Kebaya adalah salah satu pakaian warisan yang tak akan membuat penampilanmu jadi kuno. Justru, dengan mengenakan pakaian yang tak bisa dipisahkan dengan identitas wanita Indonesia ini, aura ayu nan anggun akan terpancar dengan sempurna. Tak perlu malu, karena saat kamu mengenakan ini di acara formal seperti lamaran, dan pernikahan, suasana akan terasa kental Indonesianya.

Untuk kamu yang sedang dibuat bingung tentang outfit mana yang akan kamu pakai untuk kondangan, jalan keluar telah kamu temukan di sini. Pancarkan kecantikanmu yang ayu dan Indonesia banget dengan kebaya kutubaru, girls! Kamu ga akan jadi ketinggalan jaman, justru tampil menawan maksimal akan kamu dapatkan. Simak inspirasi kebaya buat kondangan yang sudah Hipwee siapkan ini, yuk!

1. Kutubaru dengan bahan brokat berwarna pink, pas dipadukan untuk berbahagia bersama di kondangan. Siapa tahu jodohmu jadi makin dekat!

Warna yang kalem, bikin makin anggun, @elfinrappa via www.instagram.com

Kamu harus tampil menarik maksimal ketika bertandang ke kondangan temanmu atau teman orangtuamu. Karena jodoh tak ada yang tahu. Kamu bisa tampil makin menawan dengan kutubaru berbrokat merah muda. Kamu tak perlu bingung, untuk roknya, kain batik dengan motif yang raman pun tak akan merusak penampilan. Justru kamu akan jadi makin bersinar.

2. Kenetralan dan keanggunan dari kutubaru merah marun tak boleh kamu sia-siakan. Padukan dengan hijab merah dan rok panjang dengan warna emasmu, tamu teranggun akan kamu sandang!

Marun yang anggun @kha_thika via www.instagram.com

Advertisement

Warna gelap memang identik dengan sesuatu yang glamor dan anggun. Jika kamu punya koleksi kutubaru dengan warna merah marun, jangan dibiarkan menjadi penunggu setia lemarimu. Dengan memadukannya dengan bawahan dengan motif yang didominasi emas, kamu bisa tampil cantik. Bersiaplah, kamu akan jadi salah satu undangan yang menawan seluruh ruangan!

3. Untuk yang berhijab, tambahkan ninja penutup kepala agar tertutup dengan sempurna. Tambahkan headpieces atau hiasan kepala, agar tak polos dan makin menawan.

Dengan rok bermotif unik @namilasss via www.instagram.com

Untuk kamu yang berhijab, jangan lupa untuk menyiapkan ninja atau penutup kepala yang sekiranya bisa menutupi bagian dada yang tak tertutupi oleh kutubaru pilihanmu. Agar penampilan makin sempurna dan aurat tertutup rapat. Agar ga polos, kamu bisa menambah headpieces untuk dipasang di kepalamu. Penampilan menawan tak sekadar impian untuk ke kondangan!

4. Memilih motif bunga-bunga kesukaanmu bisa kamu usung saat memesan kutubaru di penjahit langgananmu. Cute banget!

Dengan bawahan jarik @inspirasi_kebaya via www.instagram.com

Untuk kamu yang suka banget sama motif bunga-bunga, tak perlu sungkan untuk menjadikan motif yang cewek banget ini di kebaya kutubarumu. Kamu bisa request langsung ke penjahit langgananmu, supaya ukuran dan hasil jadinya makin pas di hati. Dipadukan dengan jarik, atau kain batik untuk bawahan kebaya yang umumnya berwarna coklat, tetap serasi, kan?

5. Kebaya ungumu tak akan membuatmu terlihat kelabu. Justru kamu akan tetap anggun dan ayu saat menyalami penganti di pelaminan!

@nia_joliesalon dengan ungu yang unyu via www.instagram.com

Memakai warna ungu nggak melulu berarti kelabu, justru kamu bisa jadi pusat perhatian. DItambah lagi dengan rok dengan warna yang sama, dimeriahkan dengan motif dedaunan yang Indonesia banget. Untuk menyalami pengantin di atas pelaminan, kamu nggak perlu malu, justru kamu akan nampak makin ayu!

6. Motif lawas yang berbentuk bulat-bulat dengan warna cerah lainnya tak kalah unik untuk dikenakan! Baju mama atau nenekmu masih bisa dipakai, kok.

Motif bulat-bulat di kutubaru @dessysoekarta via www.instagram.com

Untuk kamu yang masih malas untuk mendesain kutubarumu sendiri, kamu juga bisa mencari kebaya milik Mama atau Nenekmu yang masih tersimpan di lemari. Motif lawas yang terdiri dari bulatan kecil warna-warni tak mustahil untuk membuat penampilanmu menawan saat ke nikahan teman.

7. Warna hitam memang klasik dan glamor tiada bandingannya. Jilbab satin abu-abu cerah dan rok bermotif modern adalah paduan yang pas untuk kamu contek!

Hitam polos, netral tak bingung untuk bawahan @dinidjoemiko via www.instagram.com

Mendapatkan penampilan yang sederhana dan tak berlebihan, warna hitam tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kutubaru berlengan panjang dengan warna hitam ini akan tetap serasi saat dipadukan dengan jilbab abu-abu cerahmu yang berbahan satin dengan rok panjang dengan motif modernmu. Sudah siap jadi yang paling menawan, girls?

8. Mau kutubaru dengan ukuran yang lebih panjang? Bisa kamu coba, untuk efek anggun kebaya yang nyaris berekor.

@adelavita via www.instagram.com

Bossna dengan kebaya kutubaru yang gitu-gitu aja? Kamu bisa memodifikasi kebayamu dengan ukuran dan desain yang berbeda. Untuk kamu yang ingin mencoba kutubaru modern dengan gayamu sendiri, kamu bisa bikin dengan ukuranyang lebih panjang. Agar efek anggun bak bidadari bisa kamu dapat secara sempurna!

9. Tak perlu sungkan untuk memilih bawahan berwarna orange untuk kutubaru birumu. Agar lebih terlihat dan ga gitu-gitu aja warnanya.

@kebaya_inspiration via www.instagram.com

Biasanya, kamu akan dibuat bingung dengan rok atau bawahan yang akan dipadupadankan dengan kebayanya. Jika kamu punya koleksi rok berwarna orange, tak perlu sungkan untuk memakainya. Dengan warna cerah yang berseberangan dengan warna gelap yang kamu pilih sebagai kebaya, justru keanggunanmu bisa makin terpancar dari kecerahannya.

Itulah beberapa inspirasi kebaya kutubaru yang bisa kamu contek untuk kamu pakai ke kondangan. Kebaya ga selamanya kuno, jadi kamu bisa pakai pakaian tradisional ini kapan saja!