Cara Ampuh Cegah Bibir Pecah-pecah Saat Laksanakan Ibadah Puasa

­Bibir pecah-pecah bukanlah hal baru saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini bisa terjadi karena keadaan tubuh yang kurang cairan karena nggak boleh makan dan minum selama kurang lebih 13 jam.

Advertisement

Tentunya keadaan ini bikin nggak nyaman karena bibir yang mengelupas akan menjadi luka dan terasa perih. Selain itu, penampilan juga jadi nggak maksimal karena bikin wajah kamu pucat dan nggak maksimal saat mengenakan lipstik.

Nah, daripada menunggu bibir pecah-pecah datang, kamu bisa lo ikuti cara-cara berikut sebagai tindakan pencegahan. Langsung saja kita lihat yuk?

1. Paling utama, perbanyak air putih dan lengkapi dengan buah

Cara ampuh hindari bibir pecah-pecah

Minum air putih / Photo by Andrea Piacquadio via Pexels

Saat berpuasa tubuh dilarang untuk makan dan minum dari subuh hingga maghrib. Tentu hal ini bisa banget buat tubuh menjadi kurang cairan.

Advertisement

Makasih dari itu memenuhi kembali asupan air di tubuh merupakan sebuah keharusan. Kamu bisa gunakan metode 2-4-2: 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam, 2 gelas saat sahur.

Selain itu, kamu juga bisa ganti cairan tubuh yang hilang dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti buah pir, jeruk, semangka, dan lain-lain.

2. Jangan kebanyakan makan pedas dan asin

Photo by Prince Photos: https://www.pexels.com/photo/person-cooking-noodles-3054690/

Jangan pedas-pedas / Credit: Photo by Prince via Pexels

Advertisement

Garam yang terkandung dalam makanan asin diketahui bisa mengikat carian dalam tubuh. Sementara itu, makanan pedas yang membuatmu kehausan sepanjang hari.

Yah daripada buka di tengah jalan karena sudah nggak kuat menahan haus, lebih baik kurangi saja ya konsumsinya.

3. Hindari Kafein yang bikin kelembaban kulit berkurang

Konsumsi kopi dibatasi ya / Credit: Photo by cottonbro via Pexels

Kopi bisa jadi konsumsi wajib bagi setiap orang. Namun, pada kenyataannya mengonsumsinya saat buka atau sahur malah akan membuat kulit menjadi kering.

Buat kamu yang caffeine addict, maka bisa mengganti kopi dengan minuman lain seperti teh hijau maupun chamomile. Kalau masih ingin banget kopi, maka bisa minum cukup secangkir pernah hari.

4. Rawat bibir dengan eksfoliasi dan masker madu

Cara ampuh hindari bibir pecah-pecah

Jangan lupa pakai scrub bibir/ Credit: Photo by Polina Kovaleva via Pexels.

Merawat bibir juga perlu banget dilakukan untuk cegah bibir pecah-pecah. Diantaranya dengan melakukan eksfoliasi dan masker madu.

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Agar nggak semakin parah kamu bisa menghilangkannya dengan eksfoliasi rutin. Kamu bisa lakukan ini selama 1-2 kali dalam satu minggu.

Agar hasil semakin maksimal, gunakanlah masker bibir dengan bahan alami seperti madu. Oleskan sebelum tidur, maka madu akan bekerja untuk menghidrasi bibir keringmu.

5. Hindari basahi bibir dengan lidah, sebaiknya gunakan lip balm

Cara ampuh hindari bibir pecah-pecah

Penting untuk aplikasikan lip balm / Credit: photo by Ron Lach via Pexels

Banyak orang yang salah kaprah kalau membasahi bibir dengan liur sama dengan menghidrasinya. Namun ternyata hal ini salah ya SoHip.

Menjilat bibir terus menerus akan menghilangkan minyak alami di kulit. Selain itu, air liur juga mengandung asam yang bisa mengiritasi bibir.

Maka dari itu, gunakan lip balm untuk melembabkan dan menutrisi bibir yang kering dan luka-luka karena terkelupas.

6. Menghindari rokok agar bibir nggak kering

Cara ampuh hindari bibir pecah-pecah

Kurangi rokok agar lebih sehat / Credit: Photo by David Taljat via Pexels

Saat kita merokok panas dalam puntung bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Maka dari itu hindarilah merokok agar bibir tetap sehat dan nggak kekurangan cairan.

Selain itu, rokok juga banyak membawa dampak buruk bagi kesehatan. Ya, lebih baik nggak usah merokok sekalian nggak sih?

Sambut Ramadhan pastinya harus semangat dong ya. Nah agar ibadah menjadi lancar dan happy, tanpa bibir pecah-pecah kamu bisa ikuti langkah-langkah yang sudah Hipwee jabarkan tadi ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE