Sama halnya kayak teknologi, setiap tahun tren fesyen juga terus mengalami perubahan. Bahkan nggak jarang apa yang populer di tahun sebelumnya, jadi tren lagi di tahun setelahnya. Makanya, banyak yang bilang tren itu sama aja kayak siklus, yang terus berulang. Sering juga sebuah tren cuma bertahan selama beberapa minggu. Itulah yang kadang bikin orang-orang bingung dibuatnya.

Biasanya apa yang jadi tren fashion di masa depan diprediksi oleh para desainer atau penata busana di tahun sebelumnya. Mereka memberi gambaran tentang apa aja yang bakal ditinggalkan dan apa aja yang bakal dipakai lagi. Sebelum tahun benar-benar berganti, nih Hipwee Tips sudah mengulas 12 tren fesyen yang diperkirakan bakal tergantikan di tahun 2018, dilansir dari Brighside. Simak dulu kuy biar nggak dibilang ketinggalan zaman~

1. Kalau 2017 banyak kaus bertuliskan kalimat menggelitik, sebaliknya, tahun depan trennya tulisan ‘serius’ di atas kaus nih. Berat juga ya..

2018 lebih serius via brightside.me

Advertisement

Nih, 2018 kamu bisa ‘bicara’ lewat kausmu lho. Para desainer memprediksi orang-orang bakal lebih suka mengekspresikan motto hidupnya atau pikirannya lewat desain sebuah kaus. Brand ternama kayak Dior, Haider Ackermann, Prabal Gurung, Ashish, dan lainnya sudah mengeluarkan tren ini di koleksi Spring 2018-nya.

2. Percaya nggak, baju-baju seksi kayak punya Kim Kardashian bakal nggak laku lagi di tahun 2018 lho. Sebaliknya, busana klasik tertutup malah banyak dipakai

Nggak musim lagi pakai pakaian terbuka via brightside.me

Ucapkan selamat tinggal pada jins sobek-sobek, legging, baju dengan bagian dada rendah, atau celana dan rok ketat. Tahun depan diprediksi jadi trennya blazer dan busana klasik tertutup lainnya.

3. Sepatu berbentuk unik emang lucu dan instagramable. Tapi ternyata tahun depan udah nggak musim lagi nih

Selamat tinggal sepatu unik via brightside.me

Kalau kata para desainer, “Kamu nggak perlu lagi memilih antara kecantikan dan kenyamanan”. Iya, karena 2018 bukan lagi trennya sepatu-sepatu berbentuk aneh yang kalau dipakai malah nggak nyaman. Sebaliknya, industri fashion bakal menelurkan koleksi sepatu yang mengedepankan kenyamanan.

4. Kalung chokers sempat hits banget nih, apalagi selebgram Indonesia banyak yang pakai. Tapi siap-siap, tahun depan trennya bakal tergantikan lho

Bye chokers via brightside.me

Advertisement

Nggak bisa dipungkiri lagi deh kalau chokers sempat jadi salah satu item wajib buat anak-anak muda di Indonesia. Sayangnya, buat kamu pecinta chokers, kayaknya harus rela item favoritmu itu diganti sama kalung berukuran besar. Asesoris lain kayak cincin dan gelang juga lho. Hiasan mutiara dan rantai emas juga bakal jadi tren lagi nih.

5. Boho chic atau kalau di Indonesia dikenal sebagai tren tribal, ternyata akan tergantikan sama cowboy style lho!

Boho chic vs cowboy style via brightside.me

Para desainer sudah menetapkan kalau tren hippie atau tribal sudah nggak laku lagi tahun depan. Sebagai gantinya, beberapa fashion brand telah mengeluarkan koleksi 2018-nya yang berbau cowboy.

6. Baju dengan bagian bahu rendah memang bisa menampilkan sisi feminimnya, tapi nyatanya 2018 tren itu juga ikut tergantikan

Back to 80’s via brightside.me

Penyuka baju sabrina atau yang bagian bahunya rendah kayaknya harus bersedih hati deh karena tahun depan tren itu bakal diganti sama busana-busana tahun 80-an, kayak blazer, atau baju yang bagian pundaknya tebal.

7. Beralih ke warna nih, ternyata tahun depan para desainer akan lebih banyak fokus sama busana-busana warna putih, dibanding warna-warna cerah

Cerah vs putih via brightside.me

Meski begitu ya bukan berarti kamu nggak boleh pakai warna cerah sih. Tapi yang jelas, warna putih bakal banyak dijadikan tren 2018.

8. Kalau tren model rambut, tahun depan bakal lebih musim rambut berantakan daripada yang rapi-rapi lho

Rapi vs messy via brightside.me

Bicara fashion memang nggak melulu soal busana ya. Rambut berantakan atau nama kerennya messy hair, diprediksi bakal lebih banyak disukai di tahun 2018. Kayaknya nggak perlu lagi bawa sisir kemana-mana.

9. Beralih ke tren makeup. Kalau beberapa bulan belakangan ini banyak wanita sibuk membuat alis sesempurna mungkin, tahun depan bakal beda

Alis natural juaranya via brightside.me

Berbahagialah kalian yang sampai sekarang belum juga bisa membentuk alis dengan rapi pakai pensil alis. Karena tahun depan justru alis natural-lah yang jadi tren. Nggak perlu pakai apa-apa, mungkin perlu disisir sedikit.

10. Selain alis, riasan simpel juga bakal lebih banyak diminati nih dibanding riasan tebal dengan bibir merona

Riasan simpel lebih banyak diminati via brightside.me

Bisa dibilang 2018 besok bakal jadi waktu ‘bersantai’nya para wanita, karena mereka nggak perlu rapi-rapi mengatur rambut, alis, bahkan makeup, setiap akan menghadiri acara. Penampilan minimalis justru akan jadi trennya.

Nah, gimana guys? Mana nih tren yang bakal bikin kamu senang atau sedih? Bisa share komentarmu di bawah lho 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya