Sistem Belajar Online Nggak Efektif bagi Rysaka, Sharena-Delon Tunda Lanjutkan Pendidikan sang Anak

Sharena Delon tunda anak masuk SD

Pertengahan tahun menjadi momen penting bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan. Mulai dari masuk TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah, ditentukan di pergantian tahun ajaran. Namun berbeda dari biasanya, kenaikan kelas atau kelulusan mereka nggak bisa dirayakan seperti biasa karena pandemi yang masih mewabah di Indonesia.

Advertisement

Nggak hanya proses belajar mengajar yang kini online, selebrasi kelulusan sekolah atau kuliah pun juga hanya dilakukan secara virtual. Hal ini juga dirasakan oleh sejumlah anak artis, salah satunya putra Delon dan Sharena yang baru aja lulus TK.

Beberapa waktu lalu, putra pertama Delon dan Sharena, Rysaka, menyelesaikan pendidikannya di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK)

View this post on Instagram

#GRADUATION2020 🎓 Congratulations, Ry…on your graduation! Even though you have to do it virtually, we are still so very proud of you💖 These past 3 months has not been easy for him because he desperately wanted to go back to “real” school, he couldn’t stand doing it online, but he did it anyways. He misses his friends and also his teachers yet didn’t get a chance to say proper goodbyes…you know, with all the warm hugs :’) so here it is, i present to you his graduation picture, plus a footage of him singing the graduation song yang aku edit ala kadarnya tempel lagu😝 plus part Ry nge-MC a little part di prosesi acara tadi😁 on the mellow part, ada foto Ry waktu last zoom session with his friends yang tak disangka malah super mengharukan *sungguh, mommy lupa siapin mental*…walau Ry jaim…udahannya malah Ry yang sedih banget “pisah” sama temen2nya😭 GAK KOK, MOMMYNYA GAK NANGIS KOK😭 Selamat yah, Ryshaka sayang… Mommy and Daddy love you so much…to the moon and back and back and back and back and back again🌙💫

A post shared by Sharena Delon (@mrssharena) on

Melalui akun Instagramnya, Sharena membagikan momen sang anak, Rysaka, yang baru aja lulus TK. Namun kali ini perayaan hanya dilakukan di rumah melalui pertemuan virtual. Sharena mengaku, tiga bulan terakhir menjadi waktu yang cukup berat untuk sang anak karena hanya belajar di rumah secara virtual. Namun lebih menyedihkan ketika Ry haru bertemu untuk terakhir kali dengan teman-teman TK-nya melalui virtual. Bahkan Sharena juga merasa sedih menyaksikan perpisahan sang anak dengan teman-temannya.

Pasangan selebritas ini memutuskan untuk menunda pendidikan tingkat SD sang anak karena merasa kurang efektif di masa pandemi ini

View this post on Instagram

SD nya tahun depan aja ya, Ry! 😆👌🏼Yes, technically…Ry harusnya bulan depan masuk elementary school, but..setelah pertimbangan yang cukup mendalam dan matang antara aku, @tail_wagging and juga @ry__shaka akhirnya we decided untuk pending setahun. Why? Well, faktor terbesarnya ofcourse karena pandemi ini. Ry sangat gak suka online learning (akupun😂), dan karena dia gak enjoy…jadinya makin gak mau fokus dan akupun berasa he just gets nothing from it. Sangat gak efektif buat Ry (and emotionally unhealthy too) 🤷🏻‍♀️ jadinya sayang banget kalo mau dipaksain (apalagi kita ga tau kan sampai kapan kaya gininya). Diluar itu, Ry juga umurnya baru 5thn, so..masih asik banget diundur tahun depan jadi masuk SD pas sudah 6 tahun. Lebih matang juga. Walaupun belum ada jaminan juga sih Juni depan pandemi ini bisa beres, tapi atleast Ry sudah lebih “mature” untuk menghadapinya. Ry approved rencana ini karena dia kalo sekolah yah maunya beneran😁 sama sekali ga keberatan mundur setaun, malah girang anaknya🤪 Untung calon sekolahnya Ry baik banget, smua uang sekolah yang sudah kita lunasi bisa full di deposit-kan untuk tahun depan…tadinya udah siapin mental buat resiko uangnya angus😂👏🏼 Kalo ditanya, setahun ini mau ngapain? Well, honestly kita belum ada plan. Karena semuanya akan menyangkut faktor luar yang kita belum siap hadapi. Yang pasti kalo semuanya membaik, pengennya kita ikutin private classes. Entah itu music classes or other fun activities yang Ry kepengen. Sementara ini, Ry disuruh @tail_wagging untuk baca 1 buku pendek sehari supaya gak lupa baca aja sih, plus plenty of outdoor activities sore di dalam kompleks 😆Sea juga yang tadinya tahun ini mau aku masukin nursery… bataaallll🤪 Sementara ini, kita as a family nikmatin #DiRumahAja nya, kalo pandemi kelar tahun ini langsung bisa travelling gila2an tanpa mikir izin bolos sekolah😂👌🏼 Kalo kalian gimana? Ada yang postpone anaknya sekolah juga di tahun ajaran depan? #graduation2020 . . 🥾 @___kinta 👘 @babygottstyle 📸 @whenywillyyn

A post shared by Sharena Delon (@mrssharena) on

Menamatkan pendidikan di TK, Ry seharusnya bulan depan sudah masuk sekolah dasar (SD). Namun setelah menimbang, Sharena, sang suami, dan juga Ry memutuskan untuk menunda pendidikan sang anak hingga satu tahun ke depan. Alasan utamanya adalah karena pandemi yang tengah terjadi. Sistem belajar online dirasa nggak cocok dan nggak efektif untuk Ry. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk melanjutkan pendidikan Ry di tingkat SD pada tahun depan. Apalagi usia Ry saat ini masih 5 tahun. Jadi nggak masalah jika sang anak menunda pendidikannya selama satu tahun. Sharena juga merasa beruntung karena biaya sekolah yang udah dibayarkan bisa dideposit hingga tahun depan.

Masing-masing anak memang memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami sang anak, seperti yang dilakukan oleh Sharena dan Delon. Sehingga keputusan yang diambil juga tepat untuk perkembangan sang anak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE