5 Merek Fesyen Lokal yang Gaungkan Body Positivity. Di Merek ini Nggak Ada Ukuran ‘All Size’

fesyen lokal dukung body positivity

Saat ini kampanye soal kesehatan mental seperti self love, self care dan sejenisnya memang menjadi topik menarik. Hal ini karena kesadaran soal kesehatan mental mulai dipandang cukup penting bagi kehidupan. Di dunia fesyen sendiri, kampanye yang berhubungan dengan kesehatan mental biasanya mengarah pada body positivity atau semacam gerakan untuk mengajak orang-orang menerima kondisi fisik mereka apa adanya.

Advertisement

Menariknya kini ada sejumlah merek fesyen lokal yang membuat kampanye untuk menegaskan bahwa definisi cantik tidak harus langsing, berkulit terang atau gambaran sempurna lainnya. Sehingga, merek-merek fesyen yang memang mendukung body positivity biasanya menyediakan beragam size dan pilihan warna yang banyak supaya bisa digunakan semua orang. Apa aja nih mereknya?

Kurve, merek fesyen yang fokus memproduksi pakaian basic dengan model minimalis untuk mendukung perempuan mencintai diri sendiri terutama dari segi fisik

Sejak awal berdiri pada tahun 2019, Kurve memang diciptakan berdasarkan nilai yang kuat untuk mendukung para perempuan supaya memiliki kepercayaan diri terutama dalam hal berpenampilan. Hal ini digaungkan melalui kampanye body positivity yang Kurve lakukan untuk mengajak perempuan bisa mencintai dirinya sendiri.

Advertisement

Kurve memiliki pakaian basic berbagai variasi mulai dari atasan, bawahan, bodysuit, dress dan outwear yang semuanya memiliki desain minimalis. Selain itu, banyak sekali pilihan ukuran dan pilihan warna yang cocok dikenakan oleh semua jenis bentuk tubuh dan warna kulit.

Cottonink, merek fesyen yang menegaskan bahwa merasa cantik adalah hak semua orang tanpa melihat latar belakang

Advertisement

Sebagai merek fesyen lokal, Cottonink menyadari bahwa Indonesia memiliki kecantikan yang beragam. Melalui The Everybody Campaign, Cottonink membuat gerakan yang menggarisbawahi bahwa menjadi dan merasa cantik merupakan hak semua orang dengan berbagai latar belakang, termasuk apapun ukuran pakaian yang digunakan.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis pakaian sehari-hari mulai dari beragam celana, kaus, kemeja, outer, dress dan sebagainya dengan berbagai ukuran di sini. Sehingga siapa pun bisa memiliki gaya yang sama, apa pun bentuk tubuhnya.

Jiniso, merek celana jeans lokal yang mengusung body inclusivity dengan menyediakan jeans berbagai ukuran

Saat ini memang tidak banyak merek jeans terutama celana yang menyediakan ukuran plus size. Jiniso hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut terutama bagi perempuan. Sejak awal berdiri, Jiniso memang sudah mengusung body inclusivity untuk produk mereka sehingga Jiniso memiliki variasi ukuran mulai dari 27 hingga 38 untuk setiap model yang diproduksi.

Nggak hanya itu, bahkan Jiniso menggunakan #SizeDontMatter untuk menyebutkan ukuran plus size mereka. Selain celana jeans, Jiniso juga memiliki berbagai pilihan kaus, outer dan kemeja baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Monomolly, merek fesyen yang gaungkan body positivity dengan menyediakan ukuran pakaian untuk berat badan 40-100 kg

Awalnya saat berdiri di tahun 2016 Monomolly belum fokus pada body positivity karena masih menyediakan satu ukuran atau all size. Sayangnya, banyak yang ingin membeli namun tidak muat karena all size tidak bisa digunakan oleh semua ukuran. Akhirnya Monomolly berinovasi dengan menyediakan beberapa ukuran hingga bisa digunakan oleh berat badan 100 kg.

Monomolly juga membuat produk dengan berbagai model yang cocok digunakan oleh semua bentuk tubuh, mulai dari celana kulot, dress, setelan, outer, rok dan sebagainya.

Nipplets, merek fesyen lokal yang memproduksi baju tidur seksi dan pakaian dalam untuk tubuh mungil hingga plus size

Menyadari banyak orang bertubuh plus size kurang percaya diri dengan penampilan seksi mereka, membuat Nipplets memproduksi pakaian tidur seksi untuk semua ukuran. Apalagi saat ini belum banyak pakaian semacam itu untuk pemilik tubuh plus size.

Menariknya bahkan Nipplets menyuarakan kampanye Real People Real Body untuk mendukung kepercayaan diri para perempuan dengan bentuk tubuh apapun saat mengenakan pakaian tidur yang seksi tanpa perlu merasa inscure. Nipplets menyediakan berbagai model pakaian tidur dengan ukuran mulai dari S hingga XXL.

Dukungan untuk kampanye yang menyuarakan body positivity semacam itu memang sangat penting tidak hanya dari segi motivasi saja, tapi juga dari produk-produk yang bisa digunakan oleh semua bentuk tubuh.

Nah, melalui kelima merek fesyen lokal ini tentu banyak orang yang terbantu untuk menyadari bahwa cantik itu tidak punya standar bentuk tubuh. Sebab, apa pun kondisinya setiap orang bisa memiliki gaya yang sama dengan model pakaian yang sama. Wah, keren ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE