Vidi Aldiano dan Sheila Dara Menikah. Begini Serba-Serbi Pernikahannya

Akad nikah berjalan lancar, mereka melakukan prosesi khas Sunda dengan busana cokelat keemasan

Vidi Aldiano dan Sheila Dara akhirnya sah menjadi suami istri pada hari ini, Sabtu (15/1/2022). Prosesi akad nikah berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di sebuah hotel kawasan Jakarta Selatan dengan mengusung adat Sunda. Tak hanya disaksikan keluarga dan kerabat,  momen bahagia ini juga disiarkan langsung lewat kanal YouTube Vidi Aldiano. Sebelumnya, keduanya sudah lebih dulu menggelar acara pengajian, sungkeman, siraman, hingga ngeuyeuk seureuh.

Advertisement

Prosesi pernikahan diawali dengan tarian khas Sunda bersamaan dengan masuknya mempelai pria. Tak lama setelah duduk di kursi akad, Sheila Dara datang dengan raut wajah berseri-seri. Mereka tampak kompak mengenakan busana bernuansa emas kecokelatan. Akad nikah pun berjalan lancar, keduanya sah menjadi suami istri dengan mas kawin 1000 USD dan 501 poundsterling. Setelah akad selesai, acara dilanjutkan dengan rangkaian prosesi khas Sunda.

Ucapkan ijab kabul dengan satu tarikan napas, Vidi memberikan mahar 1000 USD dan 501 poundsterling

Ijab kabul Vidi dan Sheila berjalan lancar | Credit: Vidi Aldiano via YouTube

Rangkaian acara pernikahan Vidi Aldiano dan Sheila Dara diawali dengan datangnya mempelai pria didampingi keluarga menuju kursi pelaminan. Tak lama setelahnya, Sheila datang bersama keluarganya pula dan duduk di samping Vidi. Sebelum mengucapkan ijab kabul, prosesi diawali dengan pembacaan ayat suci dan permohonan izin kepada orang tua.

Sambil menjabat tangan Vidi, ayah Sheila menikahkan anaknya dimulai dengan ucapan istigfar dan dua kalimat syahadat. Vidi pun berhasil mengucap ijab kabul dalam satu tarikan napas. Vidi menyerahkan maskawin berupa uang senilai 1000 USD dan 501 poundsterling. Jika dirupiahkan, jumlah itu kurang lebih setara dengan Rp24 juta.

Advertisement

Raut bahagia terpancar di wajah keduanya, mereka mengenakan busana khas Sunda bernuansa emas

Raut bahagia terpancar dari wajah keduanya | Credit: Vidi Aldiano via YouTube

Tak seperti prosesi akad biasanya yang mengenakan busana serba putih, Vidi dan Sheila memilih busana bernuansa cokelat keemasan. Vidi terlihat gagah dengan atasan berbahan velvet dengan bawahan batik berwarna gelap. Dia juga memakai penutup kepala dengan hiasan batu permata khas Sunda lengkap dengan kalung melati.

Sementara itu, Sheila tampil menawan dengan kebaya cokelat berkilauan  berpotongan ramping. Dia menggunakan siger khas pengantin Sunda sebagai pelengkap tampilannya. Untuk mempercantik tampilan, Sheila menggunakan riasan warna netral yang cocok dengan busananya.

Usai akad nikah keduanya menjalani prosesi sungkeman, saweran pengantin, sampai prosesi huap lingkung

Prosesi sungkeman Vidi dan Sheila | Credit: Vidi Aldiano via YouTube

Advertisement

Akad nikah selesai dilangsungkan, acara berlanjut dengan sungkeman kepada orang tua kedua mempelai. Mereka juga memasukkan sedikit unsur budaya Minang lewat gelar Sutan Sari Alam yang disandangkan kepada Vidi mengingat darah Minang yang masih mengalir dari orang tua mereka. Setelah itu, prosesi berlanjut dengan prosesi saweran panganten, prosesi elekan, basuh kaki, suap menyuap, hingga prosesi patarik-tarik. Saat prosesi adat dilangsungkan, Vidi dan Sheila tampak tertawa sambil menyisipkan candaan di tengah suasana sakral ini.

Vidi Aldiano dan Sheila Dara memang sudah mantap menikah sejak tahun 2021. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 belum terkendali, berbagai persiapan pun tertunda. Namun, akhirnya mereka mempersiapkan secara serius acara pernikahan ini mulai Desember tahun 2021. Akhirnya, hari ini pernikahan keduanya bisa berjalan dengan lancar.

Selamat ya untuk Vidi Aldiano dan Sheila Dara, semoga langgeng dan bahagia selalu!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE