Ragam adat dan budaya yang mendarahdaging dalam identitas Indonesia tidak bisa dihitung dengan jari. Banyaknya kebangetan. Tak hanya kebaya Kutubaru yang menjadi andalan para wanita saat pergi ke kondangan, masih banyak kain-kain dari nusantara yang bisa kamu pakai lho, girls.

Kain songket yang memiliki khas dengan benang logam metalik yang memberi efek berkilau ini siap membuat penampilanmu menawan. Untuk menarik perhatian jodohmu yang siapa tau sedang datang di acara yang sama, semakin mudah! Mulai dari gamis panjang untukmu yang berhijab hingga dress anggun lainnya, kamu tak akan mudah berpaling dari kaca saat mencobanya sebelum berangkat ke kondangan. Simak inspirasi songket buat kondangan yang sudah Hipwee siapkan ini, yuk!

1. Tampil elegan yang tak tertandingi dengan dress merah dengan sentuhan songket emas. Lengan dan bagian bawahnya pun bisa buatmu beda dan menawan.

Tak perlu semuanya, sebagian saja sudah cukup via www.debusana.com

Teruntuk para ukhti, jangan bingung tentang pakaian apa yang kamu pakai untuk ke kondangan temanmu. Dengan dress yang dihiasi dengan songket emas saja, penampilanmu yang awalnya biasa-biasa saja akan menjadi luar biasa menawannya. Jika kamu memiliki lengan yang agak chubby, kilauannya akan menutupinya dengan sempurna. Karena merah dan emas adalah perpaduan warna yang elegannya tak tertandingi.

2. Kain songket memang pas saat dijadikan rok. A-line-nya pas untuk dikenakan olehmu yang tak ingin menonjolkan lekukan tubuh.

Pakai saja rok songket dengan A-line-nya via www.solokebaya.net

Advertisement

Rok dengan model mekar atau A line memang menjadi pilihan yang digemari para ukhti yang memang tidak ingin terlalu mengekspos lekuk tubuh. Kainnya yang agak kaku akan lebih sempurna saat dipadukan dengan sepatu dengan warna emas atau silver. Untuk atasan, kamu bisa memakai shirt dengan motif yang agak kompleks dengan rumbai gelombangnya. Untuk menyesuaikan dengan hijabnya pun kamu tak akan dibuat kesulitan.

3. Sedikit sentuhan di bagian tengah gamis saja, mampu buat kecantikan alami terpancar dengan sempurna. Apalagi dengan warna merah, istimewa parah!

Sedikit saja di bagian dalamnya via www.instagram.com

Memadukan warna merah dari kain gamis dengan songket merah adalah sebuah sebuah mix & match yang layak untuk dicoba. Jika kamu tidak ingin memberikan sentuhan songket yang dominan, menggabungkannya di bagian pergelangan tangan dan bagian tengah rok tak akan memberi hasil yang mengecewakan.

4. Tak perlu ragu untuk memakai jilbab emas tuk lengkapi songket birumu. Pas untuk berbahagia di kondangan.

Biru pun layak dicoba segera via www.instagram.com

Tak hanya warna merah, kain biru polosmu akan terlihat lebih anggun dan elegan. Sebuah perpaduan yang serasi ketika kamu padukan dengan jilbab satin emasmu. Ditambah lagi dengan sepatu hak tinggi yang akan membuat badanmu lebih jenjang. Jadi anggun tak melulu dengan kebaya, kan? Kain songket pun bisa kamu variasikan jadi seelegan ini!

5. Sesederhana dijadikan dress saja, songket emas ini siap buatmu jadi lebih menawan tanpa tambahan aksesoris.

Dibuat dalam satu kesatuan via www.qbaya.com

Tak perlu mencari model pakaian yang terlalu ribet untuk dikenakan saat menghadiri resepsi pernikahan saudara atau teman. Untuk kamu yang memiliki kain songket di rumah, kamu bisa datang ke penjahit dan memesan dress simple ini. Dengan dominasi warna emas, tanpa tambahan aksesoris seperti headpieces dan kalung, penampilan menawan sudah jadi jaminan!

6. Yang anti ribet, rok songket dipadukan dengan outer kebaya panjang sukses buat penampilan sederhanamu.

Cukup pakai cardigan via poseapp.com

Jika kamu terlalu malas memakai bawahan yang panjang, kamu bisa kok pakai kain songketmu yang belum dijadikan pakaian sebagai andalan. Cukup lilitkan dengan rapat, ditambah inner yang dirangkap dengan outer kebaya panjang, penampilan sempurna sukses buatmu lebih anggun. Sepatu hak tinggi atau wedges pun bisa kamu andalkan saat memijak lantai venue nantinya,

7. Kemeja dan hijab pinkmu yang senada tak kalah apik sat dipadukan dengan rok bermotif songket ini. Tas kecil saja bisa buat penampilan lebih anggun.

Rok panjang pun sayang dilewatkan via www.debusana.com

Warna pink adalah sebuah pilihan yang pas jika akan bertandang ke kondangan. Jangan segan untuk memakai hijab yang memiliki warna sama dengan kemejamu. Tapi, jangan pakai rok dengan warna yang sama. Rok dengan motif songket ini layak kamu coba, agar nggak akan mati hasil perpaduannya. Motif tenunannya yang istimewa tak akan berhenti buatmu jadi pusat perhatian!

8. Motif kain Ikat pun layak dicoba. Tenunan dan motifnya tak kalah apik juga dari Songket!

Coba saja dengan kain ikat via poseapp.com

Kain tenun di Indonesia memang banyak rupa dan jenisnya. Jika Songket bukanlah menjadi item fovoritmu, tak masalah jika kamu mengandalkan kain ikat untuk ke kondangan. Dress cantik perpaduan dari kain ikat putih dengan warna abu-abu tak akan gagal membuat penampilanmu menawan di hari spesial ini. Jodoh akan semakin didekatkan!

Ketika kamu memakai pakaian dan dandanan sederhana namun ciamik, rasa percaya diri pun akan muncul secara otomatis. Tak hanya kebaya kutubaru yang bisa buatmu jadi menawan, jodoh pun semakin didekatkan saat kamu memakai kain songket ini. Jangan sia-siakan warisan budaya asli Indonesia ini ya, girls!