Unggah Foto Tanpa Make Up, Brisia Jodie Kena Bully: Orang Ekspektasinya Aku Seputih Apa?

Penampilan selebritas di layar kaca atau media sosial memang seringkali menunjukkan wajah sempurna dengan sentuhan make up. Hal ini seringkali membuat publik berkespektasi bahwa wajah asli sang idola sempurna tanpa cela. Nggak heran jika kalangan selebritas sering nggak percaya diri menunjukkan wajah polos mereka saat tanpa riasan. Apalagi nggak jarang, mereka justru mendapat komentar negatif dari warganet, karena penampilannya itu.

Advertisement

Hal serupa juga dialami oleh aktris dan musisi Brisia Jodie yang baru saja mendapat pengalaman buruk saat mengunggah foto wajahnya tanpa make up di Instagram Story. Alih-alih dipuji karena percaya diri mengunggah penampilan aslinya, Brisia Jodie justru kena bully warganet.

Wajah asli Brisia Jodie nggak sesuai ekspektasi warganet yang berujung dengan komentar negatif

Berawal dari game truth or dare yang dimainkan Brisia Jodie dan teman-temannya, membuat dara kelahiran 30 Maret 1996 itu mendapat tantangan untuk mengunggah foto bareface di Instagram Story. Dalam unggahan tersebut, penyanyi yang akrab disapa Jodie itu menambahkan kolom pertanyaan untuk pengikutnya.

“Rate seberapa cantik aku?” tulis Brisia Jodie.

Advertisement

Alih-alih mendapat banyak pujian dengan penampilannya itu, penyanyi jebolan Idonesian Idol 2017 itu justru mendapat banyak pernyataan yang menyudutkannya. Bahkan, Brisia sempat mengunggah rekaman layar saat ia membuka balasan dari pengikutnya di Instagram yang kebanyakan nggak menyangka bahwa kondisi wajah asli Brisia seperti pada foto itu.

“Hehehe kulitnya tak se-glowing filter,” tulis seorang warganet.

“Masih kalah jauh, ah kirain glow up,” tulis warganet lainnya.

Advertisement

Ternyata itu hanya sebagian kecil komentar negatif yang Brisia dapatkan. Dari video tersebut terlihat cukup banyak yang nggak menyangka bahwa wajah Brisia nggak seputih ketika memakai make up. Bahkan, terlihat pula ada beberapa jerawat di bagian dagunya.

Brisia pun mengaku heran terhadap ekspektasi orang-orang pada dirinya yang begitu tinggi, sehingga saat tahu kondisi aslinya, justru mereka merasa selama ini dibohongi oleh penampilan sang artis yang sempurna. Mendapat komentar negatif itu, cukup wajar bila Brisia Jodie merasa sakit hati, seperti yang diungkapnya di Instagram Story.

“Niat cuma main-main eh malah nyakitin hati, yaaa,” tulis Brisia Jodie.

Brisia Jodie mengingatkan nggak ada salahnya orang mengunggah wajah polos tanpa riasan

Brisia Jodie dibully

Tangkapan layar komentar negatif warganet | Foto dari Instagram Brisia Jodie

Banyaknya komentar negatif pengikutnya di Instagram, karena ekspektasi wajah Brisia Jodie yang sempurna justru membuatnya sering merasa nggak percaya diri ketika tampil dengan wajah polos. Hal itu membuat Brisia Jodie jadi down saat menghadapi komentar negatif tentang penampilannya.

“Komen-komen yang bikin aku kadang nggak PeDe buat tampil bareface: ‘ternyata aslinya nggak putih ya, Skincare mulu tapi nggak berubah-ubah, ternyata belum glow up, ternyata…’ dan masih banyak komentar negatif lainnya yang kadang bikin aku nggak mood buka DM karena bisa bikin drop mood aku,” tulis Brisia Jodie dalam Instagram Story.

Lebih lanjut, Brisia Jodie juga mempertanyakan ekspektasi pengikutnya terhadap kondisi asli wajahnya, lantaran banyak yang bilang kulit Brisia nggak seputih yang mereka kira.

“Emang orang-orang ekspektasinya aku seputih apa sih? Seputih Blackpink? Aku juga bukan lahir dari gen yang putih, guys,” lanjut Brisia Jodie.

Pelantun lagu Rindu Dalam Hati ini tampaknya cukup sering mengingatkan orang-orang untuk menghargai penampilan wajah asli orang lain. Brisia Jodie juga menekankan bahwa nggak ada salahnya orang mengunggah wajah polos tanpa riasan ataupun kondisi wajah yang sedang berjerawat di media sosial.

“Aku udah pernah bahas ini sebelumnya, nggak ada salahnya orang posting muka bareface ataupun lagi breakout di media sosial,” ungkap Brisia Jodie.

Ia juga mengingatkan bahwa keputusan mengunggah seperti apapun kondisi wajah seseorang merupakan hak mereka, apalagi ketika mereka percaya diri dengan penampilannya itu. Brisia Jodie juga menekankan soal perjuangan seseorang untuk merawat diri, jangan sampai terluka karena anggapan negatif orang lain yang hanya bisa berkomentar.

Usai kena bully, Brisia Jodie mendapat banyak dukungan

Brisia Jodie dibully

Tangkapan layar tanggapan Brisia Jodie | Foto dari Instagram Brisia Jodie

Meski mendapat banyak komentarnegatif tentang realita wajah aslinya, Brisia Jodie juga mendapat banyak dukungan. Salah satunya dari rekan sesama selebritas, seperti Varrel Bramasta yang cukup heran dengan orang yang suka menghina fisik orang lain. Varel juga mengungkap pendapatnya soal definisi cantik, sekaligus memberikan dukungan pada Brisia Jodie.

“Heran banget sama orang yang menghina fisik, mau kulitnya putih atau gelap nggak masalah selama itu sehat. Lagian menurut aku semua perempuan termasuk Kodie itu cantik dengan warna kulit apapun. Semangat ya @brisiajodie96,” tulis Varrel Bramasta dalam Insta Story.

Dukungan serupa juga diberikan oleh selebgram sekaligus bintang iklan Keanu Agl yang heran dengan ekspektasi warganet terhadap penampilan Brisia Jodie. Nggak hanya itu saja, bahkan dukungan juga mengalir dari warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Hipwee, hal itu membuat nama Brisia Jodie dengan kalimat “Jodie Di Bully” sampai trending di Twitter pada Kamis (6/10) siang. Banyak yang membela Brisia Jodie dan mengungkap bahwa cantik itu nggak harus putih.

“Melihat Jodie di-bully jadi heran sama orang yang patokin standar kecantikan itu harus putih,” cuit seorang warganet.

“Orang-orang itu kenapa jahat banget, masa gara-gara posting bareface doang Jodie di-bully? Cantik itu nggak harus putih, kali! Kolot banget mikirnya!” cuit warganet lainnya.

Kalangan selebritas yang kena bully warganet karena mengunggah foto wajah polos mereka, memang bukan hanya Brisia Jodie saja. Kebanyakan pun gara-gara warganet nggak menyangka kondisi asli wajah sang artis. Padahal artis atau kalangan figur publik tetap manusia yang nggak bisa selalu tampil sempurna.

Mereka juga memiliki permasalahan kulit yang sama, hanya saja pekerjaan mereka kadang memang dituntut tampil sempurna menggunakan riasan make up. Apalagi definisi cantik itu nggak harus putih, setiap perempuanbahkan berhak merasa dirinya cantik apapun warna kulitnya, dan apapun profesinya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE