4 Kandungan Skincare Paling Populer di Tahun 2021

Kandungan skincare populer 2021

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, tren kecantikan juga semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan banyaknya penelitian terhadap kandungan skincare yang semakin beragam dan mampu memberikan manfaat yang lebih baik untuk berbagai masalah kulit. Siapa nih yang suka coba-coba kandungan skincare baru atau yang lagi ngetren?

Advertisement

Biasanya orang mencoba kandungan skincare karena review atau rekomendasi yang didapat dari berbagai media. Nah, di tahun 2021 ini ternyata ada beberapa kandungan skincare yang cukup populer karena manfaatnya dan ramai dicoba oleh para beauty influencer. Hal ini membuat berbagai merek juga merilis produk dengan kandungan tersebut. Apa saja kandungan skincare terpopuler di 2021?

1. Retinol, Kandungan skincare paling populer sejak beberapa tahun terakhir karena manfaatnya yang cukup efektif sebagai anti-aging

Serum | Credit by fiskez on depositphoto

Kandungan skincare ini biasanya berbentuk krim wajah, serum dan toner yang cukup populer dan banyak digunakan merek-merek skincare ternama. Retinol merupakan turunan dari vitamin A sehingga efektif merangsang pergantian sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen. Kandungan antioksdiannya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Melansir dari Healthline, retinol termasuk bahan aktif dan cukup kuat untuk mengatasi tanda penuaan dan masalah jerawat. Namun, penggunaan retinol sering kali menimbulkan iritasi karena ketidakmampuan kulit dalam menyerap bahan aktif tersebut. Sehingga, perlu hati-hati nih saat memakai retinol apalagi jika kulitmu termasuk sensitif.

Advertisement

Beberapa produk skincare mengandung retinol paling populer yang bisa kamu coba diantaranya The Ordinari Retinol 0,5% in Squalane, Dear Me Beauty Retinol + Blueberry Extract Face Serum, Avoskin Miraculous Retinol Toner, dan Somethinc Level 1% Retinol.

2. Bakuchiol, bahan skincare yang memiliki manfaat mirip retinol tapi terbuat dari ekstrak tanaman dan relatif lebih aman untuk kulit sensitif

bahan dasar bakuchiol | Credit by 22ImageStudio on depositphoto

Bagi kamu yang nggak cocok menggunakan retinol, bakuchiol menjadi alternatif yang bisa kamu coba karena memiliki manfaat anti-aging yang sama. Bakuchiol merupakan vegan friendly karena terbuat dari daun dan biji tanaman Psoralea Corylifolia. Bahan kimia alami ini berupa antioksidan kuat seperti retinol.

Advertisement

Melansir dari Allure, bakuchiol berkhasiat untuk melembutkan kulit, memudarkan noda hitam, merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit sehingga tampak lebih glowing dan awet muda. Kandungan bahan alaminya membuat bakuchiol cukup aman digunakan pada kulit sensitif dan minim iritasi.

Beberapa produk skincare mengandung bakuchiol paling populer yang bisa kamu coba diantaranya Lacoco 5% Bakuchiol Essence, Bloomka Bakuchiol + Vitamin B3 Facial Treatment Serum dan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

3. Polyhydroxy Acids atau PHA, kandungan skincare yang mirip dengan AHA dan BHA tapi lebih lembut dan paling minim iritasi

Serum | Credit by Freepik on Freepik

PHA pada skincare biasanya berbentuk krim wajah, toner dan serum yang diformulasikan untuk semua jenis kulit. Melansir dari Healthline, banyak penelitian telah mengungkap bahwa PHA mampu melembapkan, meregenerasi kulit dengan formula yang lembut sehingga sangat minim iritasi dan aman untuk kulit sensitif. PHA ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan kulita wajah yang lembap, ternutrisi dan glowing alami.

Beberapa produk skincare mengandung PHA paling populer yang bisa kamu coba diantaranya COSRX PHA Moisture Renewal Power Cream, Avoskin Miraculous Refining Toner, Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner.

4. Mugwort, kandungan skincare yang makin popular di 2021 karena mampu mengatasi masalah kulit kering, kemerahan dan bruntusan

Mugwort | Credit by 13-smile on depositphoto

Kandungan skincare ini sangat populer di negara-negara Asia seperti, Korea, Jepang, Tiongkok dan Indonesia. Mugwort sendiri sebenarnya merupakan tanaman yang sering disebut ‘the next centella asiatica’ karena memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup efektif mengatasi berbagai masalah kulit kering dan sensitif. Selain itu, kandungan antioksidannya juga bisa melindungi kulit dari dari radikal bebas.

Beberapa produk skincare mengandung mugwort paling populer yang bisa kamu coba diantaranya Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask, I’m From Mugwort Essence, dan Avoskin Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort.

Dari kelima kandungan skincare yang populer di tahun ini, mana nih yang sudah kamu coba dan rasakan manfaatnya? Atau adakah yang bikin penasaran tapi masih belum yakin mencobanya? Mengikuti tren skincare memang seru, tapi kita juga harus hati-hati karena nggak semua kandungan skincare yang populer bisa cocok di kulit kita.

Beauty, skincare, tren, perawatan kulit

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE