Asal-usul Kalung Berlian Riviere yang Viral Dipakai Sejumlah Seleb. Ternyata Ada Sejarahnya!

Kalung riviere adalah

Bagi sebagian orang, perhiasan nggak sekadar jadi aksesori yang menunjang penampilan saja. Perhiasan juga sering dianggap memiliki makna penting tersendiri, baik itu dilihat dari bahan, model dan pembuatannya. Nggak heran jika ada yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan perhiasan yang didesain istimewa. Seperti kalung berlian riviere yang sempat viral karena dikenakan sejumlah seleb tanah air baru-baru ini.

Advertisement

Kalung riviere yang dikenakan Nagita Slavina dan Aurel Hermansyah saat pernikahan memang cukup menyita perhatian publik. Apalagi saat Vanessa Angel serta Ayu Ting Ting  juga mengenakan kalung tersebut di momen ulang tahun mereka. Selain harganya yang cukup fantastis, yakni mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah, kalung dari berlian reviere tersebut ternyata punya sejarah yang cukup panjang lo. Penasaran bagaimana asal-usul kalung riviere ini dan apa maknanya? Yuk simak info berikut!

Kalung berlian riviere pertama di dunia merupakan hadiah yang diberikan oleh Napoleon pada istri keduanya pada tahun 1881

Kalung berlian riviere disebut juga tennis, listring, eternity dan line. Berlian yang dikenal sangat mewah dan sering dijadikan hadiah untuk orang-orang spesial ini ternyata sudah ada sejak zaman Napoleon. Dilansir dari Natural Diamonds, kalung berlian riviere pertama kali diberikan Napoleon pada istri keduanya, Marie Loise sebagai hadiah atas kelahiran putra mereka, Napoleon II pada tahun 1811. Kalung 263 karat dan terdiri dari 28 butir berlian tersebut dibuat oleh pengrajin perhiasan terkenal, Paris Ettienne Nitot.

Advertisement

Bentuk awalnya memang cukup jauh dengan kalung riviere yang terkenal saat ini. Kalung milik Marie Loise tersebut cenderung berbentuk seperti buah pir dengan gaya desain choker. Bentuknya yang saling menyambung antar butiran berlian, membuat kalung ini dimaknai seperti sungai yang membawa kedamaian. Sehingga kalung ini dinamakan riviere atau berasal dari pengucapan ‘river’ dalam bahasa Inggris dan ‘ree-vyer’ dalam bahasa Prancis. Saat ini kalung riviere pertama di dunia tersebut disimpan di Museum Smithsonian sebagai benda koleksi kekaisaran.

Kalung berlian riviere pun cukup populer di kalangan bangsawan Inggris dan pesohor di Hollywood sekitar tahun 1900-an

Advertisement

Menurut catatan sejarah, berlian riviere memang terkenal dengan makna kedamaian dan cinta kasih sejak zaman Napoleon. Hal tersebut membuat perhiasan ini diminati di kalangan bangsawan Inggris. Seperti Ratu Mary yang memiliki set berlian riviere 100 karat yang dibuat pada tahun 1900-an. Kemudian kalung tersebut diwariskan pada Putri Margaret, saudara perempuan Ratu Elizabeth II.

Sementara itu di Hollywood pun demikian, kalung riviere ini dijadikan tren berbusana di berbagai pesta malam pada era yang sama. Bahkan hingga saat ini, kalung riviere menjadi favorit seleb Hollywood. Sederet bintang seperti Jennifer Lawrence, Dakota Johnson, Angelina Jolie, hingga Zoe Kravitz juga mengenakan perhiasan legendaris ini di berbagai acara formal.

Di dunia barat saat ini, kalung riviere sudah berevolusi dengan model yang lebih sederhana dan nggak hanya dikenakan untuk gaya formal saja

Kalung riviere kini berevolusi dengan menghilangkan gaya formal yang dahulu sangat populer di kalangan bangsawan. Saat ini, model riviere yang banyak diminati lebih sederhana tanpa ada tambahan berlian yang menggantung. Sehingga kalung riviere saat ini banyak dipakai para seleb dengan gaya santai, hanya dipadukan dengan jeans dan kaus, jauh dari kesan glamour. Bahkan beberapa seleb juga mengenakan kalung riviere ini saat olahraga, seperti behati Prinsloo dan Gigi Hadid.

Perubahan gaya pemakai ini ternyata juga memengaruhi penyebutannya. Kalung riviere saat ini juga sering disebut eternity atau keabadian. Ada yang mengebut line atau garis, karena butiran berlian disusun menjadi bentuk garis. Selain itu ada pula yang menyebut berlian tenis, karena pernah populer di kalangan penggiat olahraga.

Di Indonesia sendiri, kalung riviere dikenakan oleh sejumlah seleb papan atas dalam acara penting seperti pernikahan dan ulang tahun

Kalung riviere memang baru saja menjadi perbincangan warganet Indonesia. Pasalnya, kalung riviere dengan model yang sama dengan milik Nagita Slavina juga dikenakan oleh Ayu Ting Ting sebagai hadiah ulang tahun dari ibunda. Pasalnya, hubungan Nagita dan Ayu yang renggang memicu komentar warganet yang menilai Ayu ikut-ikutan gaya Nagita. Sehingga kalung reviere akhirnya viral di media sosial Indonesia. Namun, kalung mewah yang dibandrol dengan harga fantastis tersebut juga dikenakan seleb lain lo. Diketahui bahwa Aurel Hermansyah, juga mengenakan kalung reviere dengan model yang sama saat prosesi ijab di pernikahannya. Vanessa Angel juga memiliki kalung reviere yang sama dari kerabatnya.

Nah, itulah asal-usul kalung reviere yang sarat makna. Karena cerita sejarahnya yang cukup panjang dan dimaknai nggak hanya sebagai perhiasan belaka tapi juga simbol keabadian dan kedamaian, kalung ini dinilai wajar jika memiliki harga yang cukup fantastis. Apakah kamu juga tertarik untuk memilikinya? Kalau Hipwee mungkin cukup puas lihat di foto aja dulu :’)

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE