5 Bahan Termahal untuk Pembuatan Parfum. Semahal itu, Ada Alasannya!

bahan termahal untuk parfum

Memiliki aroma tubuh yang wangi adalah salah satu poin yang bisa menambah rasa percaya diri. Kebanyakan orang mengandalkan parfum untuk memberikan wangi tubuh. Bahkan parfum juga bisa memberikan kesan tertentu dalam penampilannya. Sehingga parfum sering dijadikan simbol kewibawaan, strata sosial dan bisa menggambarkan kepribadian. Nggak heran jika ada orang yang rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan parfum tertentu.

Advertisement

Biasanya, parfum mahal memiliki banyak keunggulan mulai dari wangi yang langka, ketahanan, hingga botol yang berlapis emas dan berlian. Melansir dari Luxury roperty, saat ini parfum termahal di dunia adalah Shumukh asal Dubai yang dibanderol dengan harga 1,29 juta dolar atau setara 18 miliar rupiah. Wah, kok bisa ya ada parfum semahal itu? Selain punya wangi yang langka, parfum-parfum mahal biasanya terbuat dari bahan-bahan yang langka pula. Berikut beberapa bahan parfum mahal yang membuat harganya selangit, yuk simak!

1. Bunga melati ternyata menjadi salah satu bahan dasar parfum mahal, meski aromanya banyak ditemukan di pasaran

Bunga melati | Credit by SKsidartha on Commons Wikimedia

Mungkin kamu akan heran jika ternyata melati adalah salah satu bahan parfum original termahal. Pasalnya, melati merupakan bunga yang mudah ditemui di Indonesia. Selain itu, banyak sekali parfum-parfum murah yang memiliki aroma melati. Namun, tahukah kamu jika parfum melati yang dijual murah merupakan aroma sintetis? Sebab, untuk membuat 500 gram essential oil aroma melati saja butuh 900 kg melati segar. Sementara itu, untuk membuat 125 gram minyak original butuh 3600 kg melati segar. Bisa kebayangkan, kenapa parfum original aroma melati bisa mahal?

2. Orris, bagian kecil dari bunga iris mengandung minyak wangi yang dijadikan bahan parfum-parfum mahal

Bunga iris | Credit by Robbadob2003 on Commons Wikimedia

Salah satu komposisi parfum mahal di dunia adalah minyak dari umbi bunga iris atau yang disebut orris. Jika kamu pernah mengamati bunga iris, mungkin kamu akan paham dengan bagiannya yang disebut orris ini. Besarnya hanya seujung kuku anak. Maka nggak heran, untuk mendapatkan orris butuh banyak bunga iris. Bahkan, untuk membuat 2 kg essential oil dari orris, butuh 1 ton bunga iris yang berusia 5 tahun. Wah, pantas ya kalau parfum yang mengandung orris harganya mahal banget.

Advertisement

3. Aroma mawar bulgaria mungkin nggak asing, tapi ternyata minyak yang asli harganya mahal karena produksinya yang cukup sulit

Mawar Bulgaria | Credit by Edal Anton on Commons Wikimedia

Selain melati, oroma jenis bunga ini sebenarnya juga mudah kita jumpai pada parfum-parfum murah di pasaran. Sayangnya, biasanya kalau murah, itu hanya aroma sintetis saja. Sebab, untuk membuat 500 gram essential oil butuh 4500 kg kelopak bunga mawar bulgaria. Padahal masa panen bunga ini hanya sekitar bulan Mei hingga Juni saja. Biasanya mawar bulgaria juga dibuat bersama bunga geranium dengan perbandingan 9:1. Nggak heran jika essential oil bunga ini dihargai 2,4 juta per ons. Otomatis harga parfum berbahan mawar bulgaria beneran ini harganya jauh lebih mahal.

4. Oud, bahan langka karena produksinya yang sulit dan hanya ada sedikit di dunia

Pohon Agar penghasil oud | Credit by Eebie on Commons Wikimedia

Oud adalah getah yang berasal dari kayu agar atau pohon yang tumbuh di daerah tropis dan telah terinfeksi jamur phialophora parasitica. Getah ini beraroma harum sehingga sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai bahan wewangian alami. Oud memiliki harga yang cukup mahal karena hanya 2 persen bagian pohon agar yang bisa menghasilkan getah ini. Nggak heran jika oud dibanderol seharga 130 juta per kg. Beberapa parfum yang menggunakan oud di antaranya Gucci Oud Fragraance seharga 137 dolar per ons atau sektar 1,9 juta rupiah dan Tom Ford’sTobacco Oud seharga 320 dolar atau sekitar 4,4 juta rupiah.

5. Musk berasal dari bagian tubuh hewan langka, yang membuat parfum musk asli harganya mahal

Mungkin kamu juga sudah cukup familiar dengan aroma musk pada parfum. Namun, seperti melati dan mawar bulgaria, aroma musk yang ada pada parfum-parfum di pasaran kebanyakan merupakan aroma sitetis. Musk sering disebut juga dengan jebat, dedes atau kasturi. Bahan ini terbuat dari bagian tubuh rusa jantan tepatnya musk pod atau kelenjar yang berada di area perut. Bahkan jenis rusa yang bisa menghasilkan aroma musk saat ini sudah terancam punah. Nggak heran jika saat ini, parfum musk asli harganya selangit.

Advertisement

6. Ambergris berasal dari bagian tubuh hewan yang mungkin nggak pernah kamu sangka

Embergris | Credit by Empreal on Commons Wikimedia

Jika kamu membayangkan semua kandungan parfum dari bahan-bahan tubuhan, maka kamu akan menganggap ambergris adalah bahan yang menjijikan. Selain musk, ambergris juga berasal dari hewan. Lebih tepatnya, ambergris merupakan zat padat, lilin dan mudah terbakar yang diproduksi di usus Paus Sperma. Sebelum diolah baunya memang seperti koptoran, namun ambergris ternyata memiliki aroma musky yang harum dan tahan lama dalam racikan parfum. Ambergris banyak digunakan pada parfum-parfum mahal untuk pria.

Nah, itulah beberapa kandungan parfum mahal di dunia. Selain barang langka ternyata bahan-bahan tersebut cukup sulit didapatkan. Maka jangan heran jika parfum yang menggunakan bahan asli tersebut harganya jadi ikut mahal ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE