Berusaha Jadi Orang Tua yang Memiliki Pikiran Terbuka, Yuni Shara Izinkan Anak Nonton Film Dewasa

Yuni Shara orang tua terbuka

Setiap orang tua pasti punya caranya sendiri untuk mendidik anak-anaknya. Apalagi saat menghadapi anak usia remaja dan mulai beranjak dewasa yang mulai penasaran dengan tontonan orang dewasa. Hal tersebut juga dialami oleh penyanyi Yuni Shara untuk mendidik kedua putranya. Yuni punya caranya sendiri untuk selalu berusaha menjadi teman dan terbuka untuk Cavin dan Cello, anaknya.

Advertisement

Saat di wawancarai  di YouTube Venna Melinda Channel, Yuni mengungkap bahwa dirinya selalu disiplin dan tegas dalam mendidik anak-anaknya. Namun, Yuni juga berusaha menjadi orang tua yang terbuka dan menjadi sosok teman, apalagi soal edukasi tontonan dewasa pada kedua putranya. Pengakuan Yuni tersebut ternyata menjadi perbincangan warganet, belum lama ini.

Yuni mengaku bahwa ia nggak pernah memarahi kedua putranya saat kedapatan menonton film dewasa. Yuni berusaha menjadi sosok layaknya teman yang saling terbuka

Di usia anak-anak yang sudah remaja, Yuni memang selalu menekankan  kedisiplinan dan tanggung jawab. Apalagi Yuni merasa mendidik anak laki-laki harus lebih keras, tapi sebagai orang tua juga harus terbuka dan menjadi sosok teman untuk anaknya. “Nggak mungkinlah ya anak-anak kita nggak nonton film gituan. Pasti ada mau jenis anime, mau jenis apa, segala macem, akan ada,” ujar Yuni dikutip dari YouTube Venna Melinda Channel.

Advertisement

Awalnya Yuni mengaku sempat risih, tapi ia selalu berpikir bahwa memarahi anak-anak tentang hal tersebut justru membuat anak penasaran dan semakin ingin cari tahu sendiri. “Jadi mendingan daripada gini-gini (memarahi), kita jadi kayak temen aja. ‘Gimana nonton kayak gini, asyik ya?’ (Yuni bertanya) misalnya gitu. ‘Itu lo yang gini-gini’ (Yuni menjelaskan pada anak). ‘Bunda, kamu kok gini-gini, jangan gini-gini’ (respon anak yang protes),” tutur Yuni.

Meski sempat diprotes anaknya saat Yuni mencoba terbuka, tapi Yuni justru bersikap santai, benar-benar layaknya seorang teman. “Aduh biasa aja Bro, aku gitu ke anak,” terang Yuni. Cara tersebut diakui Yuni sebagai upaya mengedukasi anak, tanpa menghakimi mereka. Beruntung, anak-anaknya juga bisa terbuka dan mau bercerita dengan Yuni.

Menjadi sosok teman dan selalu terbuka pada anak, membuat hubungan Yuni dengan anak-anaknya justru semakin dekat

Advertisement

Sikap terbuka yang Yuni lakukan pada anak-anaknya, ternyata nggak hanya soal edukasi film dewasa saja. Banyak hal yang Yuni pelajari supaya obrolan mereka bisa tetap nyambung. Bahkan, sikap tersebut juga Yuni terapkan pada anak bawaan dari mantan suaminya Henry Siahaan. Hal tersebut membuat Yuni jadi dekat dengan teman-teman anaknya.

“Anak-anak jadi santai sama aku, teman-temannya pun begitu. Aku tuh jadi curhatannya anak-anak, mulai dari anak-anaknya Mas Henry juga gitu ke aku. Jadi apa-apa mereka cerita, ‘tante-tente menurut tante gimana’ gitu-gitu  mereka jadi terbuka.” tutur Yuni. Meski Yuni menerapkan gaya hidup yang konvensional untuk dirinya sendiri, tapi ia menerapkan ‘open minded‘ untuk mendidik anak-anaknya. Yuni juga menyadari bahwa ia nggak bisa mengawasi anak-anaknya selama 24 jam, sehingga sikap saling terbuka bisa membantu Yuni untuk mengetahui apa saja yang anaknya lakukan.

Cara Yuni dalam mendidik anak-anaknya terkait tontonan dewasa ternyata menuai berbagai respon dari warganet

Komentar warganet | on Instagram

Dalam vlog Venna Melinda tersebut, Yuni memang mengakui bahawa ia berusaha bersikap layaknya teman dan nggak memarahi anaknya saat kedapatan menonton film dewasa. Sikap Yuni yang justru menanyai anaknya dan memberikan penjelasan tentang film yang anaknya tonton justru mengundang berbagai reaksi warganet di Instagram. Banyak yang setuju dengan sikap Yuni, karena menyadari bahwa anak yang dilarang bisa bertindak nekat dengan menonton secara bersembunyi tanpa diketahui orang tua.

“Kalau aku setuju aja. Lebih baik terbuka si anak daripada sembunyi sembunyi. Karena dengan terbuka kita juga bisa kasih edukasi yang positif agar si anak tidak masuk ke pergaulan bebas,” tulis ujar seorang warganet. Namun, ada yang menyayangkan sikap Yuni yang dianggap membiarkan anak-anaknya menonton film yang menimbulkan dosa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE