Menjawab Pertanyaan Kenapa Ada Busana Batik Seharga 25.000 Hingga Jutaan. Lumayan, Nambah Wawasan!

Busana batik murah dan mahal

Di pasar tradisional atau bahkan online shop, banyak sekali variasi harga busana batik yang biasa kamu lihat bukan? Mulai dari yang 20 ribuan hingga jutaan, semua lengkap dengan target pembelinya masing-masing. Tentunya, variasi harga ini dipengaruhi banyak hal seperti kualitas bahan, bahan baku atau bahkan pamor toko itu sendiri.

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee Style akan membahas tentang hal yang mungkin jadi pertanyaanmu selama ini, yakni kenapa ada busana batik yang murah hingga mahal. Kepoin, yuk!

Ada busana batik yang dibuat dari bahan batik cap dan tulis. Inilah penyebab utama kenapa harganya bisa beda-beda

Batik cap dan tulis via pin.it

Lalu, apa sih bedanya batik cap dan tulis?

Batik cap dibuat menggunakan alat khusus dan malam yang kemudian ditempel-tempelkan ke kain. Batik cap memiliki ciri khas bau yang lebih menyengat ketika dicium dan terkadang ada “cacat” pada proses pengecapan sehingga detail motifnya kurang sempurna. Untuk itu, nggak heran harga batik cap biasanya lebih murah di pasaran.

Advertisement

Kalau batik tulis, proses pembuatannya jauh lebih rumit dan detail di banding batik cap. Butuh kejelian khusus supaya motif dan pola yang dihasilkan nggak melenceng. Dari segi aroma saja, batik tulis nggak mengeluarkan bau menyengat alias biasa saja. Batik tulis pun biasanya nggak mudah luntur saat dicuci karena telah melewati proses panjang dari mulai jadi hingga penjemuran di bawah terik matahari. Nggak heran ya, harganya lebih mahal.

Busana batik dari brand tertentu biasanya dijual lebih mahal, di banding yang kualitas konveksi

Kualitas beda via pin.it

Tahu nggak sih, merek-merek batik seperti Danar Hadi, Batik Kencana dan sebagainya dijual lebih mahal di pasaran karena dibuat menggunakan bahan-bahan premium serta desainnya yang eksklusif. Berbeda dengan batik kualitas konveksi yang biasanya diproduksi secara massal, sehingga harganya jauh lebih murah karena biasanya menyasar penjual grosir.

Sampai sini, paham kan?

Advertisement

Ada beberapa jenis bahan busana batik yang membuat harganya bervariasi, seperti katun premium, sutera, satin hingga katun santung

Semakin halus bahan sebuah busana batik, biasanya dijual dengan harga mahal. Hal ini dikarenakan proses produksinya butuh kehati-hatian ekstra dan bahan baku yang memang sudah mahal. Namun, biasanya banyak orang yang nggak mempermasalahkan mahalnya harga busana batik, asal nyaman dan elegan saat dikenakan.

Bahan katun premium dan sutera biasanya paling banyak dipilih karena halus, menyerap keringat dan terlihat berkelas.

Nah, itu dia beberapa faktor kenapa ada busana batik yang dijual murah hingga jutaan. Semoga menambah wawasanmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE