” tutur Dolly.

Akibat gula darah yang tinggi, Sapri mengalami beberapa komplikasi yang membuatnya harus berjuang

Gula darah Sapri sempat dinyatakan normal, tapi kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kesadaran Sapri yang terus menurun. Pasalnya, diabetes yang dialami Sapri sudah berdampak buruk pada fungsi organ-organ vitalnya. “Kemarin dijelasin sama ahli jantung, Bang Sapri udah kena jantung, kena ginjal, kena paru, kena pembuluh darah di bagian kaki,” kata Dolly, dinukil dari Kompas.

Kaki Sapri bahkan sudah bengkak dan memar akibat penyumbatan pembuluh darah. Dokter pun menyarankan operasi untuk mencegah penyumbatan yang lebih buruk. Sayangnya saat saran operasi dari dokter belum sempat disetujui oleh keluarga, Sapri kembali mengalami kritis karena komplikasi pada ginjal dan jantungnya. Hal ini membuat tim dokter harus segera melakukan pemasangan ventilator untuk membantu pernapasan.

Usai operasi pemasangan ventilator, kondisi Sapri sempat dinyatakan normal hingga akhirnya mengalami drop dan menghembuskan napas terakhir

Rencananya, Sapri akan dijadwalkan operasi pembuluh darah pada 11 Mei 2021. Secara prosedural, ia harus menjalani operasi pemasangan ventilator untuk mempantu pernapasannya pada 10 Mei 2021. Takdir berkata lain, usai pelasangan ventilator sekitar pukul 14.30 WIB kondisi Sapri sempat membaik. Namun, hal tersebut nggak bertahan lama hingga kondisi Sapri terus menurun hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Sapri meninggalkan seorang anak dan seorang istri yang tengah mengandung anak kedua mereka

Kepergian komedian kelahiran 1972 ini meninggalkan duka mendalam bagi istri dan anaknya. Irma, istri Sapri sempat bercerita bahwa Sapri yang biasanya bercanda dengan sang istri tapi saat terakhir ditemui, Sapri terus bicara serius pada Irma serta menyatakan rasa cintanya. Duka mendalam jelas dirasakan oleh Irma, pasalnya ia tengah mengandung 9 bulan dan diperkirakan akan melahirkan pada 18 Mei 2021.

Duka mendalam juga disampaikan oleh rekan dekat almarhum seperti Chicka Jesica, Adul, Jarwo, Ruben Onsu, eko Patrio dan sederet artis ternama lainnya. Semasa hidup, Sapri memang dikenal sebagai sosok yang sangat baik, rendah hati dan pekerja keras. Hal inilah yang membuat panggung hiburan sangat kehilangan sosok Sapri bin Ahli.

Selamat jalan Bang Sapri, karyamu akan selalu dikenang dan semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE