Nggak Cuma Brokat, Ini 5 Alternatif Bahan Kebaya yang Lebih Murah dan Enak Dibentuk!

Alternatif bahan kebaya

Selain brokat, nyatanya masih banyak lo jenis kain atau bahan yang cocok dijadikan kebaya. Sebut saja satin, salah satu jenis bahan yang paling populer dan cantik saat dibentuk menjadi kebaya, khususnya kebaya modern. Berbagai bahan kebaya pun kini sudah banyak dijual baik online maupun offline, sehingga kamu lebih leluasa memilih dan menjadikannya referensi untuk kebayamu nanti. Jangan cuma tahunya brokat doang, ya!

Advertisement

Karena Hipwee Style tahu kebutuhanmu akan kebaya nggak pernah habis, kali ini sudah ada 5 alternatif bahan buat kebaya selain brokat khusus untukmu. Simak, yuk!

Satin menjadi bahan yang paling gampang ditemui, baik di toko kain kelas menengah atau premium. Harganya yang bervariasi mulai dari 25 ribu per meter membuat kain ini bisa jadi pilihan pertamamu

Bahan satin paling cocok dibuat menjadi kebaya modern berbentuk dress atau tunik. Pilih bahan satin yang nggak terlalu mengkilap biar tetap elegan, ya. Kamu juga bisa memilih bahan satin velvet yang harganya lebih mahal dari satin biasa, tapi hasilnya dijamin cantik!

Organza, jenis bahan yang kaku namun sangat modis dan elegan. Harganya pun bervariasi, tergantung kualitasnya yang biasa atau premium. Oh ya, bahan satu ini paling pas dibuat kebaya modern seperti bentuk peplum atau mermaid

organza via id.pinterest.com

Meski kaku, bahan satu ini tetap mudah dibentuk asal kamu tahu triknya. Organza memang paling cocok dibentuk menjadi kebaya ala princess seperti peplum atau mermaid, jadi jangan sampai salah bentuk! Bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang terlihat mahal meski sebenarnya ada beberapa variasi bahan organza yang murah banget di pasaran.

Advertisement

Tile, salah satu bahan yang pamornya mulai naik karena selalu sukses menjadikan kebayamu jauh lebih mewah meski harganya murah. Harga bahan tile pun mulai dari 35 ribu per meter, tergantung tingkat kehalusannya

Bahan yang tergolong mudah ditemui ini juga nggak kalah cantik dari dua bahan di atas. Tekstur tile yang agak kasar namun jatuh pas banget dibuat kebaya tunik atau terusan. Bahan tile juga nggak lekang zaman karena bisa banget dibentuk menjadi banyak busana, termasuk dress kebaya modern.

Katun, jenis bahan yang paling jarang dipilih karena dianggap ketinggalan zaman. Tapi, katun adalah bahan yang paling pas dipakai buat kebaya berbentuk kutu baru, lo. Lagipula, bahan ini sangat nyaman dan menyerap keringat, kok!

Siapa nih yang cinta banget sama bahan katun? Ternyata, bahan satu ini juga pas lo dijadikan kebaya, khususnya kebaya jadul seperti kutu baru. Bahan katun juga pas banget kalau kamu pengen membuat kebaya couple bareng pasangan, karena teksturnya yang ringan dan mudah dibentuk.

Tenun sintetis, salah satu bahan yang bisa kamu kreasikan sesuka hati. Bahan satu ini paling cocok buat kebaya seragam atau bridesmaid karena harganya relatif murah

Advertisement

Nggak perlu pakai tenun asli, kamu bisa kok memanfaatkan tenun yang dibuat menggunakan pewarna sintetis, sehingga harganya jauh lebih murah. Sama seperti katun, bahan ini juga adem dipakai. Nggak cuma dibikin kebaya, bahan tenun juga bagus lo dijadikan kemeja atau blazer!

Tuh, terbukti kan kalau bahan kebaya memang bervariasi banget. Tinggal tentukan sesuai dengan budget dan kebutuhanmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE