Ini Alasannya Kantong Celana Jeans Cewek Lebih Kecil dari Celana Cowok

kantong jeans kecil

Bagi SoHip cewek, pernah nggak kamu merasa kesal karena kesulitan memasukkan atau mengambil benda di kantong celana jeans-mu? Sebenarnya hal ini cukup umum terjadi, karena sebagian besar merek jeans memang membuat kantong milik cewek dengan ukuran kecil. Padahal, jika kita bandingkan dengan jeans cowok dengan ukuran dan merek yang sama, kantong jeans cowok lebih lebar. Hmm, kok bisa ya?

Advertisement

Kantong jeans cowok biasanya muat untuk ponsel, dompet dan kunci mobil, sementara milik cewek untuk menyimpan uang kertas saja kadang cukup sulit saat mengambilnya. Beberapa survei dan pengamatan ahli fesyen telah mengungkap alasan di balik perbedaan ukuran kantong celana jeans cewek dan cowok. Penasaran apa saja alasannya? Yuk simak informasi yang sudah Hipwee Style rangkum berikut!

1. Sebagian besar merek jeans sengaja membuat perbedaan ukuran kantong celana cewek dan cowok karena alasan harga

Harga celana jeans cowok lebih mahal | Credit by KostyaKlimenko on depositphoto

Buat kamu yang suka membanding-bandingkan harga, mungkin cukup paham dengan harga pakaian cowok yang lebih mahal dari pada cewek. Termasuk celana jeans, coba deh bandingkan harganya dari merek dan ukuran yang sama. Sebuah survei global dari Fashion Product and Consumer 2019 telah mengungkap jika harga rata-rata harga jeans cowok lebih mahal dari jeans cewek.

Hal ini pun diungkap oleh Emelly Keller, seorang desainer yang menyatakan mereknya memang membuat kantong jeans cewek dengan ukuran lebih kecil daripada cowok karena pertimbangan harganya yang lebih murah. Bahkan beberapa model jeans memiliki kantong yang sangat sempit untuk menghemat biaya produksi.

Advertisement

2. Bahan celana jeans cewek biasanya relatif lebih tipis dari jeans cowok, jadi sengaja kantongnya dibuat lebih kecil untuk menyesuaikan bahan

Bahan jeans cowok lebih tebal | Credit by Belchonock on depositphoto

Selain soal harga, ternyata juga berpengaruh pada pemilihan bahan. Meski dibuat oleh merek yang sama, bahan jeans cewek dan cowok cukup berbeda. Biasanya jeans cewek lebih tipis karena selain alasan harga, cewek biasanya senang berganti-ganti celana sehingga jeans tipis menjadi pilihan bahan yang tepat.

Sementara cowok lebih senang menggunakan celana yang sama beberapa kali, sehingga butuh bahan yang lebih tebal. Nah, untuk mengimbangi bahan inilah, kantong jeans cewek dibuat lebih kecil karena menyesuaikan bahannya. Sementara kantong jeans cowok lebih lebar karena menyesuaikan bahannya pula yang lebih tebal, dan supaya lebih awet.

3. Fungsi bagi pengguna menjadi alasan yang cukup logis mengingat cowok lebih sering menyimpan barang di dalam kantong celana daripada cewek

Advertisement

Cowok lebih sering menyimpan dompet di kantong jeans | Credit by Shigapov on depositphoto

Coba perhatikan deh, lebih sering lihat cewek atau cowok yang menyimpan dompet di kantong belakang celana jeans?~

Kebiasan cowok yang simpel saat membawa barang membuat mereka lebih sering menyimpannya di kantong celana. Sementara cewek kebanyakan terbiasa membawa barang lebih banyak dan senang menggunakan tas. Hal ini menjadi pertimbangan bahwa kantong yang lebar lebih diperlukan oleh cowok daripada cewek. Sehingga, kantong celana jeans didesain untuk mengutamakan fungsinya bagi pengguna.

4. Pertimbangan estetika atau keindahan model pakaian menjadi alasan kenapa kantong celana jeans cewek dibuat kecil

Jeans cewek lebih bagus kalau kantongnya kecil | Credit by KarynaChe on depositphoto

Cewek dan cowok memiliki bentuk lekuk tubuh yang berbeda, sehingga secara garis besar pakaian cewek dan cowok memiliki model yang berbeda meski dengan ukuran dan merek yang sama. Model yang berbeda membuat potongannya pun berbeda, sehingga membuat ukuran kantongnya pun berbeda.

Bayangkan saja jika celana jeans cewek yang umumnya memiliki model yang ramping kemudian diberi kantong yang lebar. Kain lapisan saku akan menekuk-nekuk dan menggumpal saat dikenakan, sehingga membuat penampilan jadi kurang rapi. Apalagi jika digunakan untuk menyimpan benda, maka akan terlihat tonjolan dengan jelas

5. Alasan kenyamanan menjadi pertimbangan pembuatan ukuran kantong celana jeans yang berbeda

Kenyamanan | Credit by NinaMalyna on depositphoto

Selain modelnya, alasan kenyamanan pun jadi pertimbangan perbedaan ukuran kantong ini. Melansir dari The Sun, 48% kantong celana jeans cewek lebih kecil dari cowok karena pertimbangan kenyamanan saat dikenakan. Model celana jeans cewek yang biasanya lebih ramping membuatnya nggak nyaman saat dikenakan jika memiliki kantong yang lebar karena akan terasa mengganjal.

Dari kelima alasan di atas semoga bisa menjelaskan dan memberi pemahaman ya, kalau ukuran kantong celana jeans memiliki pertimbangan dari segi fungsi, keindahan, juga kenyamanan. Jika kamu para cewek yang butuh kantong jeans lebar, bisa pilih model-model celana unisex sehingga bisa lebih nyaman dikenakan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE