Karena kita tinggal di daerah tropis yang panas, celana pendek merupakan salah satu pakaian yang hampir semua cowok punya. Selain bisa jadi stylish, celana pendek atau shorts juga enak dipakai karena mereka dingin dan nggak bikin gerah. Meskipun begitu, memakai celana pendek sama kayak naik motor, banyak banget peraturannya kalau kamu nggak mau ditegur sama pak polisi, polisi pakaian tapi, hehe. Ini nih yang boleh kamu lakukan dan tidak boleh dilakukan ketika kamu memakai celana pendek atau shorts.

1. Biar nggak “tujuh belas tahun ke atas”, jangan pakai shorts yang terlalu pendek ya!

Yang sebelah kanan terlalu pendek!

Yang sebelah kanan terlalu pendek! via www.birchbox.com

Salah satu alasan yang bikin pakai celana pendek ya karena ukuran pendeknya yang nggak bikin gerah. Tapi, celana yang terlalu pendek justru terlihat aneh. Selain adanya kemungkinan untuk memperlihatkan bagian – bagian yang tidak pantas, shorts yang terlalu pendek juga akan membuat kamu terlihat kurang maskulin.

2. Terlalu kepanjangan juga jadinya aneh, kamu semakin terlihat pendek.

shorts yang terlalu panjang

shorts yang terlalu panjang via www.themodestman.com

Advertisement

Celana pendek yang terlalu panjang juga nggak tepat untuk dipakai. Jadi seberapa panjang sih celana pendek yang bagus untuk dipakai? Patokannya adalah, kamu harus tetap bisa melihat lutut kamu! Panjang celana disarankan sekitar lima hingga tujuh centimeter diatas lutut. Jangan deh sekali – kali pakai celana pendek yang pinggirnya jatuh menutup lutut. Yang ada, celana itu disebut sebagai celana tiga-peremapat, celana yang nggak terlalu menarik untuk dipakai keluar.

3. Pilih celana pendek yang cenderung ketat nggak papa, asal kamu masih merasa nyaman! Kalau terlalu ketat, kasian “adek”nya kan?

img-1416286019

Kenyamanan adalah salah satu kualitas terpenting yang biasa dicari dari celana pendek atau shorts. Oleh karena itu, jangan sampai kamu memakai celana yang terlalu ketat di kamu. Dari segi visual, celana pendek yang terlalu ketat bisa menampilkan hal – hal yang tidak diinginkan, duh! Selain itu, sama seperti skinny jeans, celana pendek yang terlalu ketat akan berdampak buruk buat aliran darah kamu di daerah tersebut.

4. Kelonggaran pun juga nggak boleh, karena bikin kamu terlihat semakin berisi dari seharusnya!

celana pendek yang terlalu longgar

celana pendek yang terlalu longgar via lookbook.nu

Seperti langit dan bumi, seperti hitam dan putih, semuanya harus seimbang, halah! Kalau celana pendek yang terllau ketat nggak bagus, yang terlalu longgar pun juga nggak boleh. Yang jadi masalah ketika kamu memakai celana pendek longgar adalah paha dan pantat kamu akan terlihat lebih besar. Oleh karena itu, celana pendek yang terlalu longgar tidak disarankan apalagi buat kamu cowok – cowok yang badannya lebih “berisi.”

5. Biar nggak salah kostum, jangan memadukan shorts dengan kaos kaki. Dipadukan dengan sepatu kanvas, kamu bisa tampil formal!

Ada tiga macam sepatu yang paling cocok untuk dipadukan dengan celana pendek. Mereka adalah sepatu boat;

Advertisement
shorts + sepatu boat

shorts + sepatu boat via lookbook.nu

sepatu kanvas;

shorts + sepatu kanvas

shorts + sepatu kanvas via lookbook.nu

dan juga sepatu olahraga;

shorts + sneakers

shorts + sneakers via lookbook.nu

Sepatu – sepatu ini tidak akan terlihat bagus ketika dipadu-padankan dengan kaos kaki. Sebenarnya kamu boleh memakai kaos kaki, asal kaos kaki kamu tidak terlihat mata, contohnya kamu bisa pakai ankle socks atau kaos kaki yang hanya menutup hingga bagian pergelangan kaki.

6. Dengan gaya kamu yang informal, pakai sandal juga bisa sih.

shorts + sandal

shorts + sandal via lookbook.nu

Memadu-madankan celana pendek dengan sandal atau sandal kulit pun sah – sah aja, asal kamu nggak berencana untuk menghadiri acara formal. Kamu bisa banget memadu-madankan celana pendek dan sandal favorit kamu untuk pergi sama pacar ke pantai, main sama temen ke kafe sebelah rumah, atau semacamnya.

Untuk kamu yang nggak terlalu suka pakai celana pendek, cobain lah sekali – kali. Siapa tahu kamu bisa terlihat lebih keren ketika memakai celana pendek. Cewek – cewek pun juga bakalan melirik style kamu yang beda dari cowok – cowok lainnya. Karena sekarang kamu udah tau gimana cara memakai celana pendek dengan baik dan benar, saatnya kamu mencoba sendiri!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya