4 Cara Bertanya ke SPG Makeup Biar Kamu Tampak Berkelas. Nggak Akan Dijutekin Lagi!

Bertanya ke SPG makeup

Sebel, dijutekin mulu tiap mau beli makeup!

Advertisement

Kalimat di atas mungkin sering terucap saat kamu baru melihat-lihat makeup tapi sudah dijutekin duluan sama Mbak-Mbak SPG. Mungkin saat itu mood-mu sedang kurang baik, atau malah kamunya yang nggak peka atau paham bagaimana etika bertanya saat membeli makeup. Jangan salah, kamu perlu tahu kalau para SPG makeup juga akan lebih respect jika kamu sebagai konsumen tahu cara terbaik bertanya.

Daripada bingung, berikut ini sudah Hipwee Style rangkum cara-cara terbaik bertanya ke SPG makeup!

Ganti pertanyaan, “Mbak, ada warna lipstik apa aja?” dengan, “Mbak, selain shade lipstik yang ini, ada shade apa lagi?”

Meski maknanya sama aja, kata “warna” terkesan lebih biasa aja di banding “shade”. Kamu akan tampak lebih berkelas karena tahu kata “shade” di mana biasanya digunakan oleh para beauty enthusiast populer. Kata “shade” juga akan membuat SPG menunjukkan lebih detail tentang warna-warna lipstik yang sedang kamu lihat.

Advertisement

Daripada pakai kalimat, “Foundation-nya awet nggak ya mbak?”, mendingan kamu nanya gini, “Foundation ini matte atau nggak ya mbak? Soalnya wajahku berminyak nih…”

Sesederhana mengganti kata “awet” dengan “matte” akan mengubah pandangan SPG ke kamu, lo. Kata “matte” jauh lebih profesional karena identik dengan formulasi sebuah produk secara lebih detail. Sedangkan kata “awet” kesannya kamu cuma main-main dan nggak niat beli.

“Parfumnya berapaan ya, Mbak? Ada wangi apa aja?” memang udah benar, tapi akan lebih elegan kalau kamu pakai kalimat, “Parfum ini lebih baik disemprot di bagian mana ya, Mbak? Soalnya kadang saya suka salah nyemprotnya…”

SPG akan lebih senang dan merasa dihargai saat kamu mengajukan pertanyaan yang intens atau mendetail. Misalnya saat kamu beli parfum, kamu bisa menanyakan spot terbaik untuk menyemprotkan parfum daripada sekadar tanya soal harga. Percayalah, kadang pengetahuan SPG jauh lebih dalam daripada kamu!

Advertisement

Kamu akan terlihat lebih berpengalaman kalau menanyakan soal bedak dengan kalimat, “Mbak, wajahku ini termasuk kering, enaknya pakai yang mana ya? Terus, shade yang sesuai dengan warna kulitku yang mana?”

Jelaskan masalah wajahmu secara detail ke SPG supaya ia juga memahami apa yang harus kamu beli. Jangan cuma nanya shade, tapi juga ciptakan suasana yang akrab dengan sedikit menjelaskan kegelisahanmu tentang formulasi sebuah bedak. Percaya deh, nggak akan ada canggung-canggungan lagi setelah itu!

Jangan cuma menganggap kalau SPG itu banyak yang jutek, tapi kamu juga harus memahami bahwa mereka juga punya standar tersendiri dalam melayani konsumen. Jadilah konsumen yang cerdas, minimal paham bagaimana cara bertanya yang benar!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE