Pilih Tak Buatkan Buah Hatinya Akun Instagram, Tata Janeeta: Anak kan Nggak Butuh Itu

Tata Janeeta tak bikin akun IG anak

Keluarga Tata Janeeta dan Raden Brotoseno tengah diselimuti kebahagiaan. Pada Jumat (26/6) silam keduanya menyambut bayi laki-laki bernama R. Erlangga Danendra Brotoseno. Kabar bahagia itu pun ia bagikan di media sosial Instagramnya.

Advertisement

Saking senangnya, terlihat Tata tak segan untuk mengunggah potret lucunya sang buah hati dalam keseharian. Lantas banyak yang penasaran apakah nantinya penyanyi berusia 38 tahun itu akan membuatkan Erlangga Instagram, layaknya selebritas Indonesia yang lain? Menjawab pertanyaan dengan bijak, Tata menegaskan alasan tak mau membuatkan anak media sosial sejak dini.

Bukan hanya Erlangga, kedua anak Tata sebelumnya yang sudah berusia 11 dan 10 tahun pun tak punya Instagram. Menurutnya anak-anak tak membutuhkan media sosial

Ceritakan alasan tak mau membuatkan anaknya Instagram, menurut Tata jika hanya ingin mengabadikan momen aktivitas si kecil penggemarnya bisa langsung ke Instagram ibunya. Diketahui, Janeeta Amira dan Atharnaga Raffadean pun tak pernah dibuatkan media sosial.

Advertisement

“Nggak (buatkan IG anak). Apalagi Erlangga, pakai akun IG saya aja. Mau tau dia ngapain, gimana perkembangannya, ya liat di IG saya aja,” pungkas Tata kepada wartawan dikutip dari KumparanSelasa (29/6).

Lantas ia menjelaskan prinsipnya bahwa anak yang masih kecil nggak seharusnya menggunakan media sosial. Pasalnya mereka pun belum mengerti dan membutuhkan. Beda lagi jika dibandingkan dengan orang dewasa, yang kerap kali penting digunakan untuk hal terkait pekerjaan.

Advertisement

“Saya pikir anak seusia mereka nggak perlu IG. Kalau saya, kita, perlu sebagai media untuk karya, untuk promosi, dan sebagainya. Kalau anak-anak nggak butuh, belum,” sambungnya.

Mantan pasangan duet Maia Estianty ini menjabarkan bahwa anak seusia mereka lebih ditekankan untuk belajar, bermain dan fokus jadi anak yang berbakti kepada orang tua. “Anak butuh belajar dan bermain, dan fokus jadi anak sholeh. Jadi nggak perlu IG. Nanti ada waktunya sendiri mereka punya,” tegas Tata Janeta.

Pandangan Tata sedikit berbeda, pasalnya di era serba digital banyak artis Indonesia yang sudah buatkan akun Instagram untuk anak. Pengikutnya pun ada yang sampai jutaan

Anak artis dengan pengikut jutaan | Credit: Instagram @kianotigerwong

Fenomena artis buatkan akun Instagram untuk buah hati sekarang ini jadi sesuatu yang biasa. Bahkan saat ibunya tengah mengandung, akun Instagram anak sudah dipersiapkan. Menariknya, pengikutnya pun tak main-main. Sebut saja deretan anak artis yang memiliki pengikut lebih dari 1 juta di Instagram, yakni Arsy Hermansyah, Thalia Putri Onsu, Raphael Moeis, Kiano Tiger Wong hingga Nastusha Olivia Alinskie.

Orang tua membuatnya pun dengan alasan yang beragam. Ada yang karena takut foto sang anak disalahgunakan oleh akun tak bertanggung jawab, sekadar dokumentasi perkembangan buah hati, bukti cinta orang tua yang kerap kali menuliskan caption menyentuh, dengan harapan dapat dibaca anak di kemudian hari, hingga tak jarang sang anak sudah menjadi model untuk brand ternama.

Apapun alasannya, membuatkan media sosial untuk anak merupakan keputusan masing-masing orang tua. Tujuannya pun mulia sebagai tanda kasih sayang. Hanya saja karena mereka figur publik, maka harus siap dengan pro-kontra serta konsekuensi yang didapatkan. Salah satunya, kehidupan anak akan terekspos sejak dini dan jadi konsumsi publik. Di balik itu semua, mereka juga pasti mengawasi, di umur berapa anaknya diperbolehkan menggunakan media sosial.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE