Karakteristik Gaya Makeup Korea dan Thailand. Mirip tapi Sedikit Beda, Suka yang Mana?

beda makeup Korea dan Thailand

Berkat kecantikan para aktris di serial drama Korea dan Thailand, banyak yang menjadikan dua negara ini menjadi kiblat dalam menentukan gaya makeup yang sesuai. Meskipun terlihat mirip karena sama-sama menggunakan warna riasan yang cenderung lembut, tapi ternyata kedua negara ini memiliki sedikit perbedaan dalam mengaplikasikan produk makeup lo. Kira-kira apa aja ya perbedaannya? Yuk simak langsung ulasan Hipwee Style berikut ini~

Riasan Korea memiliki hasil akhir dewy, sedangkan Thailand memiliki hasil akhir riasan dengan tekstur satin finish

Dewy finish dan satin finish | Credit via IG @kyo1122/@baifernbah

Advertisement

Kalau bicara riasan wajah Korea, pasti identik dengan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Para cewek Korea biasanya menggunakan produk kompleksi berupa BB cream atau BB cushion untuk menunjang penampilannya. Formula kedua produk kompleksi tersebut lebih ringan daripada foundation sehingga nggak memberikan kesan makeup yang bold, kompleksi ini justru membuat riasan wajah kelihatan flawless dan natural. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu tap-tap produk tersebut secara tipis ke wajah.

Sedangkan para cewek Thailand biasanya menggunakan foundation dengan hasil akhir semi matte sebagai dasar dari riasan wajahnya. Selain foundation, cewek Thailand juga menambahkan highlighter pada bagian mata dan pipi supaya terlihat bercahaya dan natural.

Untuk riasan mata, Korea menggunakan warna-warna yang cenderung natural, sedangkan Thailand lebih suka hasil akhir riasan mata dengen sedikit efek smokey eye

Natural eye makeup dan smokey eye | Credit via IG @kyo1122/@urassayas

Selain identik dengan kulit yang sehat, kecantikan Korea juga kerap menampilkan riasan yang membuat para cewek terlihat awet muda. Cewek Korea biasanya menggunakan riasan mata yang minimalis yaitu eyeshadow dengan warna-warna lembut seperti merah muda dan peach. Selain itu, mereka juga membentuk eyeliner-nya dengan model puppy eyes yang bagian ujungnya sedikit runcing ke bawah. Untuk alis, cewek Korea membentuknya secara tipis supaya masih terlihat alami.

Advertisement

Kalau para cewek Thailand lebih suka dengan riasan mata yang memiliki efek smokey eye. Mereka biasanya menggunakan eyeshadow dengan warna yang kalem dan menambahkan warna yang lebih gelap pada bagian bawah kelopak mata supaya memberikan kesan smokey. Selain itu, alis serat dan eyeliner cat eye juga menjadi ciri khas riasan Thailand. Mereka juga menggunakan bulu mata palsu dengan ketebalan standar supaya bulu mata terlihat lentik, tebal, dan tampak alami.

Cewek Korea menggunakan blush on yang sangat natural dan jarang menggunakan contour, sedangkan Thailand khas dengan contour di hidung dan warna blush on yang cukup nyata

Contour dan blush on warna lembut | Credit via IG @ahnhani_92/@baifernbah

Cewek Korea jarang menggunakan contour, mereka lebih sering menggunakan blush on berwarna lembut dan cerah seperti warna merah muda dan peach. Sedangkan cewek Thailand, biasanya menyapukan contour pada tulang hidung supaya riasan terlihat lebih tegas serta blush on dengan warna yang sama seperti cewek Korea dan disapukan mulai dari tulang pipi bagian atas hingga ke bawah.

Lipstik ombre juga menjadi ciri khas riasan Korea, sedangkan Thailand mengadaptasi teknik yang sama dengan riasan Western

Advertisement

Ombre lips dan overdrawn lips | Credit via IG @hyeri.official/@davikah

Lipstik ombre atau penggunaan lipstik lebih dari satu warna juga menjadi ciri khas riasan cewek Korea. Untuk membuat lipstik ombre, biasanya memerlukan satu lipstik dengan warna yang cerah atau nude sebagai dasar dan satu lipstik dengan warna yang lebih gelap untuk diaplikasikan pada bibir bagian dalam. Sedangkan cewek Thailand menerapkan pemakaian lipstik yang hampir sama dengan riasan ala Western yaitu menggunakan lipstik melebihi garis bibir untuk memberikan kesan bibir yang penuh.

Sekarang kamu jadi tahu kan di mana letak perbedaan riasan Korea dan Thailand? Kalau bisa memilih, kira-kira riasan mana nih yang jadi favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE