Hampir setiap tahun Indonesia mengirim wakil terbaiknya ke ajang bergengsi internasional Miss Universe. Berbagai persiapan selalu dilakukan semaksimal mungkin, salah satunya adalah kostum-kostum yang akan dipakai oleh pemenang dari Puteri Indonesia di ajang kecantikan dunia tersebut. Nah, dari beragam kostum yang akan dikenakan, national costumelah yang jadi sorotan utama.

Tentu khalayak dunia penasaran dengan keunikan apa yang akan Tanah Air pamerkan lantaran Indonesia terkenal dengan budayanya yang beraneka ragam.

Advertisement

Dari berbagai pandangan dan dugaan soal tema kostum apa yang akan dipakai Kezia Waraouw – Puteri Indonesia 2016 yang mewakili Indonesia di 65th Miss Universe, terpilihlah ‘Garuda’ sebagai national costume tahun ini. Intip yuk kostum Garuda keemasan yang akan memukau masyarakat dunia dengan kegemerlapannya ini.

Adalah Dynand Fariz dan tim – orang-orang di balik layar kostum Garuda yang sebelumnya telah memamerkannya saat Jember Fashion Carnaval 2016

pernah diperlihatkan apda Jember Fashion Carnaval 2016

pernah diperlihatkan pada Jember Fashion Carnaval 2016 via www.instagram.com

Kostum Garuda bertema ‘Unity Nation’ ini dikerjakan oleh Dynand Fariz bersama tim untuk memeriahkan Jember Fashion Carnaval 2016. Busana ini dikerjakan kurang lebih selama dua bulan dengan berat 20 kg, sementara kostum Dewi Sinta tahun lalu hanya sekitar 10 kg. Meski terbebani dengan berat dan desain kostum yang cukup ribet, saat konferensi pers ternyata Kezia Warouw tetap memesona para hadirin. Kezia tetap lincah dan anggun berlenggak-lenggok memamerkan national costume Garuda.

Gemerlapnya kostum Garuda ini tak lepas dari material yang digunakan. Tembaga, batu-batuan, dan bahan lainnya yang dibuat secara handmade

Unity Nation

Unity nation via www.instagram.com

Percaya atau tidak, kostum Garuda yang akan ditampilkan oleh Kezia ini ternyata dibuat secara handmade. Walau material bahannya berupa lempengan tembaga, matras yang berhias batu-batuan, dan kerlipan lampu di bagian sayapnya, tidak membuat sang kreator kesulitan untuk menciptakannya dengan tangan. Belum termasuk juga mahkota, celana, dan ornamen burung garuda di bagian belakang sayap serta bawah perut. Hmm… kebayang dong seperti apa pengerjaan yang dilakukan oleh Dynand dan tim?

Advertisement

Dengan sentuhan teknologi dari lampu LED dan kristal di bagian sayap, kostum ini akan menyala saat cahayanya gelap. Nggak kalah keren dengan kostum Katniss Everdeen dalam film The Hunger Games ya!

Warna keemasan menjadi cerminan dari kostum Garuda ini – dengan unsur Indonesia yang menguat berkat tongkat dan bendera merah-putih

makin menguatkan Indonesia

makin menguatkan Indonesia via www.instagram.com

Tak hanya gemerlap Garuda yang mayoritas berwarna emas, tapi juga adanya tongkat dan bendera merah-putih yang akan dibawa oleh Kezia. Dengan tema Unity Nation yang berarti segala perbedaan apapun yang ada di Indonesia tak akan mampu memecah belah persatuan, tongkat dan bendera merah-putih makin menguatkan persatuan itu.

Burung Garuda juga mewakili kedaulatan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar nomor satu di dunia dengan berbagai perbedaan. Perbedaan ini juga memotivasi Indonesia dalam semangat kibaran bendera Merah Putih yang memiliki arti berani dan suci untuk ambil peranan dalam lingkup dunia. – @officialputeriindonesia

Di balik berbagai pujian, ternyata ada cemohan dari netizen tentang kostum ini, lho ….

gimana guys?

gimana Guys? via style.tribunnews.com

Kemegahan dan kekuatan yang diperlihatkan kostum Garuda ini memang mendapat banyak pujian, namun tak pelak memunculkan beragam sentimen negatif. Salah satunya anggapan dari netizen yang menyebut saat Kezia memakai national costume mirip dengan tokoh Dota Legion Commander. Nah, menurutmu bagaimana?

Terlepas dari apapun tanggapan, semoga saat grand final pada 30 Januari 2017 nanti Kezia Warouw dapat memberikan penampilan terbaiknya di 65th Miss Universe ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya