4 Cara Cerdas Maksimalkan Skincare yang Kamu Beli di Minimarket

Maksimalkan skincare minimarket

Beragam merek dan harga skincare membuat banyak penggunanya kadang bingung untuk menentukan produk yang akan digunakan. Banyak yang yang berpendapat kalau produk mahal yang dibeli di butik kosmetik pasti hasilnya lebih bagus. Nggak sepenuhnya salah dan nggak sepenuhnya benar karena semua tergantung kulit dan pemakaian. Tanpa mendiskreditkan produk murah (atau mahal), faktanya faktor jenis kulit dan ketelatenan memegang peran penting dalam hal ngefek atau nggaknya produk perawatan.

Advertisement

Nah, untuk yang bujetnya ngepas dan lebih suka belanja produk perawatan kulit di minimarket/supermarket, yakinlah bahwa untuk mendapatkan kulit yang glowing nggak melulu dengan produk yang harganya mahal kok. Kamu juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan menggunakan produk yang dijual di minimarket. Kamu bisa memaksimalkan penggunaannya supaya produk skincare-mu menyerap dengan baik. Kira-kira cara apa saja ya yang bisa membuat skincare bekerja secara maksimal? Yuk simak ulasan Hipwee Style berikut!

Sebelum mulai menggunakan rangkaian skincare, kamu perlu memahami jenis kulitmu supaya bisa menemukan bahan-bahan yang cocok

Tipe kulit wajah _ Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Melansir dari laman Alodokter, terdapat lima tipe kulit wajah mulai dari kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif, dan juga kombinasi. Mengenali tipe kulit wajah ini sangat penting supaya kamu bisa lebih mudah menemukan produk yang sesuai dan terhindar dari ikut-ikutan membeli skincare cuma karena produknya sedang tren, padahal nggak sesuai dengan tipe kulitmu.

Misalnya, kamu memiliki tipe kulit yang kering, maka kamu bisa gunakan sabun pencuci wajah yang mengandung gliserin supaya bisa membantu melembapkan kulitmu. Begitu juga untuk tipe kulit wajah yang lainnya. Setelah kamu tahu tipe kulit wajah dan bahan skincare yang cocok, kamu bisa lanjut survei dan memilah beragam produk yang ada di minimarket.

Advertisement

Melansir dari laman Healthline, kamu juga perlu mengecek kandungan bahan aktif dalam produk skincare, karena konsentrasi bahan aktif yang terlalu rendah juga bisa menjadi faktor yang membuat skincare-mu nggak bekerja secara maksimal.

Supaya bisa memberikan efek yang baik untuk kulit, kamu perlu menggunakan skincare dengan urutan formula yang sesuai

Urutan pemakaian skincare | Photo by Ray Piedra from Pexels

Banyak sekali hal yang harus diperhatikan supaya skincare yang kamu gunakan bisa bermanfaat untuk kulitmu. Setelah kamu membeli produk yang sesuai dengan tipe kulit, kamu bisa menyimpannya di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Melansir dari laman Healthline, menyimpan produk di tempat yang terlalu lembap juga bisa mengubah efektivitas produk tersebut lo.

Kamu bisa membuat urutan skincare mulai dari formula yang tipis ke formula yang tebal dan berikan jeda waktu antar masing-masing produk untuk memastikan produk sudah kering dan menyerap dengan baik di kulit. Selain itu, kamu juga perlu mengecek kandungan bahan yang bisa dikombinasikan supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, misalnya skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid bisa dikombinasikan dengan pelembap untuk menghidrasi kulit.

Advertisement

Kamu bisa menggunakan kapas yang sesuai supaya produk menyerap secara maksimal

Pilih kapas yang sesuai | Photo by Tara Winstead from Pexels

Melansir dari laman Healthline, ada tiga jenis kapas yang bisa digunakan untuk wajah yaitu kapas bertekstur untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, kapas tebal dan berlapis untuk masker wajah, dan masker yang lembut untuk menghapus riasan. Melansir dari laman Cosmo, kamu juga bisa menggunakan kapas daur ulang karena bisa menghemat bujet, dapat digunakan berkali-kali, dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Terakhir, tidur yang cukup bisa membantu skincare-mu bekerja dengan baik dan terhindar dari beragam permasalahan kulit

Tidur yang cukup | Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Hal yang paling penting untuk dijaga supaya skincare bisa bekerja dengan baik adalah tidur yang cukup. Semua rangkaian skincare-mu akan sia-sia kalau kamu masih sering begadang. Kurangnya istirahat saat malam hari bisa menyebabkan datangnya beragam permasalahan kulit termasuk lingkaran hitam dan kerutan di wajah. Nggak mau kan skincare-mu terbuang gitu aja, SoHip?

Kamu nggak harus menggunakan produk yang harganya mahal kok untuk mendapatkan kulit yang glowing dan cerah. Intinya nggak perlu mengorbankan kebutuhan utama hanya demi belanja produk yang harganya nggak masuk ke bujet kamu. Kamu cuma perlu memaksimalkan tahapan skincare-mu supaya bisa menyerap dengan baik. Semoga info ini bermanfaat ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE