Meski warisan nenek moyang, kebaya tidak harus bikin penampilanmu jadi terlihat tua. Bahkan, pakaian ini bisa bikin kamu jadi lebih anggun dan ayu khas wanita Indonesia. Baru-baru ini, banyak desainer dan pecinta fashion yang sedang keranjingan dengan model kebaya klasik kutu baru. Kebaya sederhana dengan potongan kain yang melintang di bagian depan ini berhasil menyulap para wanita jadi tampak berbeda.

Istimewanya, kebaya jenis ini bisa cocok digunakan kemana saja. Selain untuk kondangan dan pergi ke acara-acara resmi, kebaya kutu baru bisa digunakan untuk acara-acara non formal dan santai. Nah, penasaran seperti apa padu padannya? Berikut ini Hipwee berikan panduannya.

1. Kebaya kutu baru warna putih tak hanya membebaskanmu dari keribetan mencari jenis bawahan. Penampilanmu pun menjadi menyejukkan.

Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru via seportlandguide.com

Advertisement

Kebaya kutu baru memang terinspirasi dari model kebaya yang dikenakan nenek dari nenek kita. Tapi jangan salah, kebaya ini bisa menjadi andalan untuk pergi ke berbagai acara lho. Apalagi jika kamu pilih kebaya kutu baru berwarna putih polos, aneka jenis bawahan bisa kamu pilih sesukanya. Misalnya hanya dengan tambahan kain jarit atau kain khas derah mana saja yang bermotif. Ditambah sepatu putih, kamu bisa tenang tetap percaya diri melenggang ke kondangan. Aura sederhana nan menyejukkan bisa terpancar tanpa banyak aksesoris tambahan.

2. Kebaya kutu baru juga layak dijadikan gaun pernikahan lho. Hiasan payet yang bertebaran di permukaan bisa memberi kesan mewah yang enak dipandang.

Kebaya kutu baru untuk pernikahan

Kebaya kutu baru untuk pernikahan via www.kapanlagi.com

Kebaya adalah salah satu busana andalan untuk pernikahan. Biasanya kamu mengenakannya saat ijab kabul terselenggara. Jika kamu ingin tampil mewah namun tetap enak dipandang mata, pilihlah kebaya kutu baru saja. Gunakan kain brokat atau tile. Lau tambahkan beberapa manik-manik di beberapa bagian baju. Kenakan dengan pasangan kain jarit. Nah, saat bersanding dengan mempelai pria yang mengenakan baju jawa berwarna senada, paras ayu khas Indonesia bisa bikin kamu tampak berbeda.

3. Aura lembutmu bisa tetap mengudara dengan kebaya kutu baru dari sifon dengan hiasan bordir bunga-bunga.

Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru via nalacita.com

Ingin tampil anggun dengan setelah kebaya tapi tak mau terlihat terlalu kaku? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada kebaya kutu baru yang antik. Buatlah kebaya kutu baru dengan kain sifon dan hiasan bordir bunga-bunga di bagian bawah, lengan, dan dada. Lalu pasangkan dengan kain batik atau songket warna senada. Pastikan ukuran baju tak kebesaran ya. Dengan busana ini, penampilanmu terlihat lebih anggun dan lembut. Setelan ini juga cocok untuk kondangan, wisuda, atau acara-acara non formal.

4. Ingin tampil beda saat pergi hangout bareng teman? Kenakan saja kebaya kutu baru bahan katun yang cerah dengan celana. Tanpa terkesan kaku, penampilanmu jadi lebih asyik.

Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru via www.blibli.com

Advertisement

Gak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa kebaya adalah busana untuk acara-acara resmi. Padahal, pakaian ini juga cocok untuk main lho. Pilihlah kebaya kutu baru yang berbahan katun atau batik. Lalu pilih yang berwarna cerah agar terkesan lebih santai. Jika kamu lebih suka warna gelap, seperti coklat, gunakan yang tak banyak corak.  Dengan bawahan celana jeans atau rok polos, penampilanmu jadi lebih asyik dan beda saat pergi hangout.

5. Tampil ayu itu gak melulu harus dengan dress modern, kesederhanaan kutu baru bunga-bunga juga bikin kamu tampak mempesona.

Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru via instagram.com

Kebaya kutu baru adalah model kebaya zaman dulu. Kalau kamu lihat album nenekmu, pakaian ini pasti melekat di tubuhnya. Namun alih-alih dibilang ketinggalan zaman, kebaya kutu baru yang bermotif floral justru bisa bikin penampilanmu tampak menawan. Pilihlah warna cerah dan lembut dengan hiasan  gambar mawar. Lalu pasangkan dengan kain batik atau jarit sebagai bawahan.

Kamu bisa mengenakan setelan ini untuk pergi kondangan atau acara wisuda. Dipasangi dengan jilbab juga pas. Tanpa banyak perhiasaan tambahan, kamu bisa jadi pusat perhatian banyak orang.

6. Setelah bertahun-tahun berjuang di bangku kuliah, rayakan hari wisuda dengan kebaya kutu baru yang menawan.

kebaya kutu baru untuk wisuda

kebaya kutu baru untuk wisuda via www.belsbee.com

Mata kuliah udah beres. Skripsi udah kelar. Yang tinggal dihadiri adalah hari wisuda. Keberhasilanmu melewati masa kuliah patutu dirayakan dengan tampil maksimal di hari ini. Agar bisa terlihat lebih cantik, gunakan saja kebaya kutu baru yang sederhana. Pilih kebaya berbahan brokat. Lalu kenakan kain jarit, songket, batik, atau lurik menjadi bawahan. Dengan tambahan toga, aura cerdas dan cantikmu bisa terlihat menawan.

7. Tampil gaya nan bersahaja bukan hal yang mustahil. Paduan kebaya kutu baru dan busana muslim bikin penampilanmu makin chic. 

kebaya kutu baru

kebaya kutu baru via femaledaily.com

Kebaya kutu baru adalah udara segar bagi kamu yang berjilbab. Kamu bisa leluasa memasangkannya dengan jilbab. Misalnya dengan memadukannya dengan dress pendek tanpa lengan dan celana panjang. Gunakan kebaya katun sebagai outer pakaian muslim. Dengan paduan warna yang senada, kebaya yang berasal dari zaman dulu ini bisa tampak lebih modern.

Kebaya adalah warisan bangsa yang patut kita jaga. Alih-alih khawatir terlihat kuno, mengenakannya kebaya justru bikin aura ayu khas Indonesia terpancar lho. Tanpa perlu bingung cari gaya dan setelan kebaya yang indah, 7 jenis kebaya kutu baru ini bisa jadi referensi saat pergi ke berbagai acara.

Selamat memilih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya