Mengenal Anxiety Ring yang Katanya Bantu Redakan Rasa Cemas

Anxiety ring adalah

Gangguan kecemasan atau anxiety dissorder bisa muncul kapan saja dan dimana saja sehingga membuat penderitanya sangat terganggu. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang tak mudah disembuhkan. Penderita gangguan kecemasan yang berlebihan disarankan untuk mengunjungi pihak-pihak profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

Advertisement

Belakangan ini, tengah muncul tren cincin yang dipercaya mampu mengurangi rasa kecemasan yang dikenal dengan nama anxiety ring. Cincin ini didesain secara khusus guna membantu seseorang yang tengah mengalami rasa cemas berlebihan agar bisa mengalihkan emosi mereka, sehingga cepat merasa tenang. Buat kamu yang penasaran dengan apa itu anxiety ring dan bagaimana cara kerjanya, simak penjelasan berikut ini ya!

1. Anxiety ring, aksesoris cincin yang katanya bisa membantumu meredakan rasa cemas yang berlebihan

Anxiety ring | Credit: Shopee

Anxiety ring atau yang juga dikenal dengan sebutan spinning rings atau worry rings didesain memiliki bola-bola mutiara di lingkarannya yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas yang sedang menyerang penggunanya. Ada banyak jenis anxiety ring di luar sana, tetapi yang paling populer adalah cincin ‘pemintal’ yang memiliki bulatan seperti mutiara di tengah yang dapat kamu mainkan dengan jari lain, sehingga kamu bisa fokus memutar bulatan tersebut daripada menambah kepanikan atau kecemasan.

Dilansir dari Woman and Home, menurut Dr. Audrey Tang seorang psikolog dan ahli kesehatan mental, prinsip dari adanya anxiety ring  ini memadukan elemen penghilang stres dan cara melepaskannya. Hal ini kemudian dipercaya dapat membuka sedikit ruang di kepala, sehingga stres dan cemas bisa mudah berkurang.

Advertisement

2. Bagaimana cara kerja anxiety ring? Bisakah menyembuhkan gangguan kecemasan 100%?

Anxiety ring | Credit: Shopee

Perlu diketahui bahwa anxiety ring ini hanya mampu mengurangi gejala kecemasan, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa cincin ini dapat menyembuhkan 100 persen masalah kecemasan. Orang dengan gangguan kecemasan yang berlebihan biasanya menenangkan diri dengan cara-cara menyakiti diri sendiri seperti mengigit bibir, menarik rambut, menggertakkan gigi, hingga menggaruk kulit dengan kasar.

Anxiety ring dapat membantu untuk mengurangi aktifitas menyakiti diri sendiri sebagai pengalih rasa cemas, yaitu dengan memainkan bola-bola mutiara yang terdapat pada cincin tersebut, sehingga kamu bisa fokus memainkan bola tersebut tanpa harus menyakiti diri sendiri.

Advertisement

Untuk memaksimalkan pengalihan rasa cemas, panik dan stres yang menyerangmu, kamu bisa memainkan bola-bola mutiara di cincin tersebut sembari tarik nafas yang dalam dan buang secara perlahan dan lakukanlah sebanyak dua hingga tiga kali.

Nah, untuk itu perlu digaris bawahi bahwa anxiety ring ini tidak bisa menggantikan peran profesional dalam menyembuhkan gangguan kecemasan. Cincin ini hanya bisa membantu mengalihkan rasa kecemasan saja, sehingga hanya berperan sebagai pendamping terapi dan obat-obatan dan bukan bersifat sebagai penggantinya. Kalau kamu mau pakai sekadar sebagai aksesori sih, nggak apa-apa juga~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE