Jadi cewek memang ribet, apalagi kalau kamu punya rambut panjang. Supaya rambutmu tetap sehat dan tak bercabang, perawatan ekstra mesti kamu kerahkan. Mulai dari keramas dengan shampo dan kondisioner, lalu masker rambut, hairspray, creambath, dan macam-macam lagi. Ketika rambutmu sudah kering, kamu juga perlu mengupayakan agar dia enak dipandang dan tak masuk mulut berseliweran ke mana-mana.

Kalau kamu termasuk cewek yang malas berdandan lama-lama namun selalu dituntut tampil rapi, coba deh sontek gaya cepol sederhana ini. Cepol nan sederhana pun jadi idemu. Lalu model cepol apa saja yang bisa kamu ikuti?

1. Sering iri dengan mbak-mbak pegawai bank yang punya rambut rapi? Padahal, rambut mereka sangat mudah untuk kamu tiru!

Cepol yang paling mudah dibuat

Cepol yang paling mudah dibuat via stylepursue.com

Advertisement

Cepol “pegawai bank” ini merupakan tipe cepol yang paling mudah dibuat. Bahkan mereka yang bukan pegawai bank juga sering mengenakannya, entah pada saat kuliah, jalan-jalan, atau acara-acara formal dan resmi. Meski bentuk cepol ini mulai populer, ada juga ternyata cewek-cewek yang belum tahu bagaimana caranya membuat cepol ini.

  1. Pertama, kuncir rambutmu seperti biasa dengan ikat rambut yang tak terlalu tebal. Lebih bagus lagi kalau karetmu berwarna hitam.
  2. Aturlah posisi kuncir agar tidak terlalu dekat dengan leher. Namun, jangan juga terlalu tinggi. Idealnya ia ada di tengah-tengah kepala.
  3. Setelah dikuncir, masukkan sisa rambut yang tergerai ke bagian dalam dari atas kuncir. Jangan sampai rambutmu menembus hingga ke luar, ya!
  4. Masukkan dengan rapi dan jangan sampai kuncirmu melorot.
  5. Taraaa! Cepol ala pegawai bank milikmu sudah selesai!
  6. Untuk acara yang formal, seperti wawancara kerja, pesta, atau menghadiri resepsi, kamu dapat menyemprotkan hairspray pada cepolmu itu. Rambutmu akan lebih rapi dan tahan lama hingga berjam-jam.

2. Ada juga model cepol yang hanya menggunakan separuh rambut. Gimana cara membuatnya? Tak jauh beda dengan cepol yang sebelumnya!

Cepol kucir juga mudah diaplikasikan

Cepol kucir juga mudah diaplikasikan via 1.bp.blogspot.com

Kamu ingin dicepol, namun tetap menggerai sebagian rambutmu? Coba model yang satu ini. Cara membuatnya pun tidak sulit. Bahkan hampir sama dengan model cepol pegawai bank.

Advertisement
  1. Ikat rambutmu dengan posisi sama dengan langkah membuat cepol pegawai bank.
  2. Setelah rambut terikat kencang, buat semacam lubang di atas ikatan/kuncir rambutmu. Caranya dengan membagi rambut di atas kuncir menjadi tiga bagian.
  3. Setelah lubang tercipta, masukkan bagian paling kiri dan kanan dari rambutmu yang tergerai ke dalam lubang tadi.
  4. Taraaa! Rambutmu sudah jadi! Kelihatan berbeda dan lebih rapi bukan?
  5. Siap-siap ditanyai kawan-kawanmu ya tentang cara membuat cepol tersebut.

3. Buat kamu yang suka memelihara rambut hingga sangat panjang, cobalah deh cepol ala pramugari ini.

Kalau rambutmu panjang banget, cepol ini bisa sempurna.

Kalau rambutmu panjang banget, cepol ini bisa sempurna. via skydewi.files.wordpress.com

Cepol yang juga punya istilah lain bernama French Twist ini mampu membuat pemakainya terlihat anggun berkali-kali lipat. Selain sering digunakan oleh pramugari, kamu juga sering melihatnya digunakan oleh artis-artis Hollywood di karpet merah. Artinya, cepol ini juga cocok untuk perhelatan yang resmi. Cara membuatnya:

  1. Kuncirlah rambutmu dengan karet rambut. Posisi kuncir bisa lebih ke bawah sedikit, mendekati leher.
  2. Setelah dikuncir, sisa rambut panjangmu yang tergerai bisa dipuntir. Puntirlah ke arah kiri dan tarik puntirannya ke atas.
  3. Sembunyikan ujung rambutmu dengan melipatnya, dorong, dan sembunyikan ke dalam gelungan. Lakukan hingga tidak nampak dari luar.
  4. Jepit cepolmu dengan jepit rambut (bobby pin) dan perkuat dengan sirkam.
  5. Rapikan rambut bagian depan atau ponimu. Bisa dengan menyisir rambut menggunakan sisir sasak yang tipis dan panjang dengan hati-hati kebelakang. Lalu kamu bisa menyematkan bobby pin pada poni agar tidak keluar-keluar jika angin menerpa.
  6. Bila ingin menggunakan poni, kamu perlu menyisirnya ke depan untuk poni yang rata. Atau bisa juga membuatnya ke arah samping jika kamu adalah penggemar poni samping.
  7. Bila kamu suka, kamu bisa menambahkan hairspray agar cepolmu bertahan hingga setengah hari atau lebih.

Tips ini dapat kamu lihat selengkapnya di sini.

4. Cepol mirip donat ini nggak cuma menarik dipandang, membuatnya pun nggak kalah gampang.

Hot buns yang mirip donat

Mirip donat karena tengahnya bolong via encrypted-tbn2.gstatic.com

Model cepol satu ini pasti juga sudah sering kamu lihat. Meski begitu, tak dapat dipungkirinya model cepol ini agak lebih susah dan memerlukan alat bantu seperti karet rambut tipis, ikat rambut tebal, dan bobby pin.

  1. Pertama, kuncirlah rambutmu dengan gaya kuncir kuda. Gunakan karet rambut yang tipis. Posisi ikatan bisa kamu taruh di posisi yang tinggi.
  2. Kemudian kenakan kuncir rambut yang tebal. Masukkan kuncirnya ke tengah lobangnya.
  3. Setelah itu, rambut yang tersisa ratakanlah ke berbagai sisi. Lakukan hingga ikat rambut yang tebal itu tertutup semua.
  4. Ikat rambutmu hingga membentuk bulatan donat yang rapi.
  5. Sisa rambut yang keluar dari ikatan itu dapat kamu satukan dan putar mengitari donat.
  6. Sematkan bobby pin di ujung rambut yang tersisa tadi.
  7. Bila ingin berkreasi, kamu bisa menggunakan kain lucu untuk mengikat bulatan donat.

5. Ingin secantik Taylor Swift saat berambut panjang? Chignon Headband ini perlu banget dicoba!

Kamu perlu bantuan bandana untuk membuatnya maksimal

Kamu perlu bantuan bandana untuk membuatnya maksimal via img.over-blog-kiwi.com

Kamu yang pecinta penyanyi cantik bernama Taylor Swift, pasti sudah tidak asing tidak model rambut semacam ini. Sebenarnya tidak terlalu sulit kok membuat gaya cepol yang trendi ini. Kamu hanya perlu menyiapkan headband dan bobby pin bila dirasa perlu.

  1. Sisir dan rapikan rambutmu. Pastikan dahulu apakah kamu hendak menggunakan poni atau tidak. Jika ingin berponi, sisihkan ponimu ke depan.
  2. Sematkan headband yang nyaman namun cukup kencang di kepalamu.
  3. Bagi masing-masing sisi rambut di sebelah pipi menjadi 3 helai. Angkat setiap helainya ke atas dan masukkan ke dalam sematan headband.
  4. Tinggal tersisa helai rambut di bagian leher belakangmu. Masukkanlah seluruh rambut yang tersisa tersebut ke bagian dalam sematan headband. Gulung terus ke dalam dan jangan sampai ada rambut yang muncul keluar, ya!
  5. Rapikan benar-benar hingga rambut cukup kuat. Semprot hairspray bila perlu. Sematkan juga bobby pin pada helai rambut yang bandel.
  6. Selesai! Kamu sudah secantik Taylor Swift!

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Tak mengherankan apabila wanita berusaha menjaga dan mematutnya. Tapi saat tak punya banyak waktu luang, cara-cara di atas dijamin bisa membantumu tampak rapi dan cantik dalam sekejap. Selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya