Nggak semua cewek punya tubuh yang ideal. Untuk membuat tampilan tubuh menjadi lebih ideal selain melakukan kegiatan fisik, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan pakaian khusus. Seperti korset yang kerap digunakan untuk membentuk bagian tubuh tertentu sehingga enak dilihat. Korset ini umumnya dibuat dari bahan elastis yang bisa membesar dan mengecil untuk menekan dan membentuk lekuk tubuh.

Dulu, korset biasanya dipakai untuk wanita pasca melahirkan, tapi kini, manfaat korset jauh lebih beragam. Pemakaiannya bukan hanya di perut saja lo, ada jenis-jenis korset lain yang juga bisa dipakai di beberapa bagian tubuh yang menimbun lemak berlebih. Biar sesuai kebutuhan, penting buatmu untuk tahu lebih dulu jenis-jenis korset berikut ini.

1. Korset yang dipakai oleh ibu hamil tua dan setelah melahirkan umumnya digunakan untuk alasan kesehatan

korset hamil dan pasca melahirkan via shopp.my

Advertisement

Korset ibu hamil biasanya dipakai oleh wanita yang sedang hamil tua. Tujuannya untuk menyangga perut yang kian membesar agar bumil nggak terlalu berat menopangnya. Setelah bayi lahir, umumnya si ibu akan memiliki sisa lemak di perutnya. Nah, untuk mengembalikan keadaannya seperti semula diperlukan waktu dan juga treatment yang tepat.

Korset bisa digunakan untuk menutup dan mengencangkan kembali otot-otot perut yang kendur dan memulihkannya. Bentuk korsetnya ini sama seperti stagen namun ada bagian karet yang bisa mencengkeram dengan lebih kencang. Bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar-pun, korset bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat jahitan.

2. Ada korset yang digunakan khusus di bagian lengan untuk mengatasi lengan yang bergelambir

korset lengan via www.brandalley.co.uk

Jenis korset ini digunakan di bagian lengan yang menjadi salah satu tempat penumpukan lemak tubuh. Lengan dengan lemak berlebih akan terlihat bergelambir yang mengganggu pemandangan ketika mengangkat tangan apalagi melambai. Dengan menggunakan korset lengan, secara bertahap bentuk lengan akan lebih kencang.

3. Khusus mengecilkan paha, ada juga jenis korset yang cocok untuk dicoba

Advertisement

Selain lengan, paha juga menjadi bagian tubuh yang kaya akan lemak. Korset jenis ini juga ada yang dikhususkan untuk cowok. Bentuknya seperti celana dalam atau celana pendek. Korset celana punya ukuran tersendiri yang harus disesuaikan dengan ukuran badan penggunanya. Untuk mengecilkan bagian paha yang berlemak, kamu bisa berolahraga seperti berjalan, bersepeda, atau berlari sambil menggunakan korset celana khusus untuk paha.

4. Korset pelangsing biasa digunakan untuk kecantikan dengan mengecilkan lengan, perut, paha, pantat, hingga betis

Korset pelangsing atau all in one merupakan korset yang bisa mengencangkan semua bagian tubuh yang banyak menyimpan lemak. Bentuknya menyerupai pakaian dalam yang menutup bagian lengan, perut, paha, hingga betis sehingga bisa digunakan di dalam pakaian untuk mendapatkan hasil maksimal setiap harinya. Karena lebih menyeluruh, korset ini banyak digunakan oleh cewek yang ingin membentuk tubuh. Korset pelangsing juga ada beberapa jenis:

  • Shape body-firm

khusus di pinggang via crazyinlove.com

Korset ini biasa digunakan untuk mengamankan masalah lemak berlebih di bagian pinggul dan pinggang hingga membentuk belahan dada sensual.

  • Shape bustier body

untuk dada dan perut via www.dhgate.com

Kamu bisa mengenakan jenis korset ini bersama dengan berbagai model bra. Bentuk dan bahannya yang tipis dan elastis nggak akan meninggalkan tampilan garis celana dalam pada rok atau celana ketat.

  • Mid tight bodysuit

teksturnya elastis via www.hazelway.com

Korset ini bisa mempertegas siluet tubuh langsing saat menggunakan busana model off shoulder atau tube. Karena modelnya yang ringan dan elastis, kamu akan lebih mudah bergerak.

  • Built in bodysuit

cocok untuk kebaya via www.qvc.com

Korset jenis ini bentuknya seperti pakaian renang yang mempertegas siluet tubuh seksi. Cocok dikenakan bersama kebaya atau bodycon dress dengan potongan leher yang rendah.

5. Korset lumbal termasuk jenis korset untuk kesehatan yang digunakan untuk menyangga tulang belakang

untuk menarik tulang belakang via howtorelievesciatica.com

Ada jenis korset yang digunakan untuk tujuan memperbaiki bentuk tubuh, salah satunya adalah korset lumbal atau korset ortopedi . Korset ini nggak dipakai di bagian perut namun digunakan untuk menarik dan meluruskan kembali tulang belakang yang melengkung akibat kebiasaan duduk yang keliru. Dengan tulang belakang yang lurus, tinggi badan juga jadi ikut bertambah lo!

Pada korset ini biasanya terdapat plat besi untuk menjaga pinggang agar nggak sakit dan tetap tegak. Beberapa korset kesehatan bahkan menyelipkan fitur tambahan seperti gelombang infra red untuk memperlancar peredaran darah. Korset lumbal ini cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang bermasalah pada punggung atau pinggang seperti penderita skoliosis.

Sebelum memilih korset mana yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kecantikan. Selain menggunakan korset, kamu dianjurkan untuk mengimbangi dengan melakukan berbagai kegiatan fisik dan olahraga secara rutin dan teratur. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya