Setiap perempuan pasti mendambakan menjadi sosok yang tak hanya cantik, tapi juga elegan tanpa terlihat berlebihan. Jika selama ini resep cantik yang lebih populer dan kekinian di Indonesia berkiblat ke Korea atau Amerika yang cenderung menonjolkan ‘kesempurnaan’, coba deh sesekali mencoba trik kecantikan ala gadis Perancis yang lebih membumi dan lebih bisa disesuaikan dengan karakter wajahmu.

Sedikit berbeda dengan cantik versi Korea atau Amerika, kecantikan gadis Perancis lebih ditekankan pada kecantikan natural yang terlihat tak banyak usaha. Kunci utama kecantikan Perancis ada di kulit yang sehat dan bercahaya sehingga teknik-teknik sulit tak terlalu diperlukan untuk menutupi ‘kekurangan’ wajah. Berbeda dari keyakinan orang banyak, para gadis Perancis lebih berpikir bagaimana memaksimalkan wajah dan rambut yang dia miliki, alih-alih berusaha mengubahnya. Buat kamu yang tertarik mencoba trik cantik ala gadis-gadis Perancis yang klasik dan elegan, simak ulasan Hipwee Style kali ini sampai habis ya!

1. Para gadis Perancis kebanyakan menginvestasikan kecantikan mereka pada produk perawatan wajah yang benar-benar berkualitas. Sedikit mahal tak jadi masalah

Marion Cotillard dengan wajah ‘polos’nya via www.vagabomb.com

Advertisement

Alih-alih menggunakan setumpuk make-up untuk menutupi noda dan jerawat di wajah, para perempuan di Perancis kebanyakan lebih fokus pada perawatan kulit yang berkualitas dan benar-benar bekerja di kulit mereka. Bukan rahasia lagi kalau teknik pengolahan produk kecantikan Perancis merupakan salah satu yang terbaik di dunia, sehingga meski harganya agak lebih mahal tapi gadis Perancis nggak segan untuk merogoh koceknya dalam-dalam demi hasil yang benar-benar memuaskan.

2. Tak hanya kualitas produk perawatan dari luar kulit yang diutamakan, para gadis Perancis juga sangat peduli dengan apa yang mereka minum dan makan

Makan ala gadis Perancis via www.wellandgood.com

Selain merawat kecantikan dengan produk-produk berkualitas tinggi, para gadis Perancis sangat peduli dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Sebisa mungkin mereka akan makan dengan porsi yang nggak berlebihan, terbuat dari bahan-bahan organik dan terdiri dari banyak sayuran yang menyehatkan. Keseimbangan adalah hal yang dipuja para gadis Perancis.

3. Dalam menggunakan make-up, gadis Perancis tak suka tampil menor dan berlebihan. Tampil senatural mungkin adalah rahasia kecantikan mereka

Semakin natural, semakin cantik via www.teenvogue.com

Alih-alih menutupi wajah mereka dengan setumpuk make-up berat, para gadis Perancis lebih suka menggunakan concealer secukupnya pada kekurangan wajah, lalu mengaplikasikan seminimal mungkin riasan. Gol utama mereka adalah terlihat segar dan cantik natural, bukan terlihat ‘beda’ apalagi manglingi. 

4. Saat mengaplikasikan riasan, tak perlu berusaha terlalu sempurna dan tak bercela. Sedikit ‘berantakan’ justru akan membuat wajahmu terlihat lebih hidup

Make-up on fleek bukan kewajiban! via www.pinterest.com

Advertisement

Para gadis Perancis dikenal tak terlalu terobsesi dengan make-up on fleek yang sempurna dan presisi. Sedikit ‘berantakan’ justru akan membuat wajah mereka terlihat lebih alami. Alispun dibentuk sekadar agar terlihat rapi dan lebat, bukan untuk terlihat tebal dan super presisi. Kalau kamu ingin mencoba teknik make-up ala Perancis ini, coba deh aplikasikan riasan dengan hanya mengandalkan bantuan jari-jarimu untuk membaurkan. Lewatkan dulu deh teknik kontur atau highlight berat yang mungkin biasa kamu lakukan. Dijamin hasilnya akan lebih alami dan membumi.

5. Tampil merona alami adalah salah satu kunci penampilan cantik dan segar mereka. Cream blush-on jadi pilihan utama karena cenderung lebih natural

Merona alami, tanpa banyak kontur! via community.allwomenstalk.com

Penampilan wajah yang merona sehat dan alami adalah hal yang sangat digemari para gadis Perancis. Buat kamu yang ingin terlihat merona sehat tanpa terlihat medok, alih-alih menggunakan blush on bubuk dengan warna cerah, coba gunakan blush on krim dengan warna yang sesuai dengan kulitmu.

Untuk mendapatkan warna blush on yang natural, kamu bisa melakukan pengetesan di kulitmu. Caranya dengan mencubit area kulit wajah secukupnya sampai memunculkan warna merah alami kulit. Pilih blush on yang paling mendekati warna tersebut, agar hasilnya nggak menor ya!

6. Selain lipstik dan blush on, produk penting yang begitu dipuja para gadis Perancis adalah maskara. Bulu mata lentik adalah wajib hukumnya!

Bulu mata cetar wajib hukumnya! via www.byrdie.com

Meski minim riasan yang berwarna warni di area mata, bulu mata adalah bagian wajah yang wajib terlihat sempurna dan cetar membahana. Bulu mata yang digemari para gadis Perancis adalah bulu mata yang lebat, tebal dan dan lentik. Tentu kamu bisa mendapatkan penampilan ini dengan bantuan maskara atau bulu mata palsu. Tapi kalau kamu berani dan punya modal lebih, tanam bulu mata atau keriting bulu mata bisa jadi solusi praktis dan efektif.

7. Saat menggunakan make-up, usahakan hanya fokus di satu titik saja untuk ditonjolkan. Jika bibirmu sudah merah merekah, seimbangkan dengan riasan mata yang sangat minimal

Bibir merah is lyfe! via www.byrdie.com

Untuk tampil ala gadis Perancis, fokuskan riasanmu hanya di satu titik saja. Lebay is a big no dalam riasan gadis Perancis! Biar terlihat très chic, poleskan lipstik merah yang jadi andalanmu ya!

8. Untuk melengkapi penampilan anggun dan cantikmu, wangi yang berkelas dan awet seharian menempel di tubuhmu wajib jadi perhatian!

Jangan lupa semprotkan parfummu di titik yang benar ya via thebeautybean.com

Rambut sudah di-blow rapi, wajah sudah terpoles cantik, busana sudah kece, terus apa lagi nih? Eits, kalau semua sudah dirasa sempurna, jangan sampai lupa satu hal penting yang nggak akan pernah ketinggalan digunakan para gadis Perancis yaitu parfum! Alih-alih memborong parfum KW atau membeli parfum diskon yang aromanya tanggung (nggak bau tapi nggak wangi-wangi amat juga), lebih baik nabung dan investasi di satu parfum bermerek bagus dengan wangi yang lembut dan tahan lama. Memang agak mahal, tapi pakainya pun bakal lama ‘kan, jadi pasti nggak bakal rugi deh!

Selain riasan minimalis yang menjadi kunci utama kecantikan para gadis Perancis, hal tak kalah penting untuk dimiliki agar cantikmu semakin sempurna paripurna adalah memiliki mindset bahwa cantik itu nggak perlu terlalu sempurna tanpa cacat cela. Manusia punya kulit yang dinamis, jadi sesekali berjerawat nggak dosa kok. Keriput juga bukan aib yang perlu ditakuti dan disembunyikan, kalau memang sesuai usia. Perempuan Perancis merangkul kekurangan mereka, tampil maksimal dengan segala aset yang mereka miliki tanpa ngoyo. Justru riasan yang sesuai dengan karakter wajah dan gestur tubuh yang elegan akan lebih menunjukkan sisi berkelasmu ketimbang dandan habis-habisan tapi attitude-nya nggak oke. Gimana, tertarik mencoba trik cantik ala perempuan Perancis?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya