Ngomongin soal style dan fashion, memang nggak ada habisnya. Perkembangannya yang pesat membuatnya semakin gencar dicari dan ditiru, khususnya bagi para kaum hawa. Zaskia Adya Mecca misalnya, Ibu muda yang sudah dikaruniai tiga anak ini tak pernah absen untuk berkontribusi di dunia fashion, terutama yang berkaitan dengan muslimah berhijab. Gaya Zaskia pun banyak dicontoh para wanita yang ingin tampil chic namun tetap santun.

Iya sih udah punya anak tiga, tapi stylenya itu lho.. bikin iri aja.

Advertisement

Biar kamu para calon ibu muda nggak penasaran, yuk contek gaya Zaskia Adya Mecca dalam perpenampilan bersama Hipwee Style!

1. Supaya mendukung tampilan casual-mu, padukan saja kemeja putih polos, celana longgar, serta hijab berwarna coklat.

tampil casual dengan putih dan coklat

tampil casual dengan putih dan coklat via instagram.com

Tampil lebih casual itu nggak susah, kok. Kamu cukup mengenakan atasan berwarna netral seperti hitam atau putih. Kalau sudah, lengkapi juga dengan bawahan berwarna soft atau pastel, agar tidak terlalu formal.

2. Status boleh saja calon ibu muda, tapi pakai sepatu sneakers dan cardigan panjang tetap sah-sah saja.

pakai sneakers? oke-oke aja kok

pakai sneakers? oke-oke aja kok via instagram.com

Sepatu sneakers itu ‘dewa’, lho. Hampir setiap acara non/semi formal yang akan kamu kunjungi, bisa tampak lebih simpel dengan sneakers yang lekat dengan kepribadian ABG ini. Tak ada masalah jika kamu memang enggan untuk move on dari sepatu ini, asalkan bisa memadukan busana yang sesuai.

3. Supaya tetap santun, kamu bisa memadukan blouse panjang dan celana jeans longgar. Calon ibu muda pun harus memberi contoh yang baik, ya ~

celana jeans itu nggak apa-apa, asal longgar

celana jeans itu nggak apa-apa, asal longgar via instagram.com

Advertisement

Bagi yang berhijab, memakai celana jeans itu memang banyak mengundang kontra. Memperlihatkan lekuk tubuh dan terlalu ketatlah yang selalu menjadi pemicu utamanya. Untuk meminialisirnya, kamu bisa memakai celana jeans longgar dan blouse panjang yang menutupi pantat dan lekukan tubuh. Simpel kok, Bu.

4. Sesekali, coba deh bereksplorasi dengan warna-warna pastel pada bajumu. Percantik juga dengan hijab bermotif lucu ya, Buibu.

warna pastel yang ciamik!

warna pastel yang ciamik! via instagram.com

Tidak perlu risau kalau atasan, bawahan dan hijab yang berbeda warna asal kamu pandai memadukan ketiganya. Seperti gaya pastel yang ditampilkan Bu Zaskia ini, celana ungu muda, blouse cream dan jilbab bermotif bunga tampak lebih serasi karena mix and match yang pas. Yang penting, jangan terlalu ramai dalam pemilihan warnanya aja sih.

5. Perpaduan cardigan bergaris dan celana gelap ala ibu muda ini, menandakan kalau warna hitam & putih itu nggak melulu formal.

black and white is magic!

black and white is magic! via instagram.com

Buang jauh-jauh anggapan kalau warna hitam dan putih itu kaku dan terlalu formal! Jika kamu jeli memadukan motifnya, warna netral ini justru akan menampilkan kesan sederhana pada dirimu.

Atau style hitam putih yang ini nih…

atau hitam putih yang ini nih..

atau hitam putih yang ini nih.. via instagram.com

Bedanya cuma pakai syal aja nih…

6. Kalau kurang PD pakai warna cerah, kamu bisa memulainya dengan perpaduan warna biru dan coklat muda ini. Dijamin makin oke deh ~

balik lagi ke warna pastel

balik lagi ke warna pastel via instagram.com

FYI : Jangan asal juga memilih warna birunya. Pilih warna biru muda atau pastel supaya tetap chic nan sederhana.

Ada alternatif lain nih biar tambah PD, yaitu kemeja longgar biru bermotif.

alternatif lain untuk warna biru

alternatif lain untuk warna biru via instagram.com

Kali ini, kamu bisa menggabungkan kemeja biru berpotongan longgar dengan celana dan hijab abu-abu. Duh, manisnya…

7. Tampil lebih awet muda dan trendi, memadukan jaket jeans dengan inner berwarna putih adalah cara terbaik.

pakai jaket jeans, it's okay

pakai jaket jeans, it’s okay via instagram.com

Meskipun jaket jeans tak populer di tahun 2000-an, kamu sebagai calon ibu muda masih bisa tampil oke dengan perpaduan yang tepat, kok. Kesan trendi nan awet muda bisa dengan gampang kamu tonjolkan, asalkan baju dalaman (inner) yang dikenakan tidak terlalu mencolok.

8. Kini, tampilanmu dengan baju batik akan lebih berwarna namun sopan dengan tambahan warna-warna kalem di dalamnya.

ini nih cara mix and match atasan batik

ini nih cara mix and match atasan batik via instagram.com

Pergi ke kantor, seminar, kondangan atau acara-acara formal lainnya memang bagus kalau mengenakan batik. Nggak cuma sopan, tapi juga mengisyaratkan kesan rapi. Sekarang, kamu bisa bereksperimen dengan baju batik yang dipercantik oleh warna-warna kalem pada bawahan, tas, sepatu atau bahkan jilbabnya. Seru, ya?

9. Buat calon ibu muda yang nggak anti ribet, memakai sweater berwarna cerah dengan celana putih juga cukup memberi kesan stylish, lho.

calon ibu muda pakai sweater

calon ibu muda pakai sweater

Menikmati waktu santai atau musim hujan memang paling pas dengan pakaian-pakaian yang anti ribet. Outfit ‘sekali masuk’ tanpa embel-embel apapun, bisa jadi alternatif paling pas. Sweater dan celana panjang ini misalnya, simpel tapi stylish banget ‘kan?

10. Kalau sempat, coba deh gaya Zaskia dengan tartan kotak-kotak yang anti mainstream ini. Sekali-kali kelihatan unik nggak apa-apa lah ~

gaya baru dengan tartan

gaya baru dengan tartan via instagram.com

Untuk gaya yang satu ini, modal yang kamu butuh cuma PD dan berani aja. Tartan kotak-kotak yang nggak semua orang suka ini, bisa apik kamu padukan dengan kaus-kaus oblong santai atau celana jogger berbahan dingin.

11. Jadilah calon ibu muda yang modern dan berani tampil beda! Outer pada outfit inilah salah satu kuncinya.

dengan vest, kamu akan tampak lebih chic

dengan vest, kamu akan tampak lebih chic via instagram.com

Outer (luaran, rompi, cardigan) ini memang sedang hits di kalangan penikmat fashion. Modelnya yang flesksibel dan modern, membuat siapa saja yang memakainya akan tampak lebih cantik. Bukan cuma untuk acara formal, pergi hangout atau acara non-formal lain nggak kalah oke kalau pakai tampilan ala Bia ini.

12. Baju khusus untuk ngantor atau bekerja juga nggak boleh itu-itu aja. Tampilkan kesan formal yang nggak biasa dengan setelan blazer ini, yuk!

pergi kerja yuk...

pergi kerja yuk… via instagram.com

Baju formal yang biasa kamu pakai untuk ke kantor atau pergi bekerja itu bukan berarti kaku, ya. Warna dan motif tertentu yang akan menunjang penampilanmu juga harus diperhatikan. Tidak harus mahal dengan puluhan aksesoris, kamu hanya cukup memadukan setelan blazer dan jilbab yang sederhana dengan kalung sebagai pelengkapnya.

Gimana nih buibu? Gaya Zaskia mana nih yang mau dicoba duluan? Share di kolom komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya