Sengketa “I Am Geprek Bensu” vs “Geprek Bensu” Berakhir, Ruben Onsu Dinyatakan Kalah

Sengketa Geprek Bensu

Nggak sedikit para artis yang akhirnya berbisnis di luar pekerjaanya sebagai figur publik. Para artis membua usaha ini sebagai tabungan masa depan jikalau mereka nggak bisa bekerja lagi di industri hiburan. Salah satu artis yang memiliki usaha cukup besar adalah Ruben Onsu dengan bisnis ayam geprek.

Advertisement

Di tengah pandemi corona yang membuat para pengusaha kalang kabut, Ruben Onsu kembali terkena masalah yang cukup serius. Masalah ini berkaitan dengan nama “Bensu” yang digunakannya untuk brand ayam geprek tersebut. Diketahui, Ruben telah kalah memperebutkan nama “Bensu” tersebut.

Nama “Bensu” nyatanya nggak hanya digunakan oleh bisnisnya. Oleh karena itu, Ruben menggungat agar hanya bisnisnya yang bisa menggunakan nama tersebut

Form pengadilan via kumparan.com

Ruben Onsu pernah mempermasalahkan nama Bensu karena nama tersebut dijiplak oleh pembisnis lain. Pada 25 September 2018 silam Ruben mengajukan gugatan. Namun gugatan suami dari Sawendah tersebut ditolak oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat.

Setelah itu Ruben nggak menyerah ia kembali mengajukan gugatan pada 23 Agustus. Kali ini Ruben menggugat PT Ayam Geprek Benny Sujono. Sama seperti gugatan awal majelis hakim kembali menolak gugatan Ruben secara keseluruhan pada 13 Januari 2020 lalu.

Advertisement

Nama Bensu berawal dari awal pendirian bisnis Ayam Geprek “I Am Geprek Bensu” yang melibatkan Ruben dan adiknya

Bicara sedikit ke belakang, awal mulai pendirian nama Bensu terjadi pada tahun 2017. “I Am Geprek Bensu” didirikan oleh Yangcent, Kurniawan dan Stefani Livinus. Mereka melibatkan Jordi Onsu sebagai manajer operasional kemudian menawarkan Ruben untuk menjadi duta promosi “I Am Geprek Bensu”. Ruben meminta sang pemilik usaha ayam geprek untuk mempekerjakan satu karyawannya di dapurnya yang kemudian ia tarik untuk mendirikan “Ayam Geprek Bensu”.

Dilihat dari logo, kedua merek dagang ayam geprek ini memang mirip. Dari mulai font, logo api sampai gambar ayamnya pun sama. Jadi wajar saja keduanya saling bersikukuh mempertahankan nama perusahaanya. Singkatnya Ruben mengklaim kalau Bensu berarti Ruben Onsu meski sebenarnya Bensu adalah Benny Sujono.

Setelah permohonannya ditolak oleh majelis hakim kini Ruben nggak bisa menggunakan nama Bensu

Advertisement

Ruben via kumparan.com

Melansir Kumparan, karena permohonan Ruben telah ditolak maka hakim telah menyatakan sertifikat pendaftaran merek atas nama Ruben Samuel Onsu, yakni 6 merek dagang ayam “Geprek Bensu” milik Ruben telah batal dalam segi hukum. Sederhananya, Ruben nggak bisa lagi menggunakan nama Bensu. Selain itu pembatalan dilaksanakan dengan mencoret pendaftaran merek-merek dagang ayam “Geprek Bensu” dari Indonesia Daftar Merek.

Nggak sedikit yang ternyata baru tahu faktanya kalau “I Am Geprek Bensu” justru berdiri lebih dulu dibanding “Geprek Bensu”. Dan ternyata nama “Bensu” bukan singkatan dari “Ruben Onsu” melainkan “Benny Sujono”.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE