Penjelasan Lengkap Soal Sulam Bibir. Hemat Waktu, tapi Ada Efek Sampingnya!

Fakta-fakta sulam bibir

Banyak cewek yang butuh waktu cukup lama buat berdandan. Mulai dari pakai bedak, pensil alis, sampai lipstik. Jumlah lipstik yang dikoleksi pun bisa lumayan banyak. Ada yang warna nude, kecokelatan, bahkan merah terang. Kadang-kadang bingung juga harus memilih lipstik yang mana. Apalagi kalau lipstik favoritmu habis, bisa bete deh!

Advertisement

Sebetulnya ada cara praktis supaya kamu nggak perlu pusing lagi ngurusin masalah lipstik, yaitu sulam bibir! Pasti pernah dengar kan cara yang digandrungi banyak cewek ini? Yuk pelajari dulu pengertian, proses, efek samping, dan serba-serbi lainnya seputar sulam bibir. Berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari DokterSehat dan HelloSehat.

Dengan sulam bibir, kamu bisa menghemat waktu saat berdandan. Sebab bibirmu udah kelihatan cerah merona tanpa lipstik

Bye-bye lipstik via www.stocksy.com

Sulam bibir disebut juga tato bibir. Setelah melakukannya, bibirmu bakal kelihatan merah merona tanpa perlu pakai lipstik. Proses ini juga bisa membentuk serat bibir supaya kelihatan alami. Praktis ya! Kamu jadi menghemat waktu dan bujet buat berdandan. Supaya hasilnya bagus, pilihlah warna yang lebih gelap dari warna yang kamu inginkan. Sebab perlahan-lahan pigmentasinya bakal berkurang sehingga warnanya berubah jadi lebih terang.

Bagaimana proses sulam bibir? Setelah dibius, bibirmu bakal disuntik dengan tinta yang warnanya udah dipilih sebelumnya

Bibir disuntik via prelo.co.id

Biasanya bibir dibius dulu supaya nggak merasa sakit. Lalu perlahan-lahan, bibirmu bakal disuntik dengan jarum tipis berisi pigmen warna di beberapa titik yang berbeda. Proses ini bisa memakan waktu 2 sampai 3 jam. Setelah selesai, biasanya bibir bakal ditutup dengan perban steril buat mencegah infeksi. Kamu juga nggak disarankan buat menyikat gigi atau minum apa pun kecuali air putih. Jangan lupa bersihkan bibir dan jaga agar lukanya tetap kering ya.

Advertisement

Ada dua jenis sulam bibir yang bisa dipilih, yaitu sulam bibir nano dan kristal. Keduanya mempunyai hasil yang berbeda

Sebelum dan setelah sulam alis via www.bukalapak.com

Sulam bibir nano cocok buat kamu yang pengen tampil natural. Hasilnya bakal kelihatan alami sesuai warna yang diinginkan. Gimana dengan sulam bibir kristal? Setelah selesai diberi warna, bibirmu bakal ditaburi dengan serbuk kristal atau mutiara. Tujuannya supaya bibir kelihatan lebih berkilau! Kedua proses ini sama bagusnya kok, tergantung keinginan dan kebutuhanmu aja.

Hasil sulam bibir bisa bertahan sampai beberapa tahun. Kalau warnanya udah pudar, kamu bisa melakukan retouch. Siapkan bujet yang cukup ya~

Perubahan warna bibir via m.bukalapak.com

Supaya hasilnya maksimal, lakukan sulam bibir di klinik kecantikan yang terpercaya. Hasilnya bisa bertahan 4 sampai 5 tahun. Lama-lama warnanya bakal memudar, jadi kamu perlu melakukan retouch secara berkala. Berapa sih bujetnya? Tentu beragam sesuai klinik kecantikan, terapis, dan paket yang kamu pilih. Tetapi kira-kira bisa memakan biaya Rp1,5 juta hingga Rp5 juta.

Hati-hati pada efek samping sulam bibir. Kamu bisa terkena infeksi, alergi, bahkan penyakit menular kalau nggak berhati-hati

Advertisement

Hati-hati efek sampingnya via www.abreva.ca

Berikut ini sejumlah efek samping dari sulam bibir:

  • Bibir jadi nggak sehat. Lapisan epidermis yang rusak bisa membuat bibirmu jadi lebih tipis dan sensitif pada makanan panas atau pedas. Bibir juga bisa kering dan pecah-pecah.
  • Bengkak. Efek samping ini terjadi karena bibirmu ditusuk-tusuk jarum selama sulam bibir. Untuk mengatasinya, kompreslah bibir dengan es batu.
  • Alergi. Kalau kamu punya alergi kulit, proses sulam alis bisa memicu kemunculannya.
  • Infeksi. Kamu bisa mengalaminya kalau peralatan sulam bibir yang dipakai nggak steril.
  • Muncul jaringan parut. Kondisi ini bisa dipicu oleh reaksi alergi dan infeksi.
  • Anafilaksis atau reaksi alergi parah yang bisa membahayakan nyawa. Kamu bisa mengalami pembengkakan di seluruh wajah dan sesak napas.
  • Penyakit yang ditularkan melalui darah seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV. Ini bisa terjadi kalau jarum suntik yang digunakan nggak steril.
  • Gangguan pada janin. Zat pewarna yang digunakan bisa masuk ke peredaran darah dan mengganggu perkembangan janin. Maka, ibu hamil nggak boleh melakukan sulam bibir.

Ternyata banyak juga ya efek samping yang bisa terjadi karena sulam bibir. Buat mencegahnya, pastikan kamu memilih klinik kecantikan yang bagus dan terapis yang ahli. Konsultasilah dulu sebelum melakukan sulam bibir supaya prosesnya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Jangan lupa buat mematuhi anjuran dokter, ya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE