Jenis-jenis Face Oil untuk Atasi Kulit Kering Agar Makin Lembap dan Sehat. Apa Aja?

Jenis-jenis face oil

Beragamnya tipe kulit wajah membuat permasalahan kulit wajah juga semakin beragam. Ada yang memiliki masalah jerawat, noda hitam, komedo, bahkan kulit wajah yang kering. Permasalahan ini kerap membuat kita kurang percaya diri dengan penampilan.

Advertisement

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah kulit kering, kali ini Hipwee Style akan membahas tentang jenis-jenis face oil yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Pertama, ada argan oil yang memiliki kandungan antioksidan untuk melembapkan kulit wajah dan meringankan gejala dermatitis atopik

Minyak argan | Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Argan oil terbuat dari ekstrak biji pohon argan yang tumbuh di daratan Maroko. Minyak argan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memberikan kelembapan karena memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dari vitamin E. Kandungan tersebut dapat membantu memberikan kelembapan dan efek menenangkan pada kulit.

Hasil studi dari Indian Dermatology Online Journal pada tahun 2016 juga mengatakan kalau argan oil  bisa membantu mengatasi gejala dermatitis atopik.

Advertisement

2. Olive oil atau minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang bisa membantu membuat kulit semakin lembap

Minyak zaitun | Photo by Dimitri Karastelev on Unsplash

Olive oil merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun yang sering disebut dengan minyak zaitun. Minyak ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit wajah. Hasil publikasi studi dari Nanomaterials and Nanotechnology Journal menunjukkan bahwa kandungan vitamin E pada minyak zaitun bisa mengatasi kulit kering dan meningkatkan kelembapan kulit.

3. Produk minyak wajah yang terbuat dari coconut oil juga mampu mengatasi permasalahan kulit seperti eksim

Minyak kelapa | Photo by Rio Lecatompessy on Unsplash

Coconut oil atau minyak kelapa dapat membantu menjaga kulit wajah agar tetap lembap dan terhidrasi. Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi pada minyak kelapa juga bisa membantu mengatasi beberapa permasakahan kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

4. Sunflower seed oil bisa membantu melindungi skin barrier dan mempertahankan kelembapan kulit lo!

Minyak biji bunga matahari | Photo by Poko Skincare on Unsplash

Sunflower seed oil atau minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tinggiyang berfungsi untuk melindungi skin barrier dan mempertahankan kelembapan kulit wajah. Selain itu, minyak biji bunga matahari juga bisa membantu mengurangi gejala dermatitis atopik.

Advertisement

5. Kandungan asam lemak esensial pada grapeseed oil juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan melembutkannya

Minyak biji anggur | Photo by Sonia Roselli on Unsplash

Grapeseed oil atau minyak biji anggur juga memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak esensial untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Asam lemak esensial dapat mencegah terjadinya kehilangan air transepidermal atau dehidrasi kulit karena penguapan. Kandungan tersebut juga bisa membantu menghaluskan dan melembutkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin E juga dapat membantu mempertahankan skin barrier dan kelembapan kulit wajah.

6. Terakhir, ada jojoba oil yang punya khasiat untuk mengobati berbagai macam permasalahan pada kulit

Minyak jojoba | Photo by Content Pixie on Unsplash

Jojoba oil adalah minyak yang terbuat dari ekstrak biji tanaman jojoba yang banyak tumbuh di Amerika Utara. Hasil publikasi dalam International Journal of Cosmetic Science menunjukan bahwa jojoba oil memiliki sifat humektan yang dapat menarik air ke lapisan atas kulit, sehingga membantu menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi.

Selain itu, mengaplikasikan minyak jojoba pada wajah juga dapat membantu meringankan gejala eksim, psoriasis, dan kondisi kulit kering lainnya.

Intinya, keenam minyak wajah yang berasal dari berbagai tanaman ini mayoritas memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi kulit kering pada wajah. Saat ini juga sudah banyak produk skincare yang mengeluarkan face oil untuk pemilik kulit kering yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE