Bedah Style Citayam Fashion Week yang Viral di Media Sosial, Begini Kunci Fashion-nya

Fenomena Citayam Fashion Week baru-baru ini ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Fenomena unik ini digunakan untuk menyebut gerombolan Anak Baru Gede (ABG) asal Citayam, Bojong Gede, Cilebut dan sekitarnya yang ramai-ramai nongkong di kawasan Stasiun KRL Sudirman dan Stasiun MRT Dukuh Atas BNI.

Advertisement

Kawasan tersebut biasanya dipadati para pekerja kantoran dengan setelan rapi khas pekerja di gedung-gedung elit. Hadirnya gerombolan ABG Citayam Bojong Gede, dan sekitarnya ini menjadi pemandangan yang unik. Apalagi gaya fesyen mereka yang cukup berbeda dari pekerja yang melintas di kawasan tersebut.

Istilah Citayam Fashion Week ini bukan tanpa alasan. Anak Citayam yang nongkong di Sudirman untuk sekadar ngobrol, mencari teman baru, dan berfoto-foto untuk membuat konten di ruang publik ini seperti gambaran kontes street fashion atau adu gaya fesyen jalanan.

Bahkan, tak jarang mereka memang mengupayakan gaya berpakaian terbaiknya. Seperti apa gaya para ABG Citayam Fashion Week ini?

Advertisement

Potret gaya anak Citayam yang ramai nongkrong di ruang publik kawasan Sudirman dan Dukuh Atas

Citayam Fashion Week

Suasana gerombolan remaja yg dijuluki Citayam Fashion Week | Foto dari Twitter @adam_gunawan

Gaya anak Citayam, Bojong Gede, dan sekitarnya memang cukup menarik perhatian. Mereka punya kelompok tongkrongan dengan gaya yang hampir mirip. Di sini para ABG cowok kebanyakan memakai topi, dipadu dengan kaus bersablon atau oversize hoddie. 

Rambut gondrong dan poni lempar, juga menjadi gaya rambut paling khas bagi para cowok di Citayam Fesyen Week

Citayam Fashion Week

Gaya rambut poni lempar Bonge | Foto dari Instagram @bonge-real

ABG Citayam yang nongkrong di Sudirman punya gaya rambut khas. Seperti rambut Bonge, salah satu anak Bojong Gede yang cukup ikonis di Citayam Fashion Week ini. Jangan pula juga, gelang warna-warni dan kaca mata hitam sebagai aksesori tambahan.

Outfit serba hitam dengan jeans pensil yang sengaja disobek, dipadu dengan kaus oblong

Citayam Fashion Week

Outfit serba hitam | Foto dari instagram @bonge_real

Gaya Bonge ini juga nggak kalah khasnya sebagai anak tongkrongan di Citayam Fashion Week. Sementara temannya mengenakan jaket drizzler warna terang, dipadu celana bahan dan kaus oblong. Nggak ketinggalan tote bag, buat tentengan.

Advertisement

Kaus hitam bersablon dipadu dengan celana jeans panjang, ditambah aksesori sebagai tambahan

Citayam Fashion Week

Kaus hitam bersablon | Foto dari Instagram @byan_tino

Para ABG cowok Citayam dan Bojong Gede sepertinya menggemari outfit kaus sablon hitam. Sebab, fesyen ini cukup banyak dijumpai di tengah keramaian Citayam Fashion Week. Sementara para cewek pun banyak yang mengenakan kaus hitam, tapi biasanya mereka mengenakan jeans panjang yang lebih terang.

Setelan serba denim dan jaket full print juga nggak kalah ngetren di Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week

Serba denim dan jaket full print yang ikonik | Foto dari Instagram @kutipanx

Kali ini outfit Kurma, cewek Citayam yang jadi sorotan karena menjadi kekasih Bonge. Dalam tayangan video yang diunggah oleh @kutipank ini, Kurma mengenakan jaket denim abu-abu tua dipadukan dengan celana denim biru terang. Outfit seperti ini juga banyak dikenakan oleh para cewek lain di gerombolan Citayam Fashion Week.

Sementara itu, Bonge mengenakan jaket hitam full print dan tas pinggang andalannya. Jaket yang dipakai Bonge ini, juga pernah diburu oleh seleb Fitri Tropica karena ingin punya jaket kembaran dengan Bonge, lo SoHip. Ikonik banget, kan?

Gaya andalan para ABG di Citayam Fashion Week jadi gambaran kebebasan berekspresi dari cara berbusana

Citayam Fashion Week

Gaya khas | Foto dari Instagram @mkmdzokro

Fenomena Citayam Fashion Week yang viral ini memang cukup unik. Bukan hanya dari aktivitas nongkrong dan ‘adu outfit’. Namun, kita bisa melihat keunikan lain dari cara mereka menunjukkan kebebasan berekspresi dari gaya berbusana. Hal ini ternyata juga terjadi di Shibuya Street, Jepang, lo SoHip. Mereka tetap percaya diri dengan eksistensi mereka, termasuk gaya berbusananya meski kadang dianggap berbeda.

Nah, itulah beberapa potret gaya busana pada ABG di Citayam Fashion Week di kawasan Sudirman dan Dukuh Atas yang sedang ramai diperbincangkan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day