Ini 3 Brand Kosmetik Besar Korea yang Diluncurkan untuk Anak-anak! Antara Gemas atau Sebaliknya?

produk kosmetik khusus anak-anak

Tak hanya terkenal dengan berbagai tayangan K-Drama dan lagu-lagu K-Pop, semua pasti setuju kalau Korea Selatan juga jadi salah satu kiblat make-up raksasa di dunia. Bahkan dilansir dari laman Branding in Asia, Korea Selatan masuk 5 besar eskportir top untuk produk make-up ke berbagai belahan dunia, seperti negara-negara di Eropa, Amerika Utara dan Cina. Nggak cuma menyasar pengguna dewasa dan remaja, di Korea Selatan pun kini produsen kosmetik mulai banyak menargetkan pengguna anak-anak dan praremaja (10-12 tahun) lo!

Advertisement

Sekilas kamu mungkin bakal mengernyitkan kening, tapi banyak pihak yang sepakat ini lebih aman ketimbang anak-anak yang notabenenya dianggap belum cukup umur  malah curi-curi menggunakan produk yang nggak aman dan belum cocok untuk kulitnya. Jadi apa saja nih, produk kosmetik Korea yang lagi booming banget di negara asalnya?

1. Merek kosmetik anak-anak ‘Candy Girl’ dari perusahaan ‘Baby and Child’ mencuri perhatian beberapa waktu lalu karena kampanyenya yang cukup heboh di media sosial Facebook

Bukan cuma sekadar make-up seperti bedak atau lipstik, brand ini bahkan mengeluarkan produk sheet mask tak ubahnya seperti buat kita-kita yang sudah dewasa ini lo! Iklannya dikemas dengan begitu unyu dan menggemaskan. Kemasannya sih jangan ditanya, serba mini pas digenggam anak-anak dan juga penuh motif kartun yang menggemaskan.

2. Shushu pun jadi salah satu produk yang sedang menjamur gerainya di Korea Selatan. Kemasannya pun tak kalah menggemaskan!

Ini buat anak-anak lo! via editorial.femaledaily.com

Nggak cuma make-up, lini kosmetik ini juga mengeluarkan produk yang serupa dengan perawatan remaja dan dewasa yaitu sheet mask lo. Yang bikin heboh adalah brand ini mengampanyekan penggunaan make-up dengan model anak umur 6 tahun berseragam sekolah sedang menggunakan lipstik dan bahkan muncul dengan tagline “Aku melihat ibuku dan menirunya. Aku sudah tumbuh besar sekarang.” dalam sebuah papan iklan billboard, dilansir dari laman The Washington Post.

Advertisement

3. Puttisu pun jadi salah satu brand kecantikan yang diluncurkan untuk anak-anak dan konon aman digunakan sejak anak-anak masih 3 tahun. Wow!

Lucu-lucu deh kemasannya~ via www.buykorea.or.kr

Punya kemasan yang lucu menggemaskan, brand ini pun bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga ke Thailand akhir tahun lalu. Brand ini nggak cuma menawarkan kosmetik biasa seperti lipstik dan bedak tapi juga kuteks yang aman. Produk ini pun mengklaim diri mereka hanya menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk anak-anak. Hmm, menurut kamu gimana nih, Gengs?

Meski terlihat seru dan menarik, peluncuran berbagai kosmetik yang ditargetkan untuk anak-anak ini pun memicu kontroversi. Di sisi lain, kosmetik lucu ini bisa jadi sekadar alat bermain yang fun dan aman, demi anak-anak itu nggak mengacak-ngacak make-up ibunya. Namun seperti yang kita tahu, standar penampilan itu sangat tinggi di Korea sehingga mendorong banyak orang entah cewek atau cowok untuk memperhatikan ‘keindahan fisik’ mereka ekstra keras, bahkan lebih keras daripada soal pendidikan yang sebenarnya pun sudah cukup membuat stres.

Advertisement

Dengan kemunculan kampanye kecantikan untuk anak-anak di bawah umur, bukan mustahil ini dapat menjadi semacam tekanan untuk semakin terobsesi peduli pada ‘kecantikan’, meski kamu baru duduk di bangku TK atau SD. Bukan mustahil kan, sekadar seragam licin disetrika dan rambut rapi dikuncir itu nggak cukup lagi untuk merasa tampil ‘layak’? Beranjak gede, keinginan untuk kecantikan lebih pun bisa saja untuk makin memuncak, karena bedak dan lipstik sudah terasa ‘biasa’ dan kurang spesial. Belum lagi, kulit anak-anak yang masih kinyis-kinyis itu terpaksa harus terpapar aneka produk kecantikan sedari dini.

Duh, kalau Hipwee sih mending make-up begini jadi mainan saja lah dulu, untuk sehari-hari sih mending nggak usah terlalu serius yaaa~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE