4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Berbagi Produk dan Alat Makeup dengan Orang Lain

alasan jangan berbagi makeup

“Dis, pinjam maskaramu dong!”

“Oh, mmm, maaf, aku nggak bisa sharing nih.”

Advertisement

Pernah nggak sih kalian mengalami hal serupa seperti ini? Kalau iya, bagaimana biasanya kalian meresponnya? Pasti sulit dan nggak enak hati ya kalau menolak. Nah, tapi ternyata kalau kamu terbiasa berbagi produk dan alat makeup dengan orang lain, dampaknya busa buruk bagi dirimu dan orang lain tersebut lo. Apa aja dampak buruknya? Nih, Hipwee Style kasih tahu sederet alasan mengapa kamu sebaiknya nggak berbagi produk dan alat makeup dengan orang lain. Simak baik-baik!

1. Jangan lagi berbagi produk riasan mata karena akibatnya bisa bikin mata kamu infeksi

Mascara | Credit: Photo by
Andrea Piacquadio from Pexels

Berbagi produk riasan mata dengan orang lain seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner dapat menyebabkan infeksi mata yang buruk. Beberapa penyakit mata yang akan kamu alami jika terkena infeksi mata adalah mata merah, kutil, bintit, dan penumpukan bakteri lainnya. Sebagai catatan penting bagi kamu yang menggunakan lensa mata, bakteri tersebut dapat terperangkap di belakang lensa sehingga dapat menyebabkan penyakit mata yang serius.

2. Berbagi produk riasan bibir dengan orang lain berisiko sebabkan herpes pada bibirmu

Lipstik | Credit: Photo by Kaboompics .com from Pexels

Jauhkan gejala-gejala herpes yang dapat merusak bibirmu dengan menjaga kesehatan bibirmu sendiri. Meskipun tampaknya kamu tidak mengalami iritasi, berbagi produk makeup bibir seperti lipstik, lip cream, ataupun lip tint dapat menyebabkan virus menempel di bibirmu. Parahnya, kamu bisa mengalami infeksi herpes seumur hidup.

Advertisement

3. Saling berbagi produk complexion sekaligus kuas riasan bisa menyebabkan jerawat atau iritasi. Amit-amit kan?

Complexion | Credit: Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Jerawat memang tidak menular, tetapi jika kamu berbagi kuas riasan bisa saja kamu mengalami jerawatan karena bakteri-bakteri yang menempel di wajah orang lain menempel di wajahmu. Hal ini juga dikarenakan kamu tidak pernah tahu bagaimana orang lain menggunakan produk dan kuas riasannya.

4. Yang terakhir nggak kalah penting nih! Pertimbangkan beberapa alasan di atas sebelum kamu mencoba makeup tester di toko kosmetik

Brush makeup | Credit: Photo by George Milton from Pexels

Meskipun makeup tester tersebut menggoda, tolong jangan menerapkannya langsung ke wajah. Ini karena makeup tester adalah salah satu cara utama penyebaran bakteri melalui kosmetik. Lain kali, jika kamu sedang berbelanja kosmetik, pastikan kamu mengoleskan produk di tangan saja dan jangan lupa untuk menggunakan kapas atau alat sekali pakai lainnya untuk mengambil produknya.

Bukan berarti sikap berbagi itu buruk ya SoHip, tetapi kalau dampaknya buruk seperti beberapa alasan di atas, lebih baik jangan lagi berbagi produk dan alat makeup dengan orang lain ya. Nggak sharing alat kosmetik bukan berarti kamu pelit kok! Demi kebaikan bersama, sepakat ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE