Anggun Miris karena Makam Habibie Jadi Objek Selfie, Anak Almarhum Justru Tak Permasalahkan

Selfie di makam Habibie

Indonesia sedang berduka karena BJ Habibie meninggal dunia. Mantan Presiden ke-3 Indonesia ini mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) akibat gagal jantung. Jasadnya pun disemayamkan keesokan harinya di sebelah sang istri tercinta. Sejak itulah makam Habibie nggak pernah sepi pengunjung. Banyak orang melayat setiap harinya untuk mengirim doa.

Advertisement

Namun, ada fakta yang menyita perhatian. Kuburan Habibie yang terletak di Taman Makam Pahlawan Kalibata ini jadi objek selfie baru. Nggak hanya berdoa, rupanya banyak pengunjung berfoto-foto di sana. Sampai kuburannya sesak dan ramai banget!

Anggun C. Sasmi miris karena makam Habibie jadi objek selfie. Perbuatan itu dinilai kurang pantas

Kemarin (14/9), Anggun mengunggah foto yang mengangetkan di akun Instagram pribadinya. Tampak kuburan Habibie dikelilingi banyak banget orang. Hampir semuanya memegang ponsel masing-masing. Ternyata mereka asyik ber-selfie di sana. Anggun merasa tindakan itu kurang pantas. Penyanyi ini berpendapat kalau orang-orang harus belajar menilai situasi, apakah pantas untuk selfie atau enggak. Dia juga menulis kalau nggak semua hal harus diunggah di media sosial.

Selain Anggun, Eriska Rein dan artis-artis lain juga menyayangkan perbuatan selfie di makam Habibie. Lebih baik memanjatkan doa aja

Nisannya sampai miring! via suar.grid.id

Kekhawatiran Anggun bukannya tanpa alasan. Ternyata gara-gara kelakuan pengunjung yang asyik selfie, nisan Habibie sampai miring! Bahkan perbuatan mereka dikhawatirkan bisa merusak area di sekitarnya. Nggak hanya Anggun yang merasa miris, ternyata Eriska Rein juga. Buat menghormati Habibie, Eriska berpendapat kalau berdoa di depan kuburannya aja udah cukup, nggak perlu sampai selfie. Hal senada juga disampaikan artis Dewi Gita dan Betrand Antolin. Mereka menyayangkan para pengunjung yang hanya mementingkan dirinya sendiri.

Di sisi lain, putra bungsu Habibie yaitu Thareq Kemal Habibie justru nggak mempermasalahkan perbuatan selfie di makam ayahnya

Rebutan selfie via news.detik.com

“Kalau masalah itu, sebetulnya hak orang ya. Boleh mau selfie, ini mungkin banyak yang pengin foto sama Pak Habibie, dia pikir ya saya nggak dapat aslinya, seenggak-enggaknya kuburannya. Kebetulan kiri kanan ada bapak dan ibu. Saya juga nggak masalah,” kata Thareq pada Sabtu (14/9) seperti dikutip dari Detik.

Berbeda dengan para artis yang merasa miris, Thareq justru santai menghadapi orang-orang yang selfie di depan kuburan ayahnya. Dia maklum karena saat ini memang zaman teknologi, jadi wajar aja kalau orang-orang pengen mengabadikan hal yang penting. Tapi semoga para pengunjung lebih memerhatikan etika ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE