Mengulik Salah Kaprah Kulit Glowing Bareng dr. Mita Sp.KK. Ternyata Belum Pasti Sehat!

Cara merawat kulit glowing sehat

Memiliki kulit glowing menjadi salah satu idaman banyak wanita, apalagi setelah bermunculan berbagai iklan dan paparan media yang sering menampilkan wajah putih, mulus, bersinar tanpa cela sebagai gambaran ideal kulit yang ‘bagus’. Istilah glowing tersebut membuat banyak perempuan berlomba untuk memiliki kulit bercahaya, kadang sampai rela melakukan segalanya tanpa mempertimbangkan risiko menyeramkan yang mungkin mengikuti di belakangnya.

Untuk menghindari risiko karena memilih perawatan wajah yang menjanjikan kulit glowing, ada baiknya kamu menambah pengetahuan mengenai hal ini. Hipwee ngobrol dengan dr. Listya Paramita (Mita) Sp. KK untuk meluruskan beberapa hal terkait kulit glowing.

Glowing skin ternyata bukan istilah yang dikenal oleh medis, kondisi ini cuma efek dari keadaan tertentu pada kulit

Glowing/ Credit: benzoix on Freepik via www.freepik.com

Glowing dan radiant skin merupakan istilah yang populer namun ternyata bukan istilah medis. Baik di jurnal ilmiah maupun di textbook, istilah ini belum pernah muncul sehingga tak ada tolok ukur untuk menyebut suatu kulit bisa dikatakan glowing. Alih-alih, menurut dr. Mita, kata-kata tersebut kerap digunakan untuk tujuan marketing semata. Meskipun demikian, dermatologis mengenal istilah healthy skin.

“Dokter kulit sendiri nggak tahu apa itu glowing skin karena nggak ada benchmark secara terminologi. Nggak pernah ada konsensus dari kami tentang kulit glowing. Kulit sehat, itu ada.”

Ketika kulit dalam keadaan sehat, tone kulit akan terpancar sehingga terlihat lebih radiant namun tetap sesuai dengan warna asli kulit kita. Warna kulit ini juga tidak bisa digunakan sebagai tolok ukur suatu kulit bisa dikatakan sehat atau tidak. Kulit sehat tak melulu harus berwarna putih maupun mengkilap.

Meskipun begitu, keadaan yang disebut glowing bisa jadi salah satu efek dari kulit yang sehat. Ketika kulit halus dan memiliki permukaan yang rata maka cahaya akan memantul dengan lebih baik dan menghasilkan efek bersinar tersebut.

Untuk mengidentifikasi apakah suatu kulit bisa dikatakan sehat, ada beberapa ciri-ciri kulit sehat yang bisa diperhatikan

Kulit sehat/ Credit: senivpetro on Freepik via www.freepik.com

Ternyata, untuk mengetahui apakah kulit kita sehat, kita bisa mengeceknya sendiri tanpa perlu ke dokter lo. Beberapa ciri berikut bisa mulai diperhatikan untuk mengetahuinya:

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis