7 Mitos Perawatan Rambut yang Jangan Dipercaya

mitos perawatan rambut

Jika saat ini kamu sedang galau karena masalah rambutmu yang tak kunjung usai, mungkin kamu melakukan berbagai perawatan rambut yang keliru. Berbagai masalah rambut kerap kali terjadi pada banyak orang dan saat itu pula ada banyak mitos perawatan rambut yang salah kaprah dan masih dilakukan banyak orang. Ketidak telitian terhadap perawatan rambut justru bisa membuat rambutmu semakin rusak.

Advertisement

Untuk itu, ketahui 7 mitos tentang perawatan rambut yang sebaiknya tak perlu lagi kamu percaya agar rambutmu tetap terjaga keindahannya.

1. “Mencuci rambut dengan air dingin bisa membuat warna rambut lebih cerah.”

Mencuci rambut | Credit: Photo by Kampus Production from Pexels

Kalau selama ini kamu percaya bahwa mencuci rambut dengan air dingin bisa membuat warna rambutmu menjadi lebih cerah, itu salah ya. Dilansir dari Kerotin, ternyata suhu air sama sekali tidak memengaruhi kebersihan rambut atau kulit kepala dan juga penampilan rambut. Untuk mendapat rambut yang berkilau, sebaiknya kamu mengenakan kondisioner daripada harus mandi dengan pancuran air dingin hingga membuatmu menggigil.

2. “Mengecat rambut pasti bikin rambut jadi rusak.”

Mengecat rambut | Credit: Photo by Matlachu from Pixabay

Melakukan bleaching mungkin menjadi salah satu hal yang bisa merusak rambut, tetapi berbeda dengan pewarnaan rambut. Tidak semua jenis pewarnaan rambut berdampak buruk pada rambut. Faktanya, mengaplikasikan warna pada rambut justru bisa membuat rambut terlihat lebih tebal.

Advertisement

Kamu tak perlu khawatir rambutmu akan rusak jika melakukan pewarnaan rambut selama kamu mengikuti instruksi pabrik dengan benar dan menggunakan kondisioner dalam kemasan setelah pewarnaan. Selain itu, sebaiknya pilihlah produk perawatan rambut harian yang dirancang khusus untuk rambut diwarnai termasuk sampo, kondisioner, dan perawatan deep conditioning.

3. “Rambut yang sehat nggak perlu pakai kondisioner.”

Kondisioner | Credit: Photo by Anna Tis from Pexel

Mitos ini sepenuhnya salah, karena kulit kepala dan rambut yang sehat tetap harus dijaga. Justru, keramas yang tepat sebaiknya diikuti dengan penggunaan kondisioner yang tepat untuk membantu menyehatkan kulit kepala, memungkinkan rambut yang sehat dan indah tumbuh. Terlepas dari jenis rambutmu, kamu harus tetap mengenakan kondisioner. Namun, penting pula untuk memilih sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk jenis rambut dan kulit kepalamu.

4. “Memotong rambut justru dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat.”

Advertisement

Memotong rambut | Credit: Cassiefairy.com

Memotong rambut adalah salah satu perawatan rambut yang sangat dianjurkan, bahkan oleh para ahli. Namun, anggapan bahwa memotong rambut dapat membuatnya tumbuh lebih cepat sebaiknya tidak dipercaya. Sebenarnya, memotong rambut tidak memiliki peran dalam mendorong pertumbuhannya.

Alasan mengapa sesekali kamu harus memotong rambut adalah karena ujung rambut yang bercabang membuat rambut terlihat lebih tipis serta menyebabkan lebih banyak kusut yang dapat menyebabkan rambut patah dan rusak. Meskipun memotong rambut akan membuat rambutmu tetap rapi, jangan biarkan kamu percaya bahwa itu akan menghasilkan pertumbuhan rambut.

5. “Mencuci rambut setiap hari itu sehat.”

Mencuci rambut | Credit: Cassiefairy.com

Seperti mandi setiap hari, orang percaya bahwa mencuci rambut setiap hari adalah ide yang bijaksana. Padahal nih mencuci rambut terutama dengan sampo bisa menghilangkan minyak alami rambut yang membuat kulit kepala dan helai rambut sangat kering dan mudah patah. Pilihan terbaik adalah cukup basahi rambutmu di bawah air mengalir, daripada keramas setiap hari.

6.  “Rambut yang bercabang bisa diperbaiki.”

Rambut bercabang | Credit: Bustle.com

Jika kamu percaya bahwa rambut bercabang bisa diperbaiki, itu salah kaprah. Satu-satunya cara untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang secara permanen adalah dengan memotongnya. Cara ideal untuk mengatasi rambut bercabang adalah mencegahnya terjadi sejak awal dengan menggunakan kondisioner berkualitas setiap kali keramas atau saat melakukan perawatan rambut dengan cara yang lembut. Tips pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah selalu menggunakan semprotan pelindung panas saat menata rambut.

7. “Menyisir rambut sesering mungkin bisa mempercepat pertumbuhan rambut.”

Menyisir rambut | Credit: Photo by Engin_Akyurt from Pixabay

Menyisir rambut hanya berfungsi untuk menata rambut agar lebih rapi saja dan tak ada hubungannya dengan pertumbuhan rambut. Faktanya, jika kamu terlalu sering menyisir rambut (apalagi dengan kasar) justru akan membuat rambutmu menjadi mudah patah. Jadi, jangan lagi terlalu sering menyisir rambut ya!

Nah, itu dia 7 mitos tentang perawatan rambut yang sebaiknya jangan lagi kamu percaya ya! Menutup mata terhadap mitos perawatab rambut di atas akan membantumu lebih mudah membuat keputusan saat ingin merawat rambut dengan tepat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE