Berbeda dengan mewarnai bibir, membentuk alis menjadi tahapan make-up yang cukup merepotkan bagi kebanyakan cewek. Butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan bentuk dan riasan alis yang sempurna. Belum lagi jika waktu yang dimiliki untuk berdandan di depan cermin sangat terbatas.

Karena alis yang indah menjadi salah satu penunjang penampilan, perlu perlakuan yang tepat agar tampilan alis pada wajah tetap terlihat menarik. Berikut adalah hal-hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan saat mengaplikasikan alis untuk membuatnya terlihat lebih cantik menawan.

1. Jangan terlalu sering mencukur rambut alis. Bukannya jadi rapi, justru alis akan semakin berantakan dan rentan botak

Keseringan mencukur alis bikin alis jadi kelihatan palsu via www.youtube.com

Advertisement

Ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan: mencukur alis berlebihan hingga terlihat botak. Perlu waktu sekitar lebih dari dua minggu untuk membuat rambut alis tumbuh kembali. Alis tipis karena dicukur atau dicabut akan memberi kesan wajah tampak tua. Dan lagi, alis yang dibentuk seluruhnya dengan pensil akan membuat alis tampak palsu. Makanya, jangan terlalu sering mencabut alis. Biarkan bulu-bulu alis tumbuh dengan bebas. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut alis, kamu bisa menambahkan serum penumbuh alis atau minyak kemiri pada bagian kulit yang ditumbuhi rambut alis.

2. Bentuk alis sesuai bentuk wajah dan mata. Bentuk alis yang tepat akan mempertegas sekaligus memperindah mata

Sesuaikan dengan bentuk wajah via www.wikihow.com

Nggak semua bentuk alis akan jadi cantik dipakai pada semua wajah, karenanya kamu harus cari tahu bentuk alis yang tepat untuk wajahmu.

  • Jika kamu memiliki bentuk wajah persegi, buatlah alis terlihat lebih lembut dengan membentuknya sedikit melingkar.
  • Jika bentuk wajahmu cenderung panjang, maka alis yang mendatar dengan sedikit lengkungan pada bagian ujung alis akan memberikan efek wajah terlihat lebih bulat.
  • Wajah bulat dengan panjang dan lebar yang sama bisa membentuk alis lebih tajam dengan memberikan lengkungan di alis wajah bulat untuk mengangkat alis dan memberikan definisi pada wajah.
  • Sementara jika wajahmu berbentuk oval, cobalah membentuk alis yang bersiku lebih lembut dari alis wajah bulat, sedikit bersiku akan memberikan kesan indah pada wajah oval.

3. Hindari membentuk alis mulai dari pangkalnya karena akan memberi kesan ekspresi wajah yang berat

Mulailah mengarsir dari tengah via coffeeplss.blogspot.co.id

Advertisement

Jika kamu perhatikan, arsiran alis yang dimulai dari pangkal dengan warna yang tegas justru akan memberikan kesan wajah yang berat dan galak. Sebaiknya, mulailah menggambar alis dari tengah ke ujung dengan membuat bingkainya terlebih dahulu, selanjutnya diisi dengan agak tebal. Kemudian dari tengah ke pangkal dengan guratan halus. Selain wajah yang terlihat lebih ‘ringan’, alis yang dibentuk dari tengah akan menghasilkan sapuan yang smooth dan ringkas. Semakin pekat warna alis, semakin serius atau keras karakter yang dihadirkan.

4. Mencabut rambut bagian atas alis yang posisinya melewati bingkai, agar alis lebih rapi

Mencabut rambut bagian atas alis via www.theodysseyonline.com

Mencabut rambut bagian atas alis nggak akan merusak tatanan alis kok, asalkan posisinya sudah melewati rambut lain atau keluar dari  bingkai. Mungkin kamu masih ragu karena alis bisa berubah menjadi tipis. Namun langkah ini justru akan membuat alismu tampak lebih rapi. Yang terpenting saat melalukan pencabutan, pastikan kamu mencabutnya secara bertahap. Setelah mencabut satu helai, cobalah lihat hasilnya apakah masih ada rambut yang tersisa atau nggak. Jika sudah dirasa rapi, kamu bisa melanjutkan untuk melukis alis dengan eyebrow.

5. Eyebrows are sisters, not twins. Maka jangan berambisi untuk membuatnya menjadi sama persis

Wajar kalau alis nggak sama persis via www.breakfastatvogueblog.com

Bentuk alis tiap cewek diciptakan memiliki perbedaan antara keduanya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, baik perbedaan tekstur di kedua sisi, maupun pertumbuhan alaminya. Maka nggak usah dibawa stres kalau alis kanan dan kiri nggak bisa identik bentuknya. Jika kamu memaksakan diri untuk membentuk alis dengan proporsi yang seimbang, hal itu akan membuat bentuk wajahmu semakin terlihat nggak simetris, alis pun jadi terlihat tebal dan nggak wajar. Tapi kalau kamu masih menginginkan alis yang simetris, sebaiknya samakan bentuk dengan menggunakan pensil alis lebih dahulu.

Nah, sebelum merias alis, baiknya kamu perhatikan aturan-aturan di atas agar hasilnya memuaskan bukan mengecewakan, ya! Semoga bermanfaat, Girls 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya