Manfaat Menguapi Wajah atau Facial Steaming untuk Kecantikan

Manfaat Facial Steaming

Demi kulit wajah yang sehat dan flawless maka nggak ada salahnya dong kita sesekali melakukan perawatan lebih seperti halnya facial steaming. Perawatan ini nyatanya bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Caranya cukup siapkan baskom berisi air hangat dan posisikan wajah sejauh 10-15 cm, agar penguapan maksimal maka bisa gunakan handuk sebagai tutup kepala dan baskom tersebut.

Advertisement

Memang teknik uap wajah ini tidak begitu familier bagi perawatan kecantikan sehari-hari, tetapi nyatanya facial steaming  memiliki banyak manfaat lo. Berikut ini Hipwee Style bahas mengenai manfaat facial steaming untuk kecantikan!

1. Uap yang panas dapat membantu membuka dan membersihkan kotoran di pori-pori wajah

Manfaat Facial Steaming

Credit: Photo by Artem Mizyuk from Pexels

Wajah yang dikenai uap air yang panas mengakibatkan pori-pori menjadi terbuka hingga kotoran yang terjebak bisa lepas. Tentunya, membuka pori-pori wajah sama dengan melembutkan komedo sehingga membuatnya lebih mudah untuk diangkat. Selain itu membuka pori juga membantu lepasnya sel kulit mati dan kotoran lain. Dengan begitu, kecil kemungkinan pori akan tersumbat hingga akhirnya menyebabkan jerawat.

2. Selain membersihkan pori, uap panas juga bisa membantu meluruhkan minyak yang terperangkap

Manfaat Facial Steaming

Credit: Photo by Ron Lach from Pexels

Sebum merupakan minyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebaceous yang ada pada jaringan kulit. Ia sebenarnya memiliki tugas penting untuk melumasi kulit dan rambut, namun apabila terperangkap di bawah permukaan kulit maka sebum menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Hal ini membuat kulit wajah akhirnya ditumbuhi jerawat dan komedo.

Advertisement

Dilansir dari NCBI, menguapi wajah dengan air hangat bisa membuka pori-pori dan membebaskan minyak dan kotoran yang terjebak di wajah. Manfaatnya tentu jerawat menjadi berkurang.

3. Uap panas mampu melancarkan peredaran darah dan produksi kolagen serta elastin

Manfaat Facial Steaming

Credit: Photo by KoolShooters from Pexels

Kombinasi uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah mampu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Seperti dikutip dari Hellosehat, peningkatan aliran darah ini turut memberi nutrisi pada kulit dan mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda.

Dengan meningkatnya aliran darah di, maka kolagen dan elastin di wajah akan meningkat produksinya. Kolagen yakni protein pendukung utama kulit yang memberikan struktur kulit dan kekuatannya. Sementara elastin yaitu protein yang membuat kulit mampu membentang ke struktur aslinya.

Advertisement

4. Facial steaming membantu kulit wajah agar produk perawatan kulit bisa  menyerap lebih baik

Manfaat Facial Steaming

Skincare lebih meresap / Credit: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dilansir dari sumber yang sama, uap air hangat yang diarahkan ke wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit yang membuat produk skincare terserap maksimal.

Permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki membran untuk meloloskan partikel untuk menembus atau melaluinya. Ketika kemampuan ini meningkat, produk yang dioleskan pada wajah akan terserap dengan baik sehingga manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

5. Facial Steaming mampu menghidrasi kulit, asalkan penguapan tidak terlalu lama

Manfaat Facial Steaming

Manfaat Facial Steaming

Menguapi wajah dengan uap panas mampu melembabkan kulit dari kekeringan, ia juga bisa membantu produksi minyak wajah menjadi lebih seimbang. Minyak yang diproduksi tak akan menyumbat pori-pori SoHip asalkan wajah tak diuapi terlalu lama. Pastikan pula untuk cuci muka setelah menguapi wajah ya!

Walaupun mudah dan banyak manfaat, melakukan facial steaming nggak bisa tiap hari ya SoHip. Dilansir dari Healthline, waktu terbaik cukup seminggu sekali dengan durasi 5-10 menit demi mencegah iritasi.

Gimana tertarik buat mencoba?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE