Alat Cukur Wanita: 6 Mitos menghilangkan Bulu Ketiak Ternyata Banyak Kelirunya!

Alat Cukur Wanita

“Ketiak bisa jadi hitam dan bulu ketiaknya bisa tambah lebat.”

Pasti sering deh mendengar kalimat tersebut kalau kamu dan teman lagi ngomongin tentang menghilangkan bulu ketiak atau saat membaca artikel terkait. Menghilangkan bulu ketiak memang sudah menjadi agenda rutin bagi kebanyakan wanita. Apalagi kini banyak cara menghilangkan bulu ketiak, salah satunya ya dengan menggunakan alat cukur wanita.

Kalimat alias mitos yang beredar tersebut seringkali dilayangkan kepada metode menghilangkan bulu ketiak dengan alat cukur wanita, kayak pisau cukur atau razor.  Bener nggak sih mitos yang beredar itu? Coba simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

1. Bikin ketiak hitam, ternyata salah besar!

Ketiak hitam bisa jadi karena penggunaan deodoran (Foto: iStock)

Meski bukan tanda-tanda masalah yang serius, tapi seringkali ketiak hitam bikin kamu nggak percaya diri. Nah, mitos utama yang sering beredar tentang penggunaan alat cukur wanita untuk menghilangkan bulu ketiak adalah bikin ketiak hitam. Padahal ini salah besar lho. Kulit ketiak bisa menjadi hitam karena mengalami hiperpigmentasi.

Dilansir dari situs Healthline, warna kulit pada bagian ketiak ditentukan oleh sel pigmen yang disebut melasonit. Ketika sel tersebut bertambah banyak maka bisa mengubah warna kulit menjadi lebih gelap. Biasanya hiperpigmentasi terjadi karena penumpukan sel kulit mati atau bahan kimia tertentu dari deodoran yang dipakai.

Selain itu, hal lain yang menyebabkan kulit ketiak hitam adalah menggunakan alat cukur wanita yang tumpul atau menggunakannya di atas kulit yang kering. Makanya dua hal tersebut harus kamu hindari, ya!

Berdasarkan suatu penelitian yang dikutip dari situs Self, metode waxing yang kerap memberikan masalah ketiak hitam. Terutama penggunaan lilin untuk mencabut bulu ketiak. Apalagi jika bulu ketiak lebat dan kasar, kondisi tersebut bisa membuat iritasi dan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam yang pada akhirnya membuat kulit ketiak menjadi hitam.

2. Bulu jadi tumbuh lebih lebat. Bukan razor penyebabnya

Bulu tumbuh lebat bukan gara-gara pisau cukur (Foto: iStock)

Memiliki bulu ketiak yang lebat masih menjadi hal yang meresahkan bagi sebagian wanita. Hal ini bisa bikin kamu nggak percaya diri kalau menggunakan atasan tanpa lengan. Lantas bagaimana dengan mitos yang bilang menghilangkan bulu ketiak menggunakan alat cukur wanita malah membuat bulu menjadi tumbuh lebih lebat? Kamu harus tahu, bulu ketiak tumbuh lebih lebat bukan disebabkan oleh razor lho. Tumbuh lebat atau tidaknya bulu ketiak itu disebabkan oleh DNA pada masing-masing tubuh orang. Misalnya aja nih, berdasarkan penelitian, rambut pada tubuh seperti bulu ketiak bisa berbeda di antara populasi manusia. Misalnya aja rambut orang Asia cenderung lebih tebal dibandingkan orang Eropa dan Afrika. Selain itu, perubahan hormon seperti saat masa puber atau kehamilan bisa bikin bulu ketiak tumbuh lebih lebat.

3. Bikin kulit makin menipis, benar nggak sih?

Kulit nggak akan menipis kalau pakai alat cukur dengan tepat (Foto: iStock)

Ada juga nih yang mengatakan kalau alat cukur wanita alias pisau cukur bisa bikin kulit makin menipis. Masa iya sih? Ternyata oh ternyata, pernyataan itu cuma mitos belaka. Memang pisau cukur bisa sekalian mengangkat sel kulit mati saat digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun bukan berarti lapisan kulit akan menipis lho. Kamu cuma perlu memastikan kualitas pisau cukur yang kamu gunakan dan kebersihannya untuk hasil cukur yang maksimal.

4. Alat cukur wanita bikin iritasi, folikulitis, ruam, peradangan, dan infeksi. Belum tentu lho~

Kulit nggak bakal iritasi kalau mencukurnya benar (Foto: iStock)

Segala iritasi, peradangan, dan infeksi nggak bakal kamu dapatkan jika menggunakan alat cukur wanita. Asal kamu selama ini menggunakan pisau cukur yang bersih. Misalkan kamu pakai pisau cukur yang tajam dan berkualitas dan melakukan teknik mencukur yang tepat, nggak jadi masalah kok.

5. Pisau cukur baru lebih berisiko membuat luka karena terlalu tajam hanyalah mitos

Belum tentu iritasi disebabkan alat cukur (Foto: iStock)

Proses mencukur akan berjalan lancar dan bikin kondisi ketiak kamu baik-baik aja kalau kamu mencukur dengan kondisi kulit yang basah. Jadi bukan salah pisau cukurnya. Hal yang harus kamu waspadai lagi adalah jangan menggunakan pisau yang tumpul karena  akan membuat bulu terpotong dengan tidak sesuai yang bisa menimbulkan kemerahan pada kulit. Penting untuk membasahkan kulit saat hendak mencukur karena akan membantu kulit terhindar dari iritasi dan radang. Pastikan juga alat cukur wanita yang kamu gunakan bersih, ya!

6. Mencukur pakai pisau cukur adalah cara paling praktis, aman, nyaman, dan harganya terjangkau

Untuk kamu yang ingin menghilangkan bulu ketiak, wajib tahu metode-metode yang ada. Lantas manakah cara yang tepat untuk menghilangkan bulu ketiak? Kamu harus kupas satu-satu tentang berbagai metode tersebut. Misalnya waxing, metode menghilangkan bulu ketiak ini banyak dipilih oleh wanita karena lebih mudah ditemukan di banyak salon. Namun waspada, waxing bisa terasa menyakitkan, menyebabkan jerawat, dan membuat rambut tumbuh ke dalam.

Kalau  kamu mempertimbangkan menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan krim, ketahui risikonya. Krim penghilang bulu ketiak yang dikatakan aman bisa saja memberikan reaksi pada kulit kamu seperti berubah kemerahan, gatal, dan perih karena menggunakan bahan kimia.  Ada juga metode menghilangkan bulu ketiak dengan laser. Walaupun bulu ketiak bisa tumbuh lebih lama, tapi metode ini bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan rontok, belum lagi harganya yang mahal.

Cara terbaik menghilangkan bulu ketiak (Foto: iStock)

Nah sementara kalau kamu ingin menghilangkan bulu ketiak dengan murah, kamu bisa menggunakan pinset dengan mencabut bulu sampai ke akarnya. Namun waspadai, metode ini bisa menyakitkan dan membuat kulit jadi sakit dan bisa iritasi. Dengan begitu, benar adanya kalau mencukur dengan menggunakan alat cukur wanita atau razor adalah cara paling praktis, aman, nyaman, dan harganya terjangkau.

Pilih alat cukur wanita yang tepat bikin kondisi ketiak kamu baik-baik saja

Walaupun menggunakan alat cukur wanita merupakan cara terbaik menghilangkan bulu ketiak, kamu tetap harus cermat dalam memilihnya. Biar kondisi ketiakmu baik-baik saja, pakai Gillette Venus. Alat cukur wanita ini didesain supaya para perempuan dapat mencukur lebih aman untuk kulit yang mulus. Gillette Venus  memiliki 3 mata pisau yang tipis dan dilengkapi dengan moisture rich dan microfins. Gunanya adalah untuk membantu mengurangi torehan dan luka sehingga kamu dapat memakai alat cukur ini setiap hari tanpa takut. Gillette Venus juga dirancang lebih nyaman dengan grip sisi yang lebih ergonomis utnuk memberikan pegangan yang aman pada saat basah.

Setelah menggunakan Gillette Venus, pastikan kamu  membersihkan pisau cukur dengan air panas dan sabun setelah penggunaan. Kemudian letakkan di tempat yang kering dan bersih. Kalau  pisau cukur mulai tumpul atau setelah 8-10 kali penggunaan dan terlihat berkarat, kamu harus menggantinya ya biar nggak iritasi.

Sudah tahu kan fakta di balik mitos tentang alat cukur wanita? Yuk, buat ketiak kamu langsung mulus dengan Gillette Venus!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.