Mengenal Maskne, Fenomena Muncul Jerawat Gegara Pakai Masker. Gini Cara Cegah Plus Atasinya!

maskne adalah

Selama satu tahun lebih pandemi, pernah nggak sih kamu merasakan perubahan pada wajahmu?

Advertisement

Kalau cuma di rumah aja dan jarang terkena matahari mungkin lebih cerah tapi kalau harus pergi untuk bekerja atau kepentingan lainnya mungkin malah masalah yang timbul yaitu jerawat dadakan. Selama ini mungkin kulit kamu aman-aman saja tapi mendadak muncul banyak jerawat di wajah terutama setelah memakai masker.

Fenomena ini ternyata nggak cuma terjadi padamu saja lo tapi juga dialami oleh banyak orang lainnya. Bahkan ada istilah khusus untuk kondisi ini, namanya adalah maskne alias mask acne. Penasaran kenapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini yuk!

Pemakaian masker memang seharusnya melindungi wajah namun hal ini ternyata ada juga ‘efek sampingnya’

Pakai masker/ Credit: tirachardz on Freepik via www.freepik.com

Maskne adalah singkatan dari mask acne yaitu kondisi ketika muncul jerawat di bagian wajah yang tertutup oleh masker misalnya di pipi atau dagu. Mungkin kamu berpikir bahwa masker seharusnya tak hanya melindungi diri dari virus tapi juga dari polusi serta debu halus yang seharusnya bisa melindungi wajah dari jerawat, kenapa malah terjadi sebaliknya?

Advertisement

Dilansir dari Alodokter, hal tersebut disebabkan karena adanya pergesekan antara masker dan wajah yang menyebabkan iritasi dan peradangan yang akhirnya memicu munculnya jerawat. Selain itu, masker juga dapat menjebak hawa panas sehingga ketika bernapas saja maka akan muncul keringat dan meningkatnya kelembapan sehingga kuman dan bakteri akan berkembang biak. Masker kain yang jarang dicuci juga bisa menimbulkan kuman dan bakteri bertumbuh.

Selain menggagu penampilan, jerawat juga kadang menimbulkan rasa tak nyaman. Makanya kamu perlu melakukan upaya pencegahan

Mencegah/ Credit: congerdesign on Pixabay via pixabay.com

Kalau sekarang belum merasakannya maka mungkin kamu perlu mencegahnya karena jerawat ini bisa terjadi pada siapa saja.

  • Selalu cuci masker kain setelah digunakan dengan deterjen hipoalergenik dan biarkan mengering sepenuhnya. Sedangkan jika menggunakan masker sekali pakai maka kamu bisa membawa beberapa sebagai cadangan jika dirasa sudah waktunya ganti.
  • Dilansir dari Healthline, dermatolog juga menyarankan untuk mengoleskan krim atau gel antibiotik sebelum memakai masker.
  • American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk melepas masker selama 15 menit setelah memakainya selama 4 jam, tentunya cari tempat yang aman dengan social distancing untuk melakukannya ya.
  • Pilih masker yang pas di wajah namun tak terlalu ketat, memiliki dua lapisan atau lebih sesuai standar, dan dibuat dari kain yang lembut serta alami seperti katun.
  • Jangan lupa mencuci muka setelah melepas masker.
Advertisement

Jika maskne sudah terlanjur muncul maka kamu harus lebih telaten dalam merawat wajahmu supaya tak bertambah buruk lagi efeknya

Harus diatasi/ Credit: jmexlusives on Pixabay via pixabay.com

Jika jerawat karena masker sudah terlanjur muncul di wajah maka kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan sampai melewatkan waktu untuk mencuci muka seperti di pagi hari, setelah mengenakan masker, dan di malam hari. Jika ingin mengeringkan maka gunakan metode menepuk dengan lembut, hindari menggosokkan handuk ke wajah.
  • Gunakan pembersih yang lembut untuk mencegah berkembangnya bakteri. Pilih yang nggak mengandung alkohol atau pewangi supaya iritasimu tak semakin memburuk.
  • Sebisa mungkin hindari pemakaian make-up apalagi jika iritasi jerawat sedang parah-parahnya. Make-up seperti foundation, concealer, dan blusher bisa menyumbat pori-pori sehingga bisa menghambat penyembuhan.
  • Kamu juga bisa menggunakan skincare yang dikhususkan untuk kulit berjerawat, namun kenali jenis kulit supaya produk bisa bekerja dengan baik.

Selain melalui upaya pencegahan dan penanganan, jangan lupa untuk menghindari stres yang justru akan membuat wajahmu semakin meredup. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat supaya wajah sehat bersinar, tubuh juga tetap bugar.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE