Sebagai generasi yang antusias dengan fashion dan sosial media, Dian Pelangi pasti menjadi nama yang familiar ditemui di feeds, salah satunya adalah Instagram. Sebagai figure yang dikenal sebagai penguat popularitas fashion hijab pertama di Indonesia dan dunia, tak sedikit yang kagum dengan kiprah dan padupadan khasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Hipwee berkesempatan untuk bertemu dengan Dian Pelangi, lebih dekat. Kak Dian pun tak segan untuk berbagi tips dalam memilih pakaian simple dan berkesan untuk bertandang ke kampus. Agar tetap rapi dan pantas untuk bertemu dosen dan civitas universitas lainnya. Belajar pun jadi lebih semangat, kan?

Yang terpenting adalah kenyamanan. Pembawaan yang lebih percaya diri datang dari rasa itu

Dua hal yang jadi kunci

Dua hal yang jadi kunci via www.instagram.com

Advertisement

Tampil menawan dalam segala acara memang yang diingin oleh setiap orang. Terlebih lagi untuk kaum hawa yang merasa sulit dibuat puas dengan hal yang biasa-biasa saja. Untuk menuntut ilmu ke kampus, biasanya keinginan untuk tampil paripurna sudah terbesit di angan sejak malam sebelumnya. Dari kak Dian Pelangi sendiri, hal pertama yang harus kamu siapkan dalam memilih outfit di segala acara adalah perihal kenyamanan.

Fashion bukan untuk meng-impress orang lain.

“Pembawaan yang percaya diri datang saat kita merasa nyaman. Se-simple apapun yang dikenakan, asal kenyamanan yang kamu rasa, tak ada masalah.”

–Dian Pelangi

Advertisement

Terlebih untuk dikenakan ke kampus, yang umumnya dipakai untuk tampil rapi adalah dengan kemeja berkrah. Kamu pun perlu pintar-pintar memilih bahan dan model agar tetap nyaman dan percaya diri. Supaya kamu bisa jadi diri sendiri dengan style yang kamu pilih.

Tampil stylish bisa dipraktekkan, asal tahu situasi dan kondisi. Yang penting rapi

Kerapihan jadi hal terpenting

Kerapihan jadi hal terpenting via www.instagram.com

Tak hanya rapi, penampilan yang khas ala kamu dan modis adalah salah satu tujuan lain yang ingin didapat. Tak ada yang melarang kamu tampil beda dan stylish luar biasa, tapi, kamu pun perlu pintar-pintar memilah situasi dan kondisi. Akan ada saatnya kamu perlu dandan kece pun ada yang tidak terlalu perlu.

“Boleh ber-fashion, asal sesuai dengan occasion-nya.”

–Dian Pelangi

Saat kamu pergi ke pasar untuk belanja sayur tuk kebutuhan sehari-hari, kamu nggak perlu pake makeup tebal dan sepatu hak tinggi. Pun saat ke kampus, akan beda yang kamu persiapkan. Tak seperti ke pasar, kamu harus menyiapkan kemeja atau blouse dan sedikit polesan bedak. Itulah yang perlu kamu sesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Sepatu pun akan memberikan kesan rapi yang mutlak. Cari yang membuatmu nyaman, ya.

Berkemeja adalah item paling pas untuk ngampus. Rapi dan formal saat bertemu dosen

Tahu tempat dan situasi

Tahu tempat dan situasi via www.instagram.com

Sejak menginjak semester satu, kemeja memang pakaian yang disarankan untuk dipakai saat kamu menginjakkan kaki di kampus. Untuk bertemu dengan dosen di dalam kelas pun jadi lebih menyenangkan. Berbeda saat kamu memakai kaos, kamu pasti akan jadi makin insecure dan nggak tenang. Kemeja warna putih adalah yang aman dan mudah dipadupadankan dengan warna lainnya. Pun kemeja dengan warna lain, akan tetap cocok saat celana jeans biru muda dipakai. Menyesuaikan dengan warna hijab pun tak terasa lebih ribet.

Tak hanya kemeja, vest pun bisa memberikan kesan formal yang gak kalah rapi di ragam acara

Vest adalah senjata terbaru

Vest adalah senjata terbaru via www.instagram.com

Kemeja memang pilihan teratas saat harus memilih outfit untuk ngampus. Kalau kamu suka bereksperimen dalam me-mix and match-kan koleksi bajumu yang ada di lemari, vest juga bisa kamu andalkan untuk mendapatkan kesan yang rapi, lho. Untuk pemilihan motif atau polos, bisa disesuaikan dengan inner yang kamu pakai, kok. Mau memadukan dengan celana kain, jeans, atau rok semua bisa serasi. Selamat mencoba!

Untukmu yang masih kurang PD dengan warna cerah, pastel dan warna kalem akan jadi teman baru. Terlebih lagi biru

Kemeja biru bisa dipake ngampus~

Kemeja biru bisa dipake ngampus~ via www.instagram.com

Pemilihan warna juga memberi pengaruh besar dalam menentukan kemenawananmu saat ke kampus. Warna cerah memang menarik untuk dicoba, tapi masih belum banyak yang percaya diri untuk dikenakan ke kampus. Tak apa, selama warna-warna pastel masih ada, jangan segan untuk memakainya. Shade warna yang kalem akan bikin hatimu tenang saat menuntut ilmu. Apalagi biru pastel, dipadukan dengan celana dan hijab warna apa saja, bisa!

Warna basic seperti hitam, putih, atau abu adalah pilihan teraman. Disesuaikan dengan hijab dan tas, tak butuh waktu lama

Hitam putih adalah warna aman~

Hitam putih adalah warna aman~

Tak hanya warna putih atau kalem yang bisa kamu andalkan dalam segala hari untuk ke kampus, yang bernada gelap pun bisa kamu maksimalkan. Atasan hitam dengan motif kotak-kotak dan celana kain putih layak kamu coba untuk ngampus nantinya. Tak ayal jika warna hitam, putih, dan abu ini bisa jadi favorit hampir sebagaian besar orang. Disesuaikan dengan warna hijab dan tas pun mudah, kamu tak perlu dibuat berlama-lama di depan kaca untuk menyerasikan.

Mau bereksperimen dengan motif di hijab pun bisa kamu coba. Asal tak terlalu mencolok dan tetap buatmu PD, pakai saja!

Pakai motif pun layak dicoba!

Pakai motif pun layak dicoba! via www.instagram.com

Memilih kemeja yang polos, kadang masih terasa ada yang kurang. Supaya kekurangan itu bisa tertutupi, tak ada salahnya kamu mencoba memakai jilbab yang bermotif. Asalkan motifnya tidak terlalu mencolok dan tidak menurunkan level percaya dirimu, pakai saja! Yang terpenting, misimu untuk tetap tampil rapi, sudah terpenuhi.

Kak Dian sudah memberikan beberapa tips sederhana dalam memilih outfit buat ngampus. Kuncinya adalah nyaman dan membuat rasa percaya dirimu tumbuh. Semoga bisa kamu praktekkan dalam waktu dekat ya, girls. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya