Definisi Cantik Natural Menurut 5 Hipwee Boys. Kamu Sepakat Nggak nih Sama Mereka, Girls?

cantik natural menurut cowok

“Kenapa sih cewek suka dandan? Natural aja lo, bagus!”

“Aku sukanya cewek nggak usah makeup tebal, risi gitu liatnya kalo lipstiknya terlalu merah.”

Advertisement

SoHip, pernah nggak sih kalian nguping atau baca komentar-komentar gini dari para cowok (atau bahkan dari sesama cewek)? Padahal soal cantik natural ini sudah jadi polemik sejak entah kapan. Seperti ada pepatah yang bilang, “Beauty is in the eye of the beholder.” yang artinya, cantik itu relatif dari mata yang memandang, pun soal ‘natural’ itu juga sangat relatif. Ada yang menganggap natural itu ya nggak dandan sama sekali (terberkatilah mereka yang mukanya sudah kayak mulus kinclong sejak lahir) dan ada pula yang “Ya minimal ada bedak, alis dan liptint lah.”

Dari sudut pandang cewek, cantik natural itu sendiri bisa menuai beragam jawaban. Hanya satu yang pasti, nggak semua cewek dandan itu mutlak buat lawan jenis ya. Seringkali, dandan jadi ajang mengekspresikan diri. Ajang self-pampering, menyenangkan hati sendiri.

Saya jadi penasaran, kalau versi cowok Hipwee, definisi cantik natural itu sebenarnya gimana sih? Baru-baru ini saya iseng bertanya kepada para cowok Hipwee soal pendapat mereka tentang definisi cantik natural. Ini jawaban mereka…

Advertisement

1. “Cantik natural itu cantiknya cewek pas bangun tidur, apa adanya tanpa makeup”

Bangun tidur | Credit: Photo by Kampus Production from Pexels

“Ketika cewek bangun tidur (tanpa makeup), itu cantik natural. Semua cewek kan pada dasarnya memang cantik. Mereka dandan untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Tapi, kalau buat aku, cewek berada pada puncak kepercayaan dirinya ketika bangun tidur dan menyapa selamat pagi kepada suaminya dengan wajah tanpa makeup. Ini cantik natural, dari dalam dan luar.”

— Andin, 25 tahun

2. “Cantik natural itu ya yang pede sama penampilannya.”

Advertisement

Cantik natural? | Credit: Photo by Matt Hardy from Pexels

“Cantik natural itu ya yang pede sama penampilannya. Karena mau cantik kayak gimana juga kalau nggak pede sama penampilannya bakal tetap keliatan awkward.”

“Tapi itu bukan mendiskreditkan orang yg udah put some effort buat tampil lebih oke ya. Alangkah baiknya mendampingi effort buat penampilan dengan (merasa) lebih pede sama diri sendiri.”

— Rozi, 28 tahun

3. “Cewek cantik natural menurutku cewek yg bisa memosisikan (diri) dia, di mana berada.”

Bebasin aja~ | Credit: Photo by José Luis Photographer from Pexels

“Cewek cantik natural menurutku cewek yang bisa memosisikan (diri) dia di mana berada, luwesan dan tahu kodratnya sebagai wanita itu apa, ketika dia belum menikah dan sudah menikah. (Soal dandan) fleksibel sesuai kebutuhan yang diperlukan sih, kapan yang bener-bener harus dandan, nggak spesifik tanpa makeup atau makeup-an.”

— Budi, 28 tahun

4. “Cantik natural buat aku ya cantik yang makeup-nya nggak terlalu tebel-tebel banget.”

Ah masa? | Credit: Photo by José Luis Photographer from Pexels

“Cantik natural buat aku ya cantik yang makeup nggak terlalu tebel-tebel banget. Nggak perlu gambar alis, lipstik nggak perlu terlalu nyolok. Pipi nggak perlu dimerah-merahin.
Karena aku kadang suka protes sama istriku kalau kayak gitu, padahal biasa aja dah cantik, wkwkwk.
Tapi dia suka sih dandan, jadi kadang ya kubiarin aja~”

— Ozzy, 25 tahun

5. “Menurut saya cantiknya cewek natural itu dia bisa tampil cantik dengan sederhana dan nggak ribet.”

No ribet | Credit: Photo by Anastasiya Lobanovskaya from Pexels

“Menurut saya cantiknya cewek (yang) natural itu dia bisa tampil cantik dengan sederhana dan nggak ribet, selalu percaya diri dengan penampilannya dan komunikatif, enak diajak bicara.”
— Aan, 25 tahun

Jujur waktu mendapatkan beragam jawaban ini saya jadi mikir. Lima cowok yang saya kenal ini saja jawabannya rata-rata beda semua, apalagi bejibun pendapat cowok lain di luar sana. Tentu semua punya pandangan masing-masing soal cantik natural ini dan sebenarnya ya sah-sah aja, selama mereka nggak memaksakan pendapat mereka ke orang lain dan memojokkan orang-orang yang nggak sepaham sama mereka. Capek juga kalau saya sebagai cewek harus baper sama semua pendapat mereka.

Kalau ditanya pendapat saya sendiri, cantik natural itu sangat relatif kok. Ada kalanya ya saya ingin 100% natural alias benar-benar polosan aja, ada kalanya saya merasa dandan dikit pun tetap ‘cantik natural’. Dan saya dandan untuk saya sendiri, bukan untuk si ABCD apalagi lawan jenis.

Kalau kamu menganggap dandan tebal pun bisa jadi cantik natural, ya nggak apa-apa kok. Kesimpulannya, faktanya tiap orang memang punya pandangan masing-masing soal cantik natural ini. Mau debat atau jelasin ke semuanya satu-satu soal ini, nggak akan ada habisnya. Hanya satu hal yang saya yakini, bahwa kita mau berpenampilan seperti apa pun kuncinya adalah rasa nyaman di diri kita sendiri.

Terserah orang mau berpendapat apa, yang penting saya nyaman dan percaya diri dengan apa yang terlihat di cermin sekarang, mau tanpa makeup atau pakai makeup. Toh pada akhirnya, rasa nyaman itu sendiri akan bikin happy, dan itu yang terpenting. Setuju? 🙂

Kapan-kapan saya mau tanya ah, kalau ganteng natural versi cewek-cewek Hipwee itu gimana. Hehe.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Life is beautiful!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE