Untuk pemakai make-up pemula, kadang memilih produk-produk tertentu untuk diaplikasikan di wajah terasa sulit karena ada beberapa produk yang kelihatannya sama, ternyata pemakaiannya berbeda. Salah satunya yang juga mungkin bikin kamu bingung adalah penggunaan foundation dan BB cream. Padahal foundation jauh lebih dulu ada daripada BB cream. Namun bukan berarti hal ini membuat salah satunya menjadi lebih baik Kalau dilihat sekilas dua make-up item ini mirip tapi ternyata kandungan dan hasilnya berbeda lo. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan Hipwee berikut ini!

1. Kandungan yang ada di dalam kedua produk ini berbeda, sehingga manfaatnya pun tak sama

Skin care dan make-up jadi satu via www.cgtrader.com

BB cream diciptakan dengan berbagai kandungan yang memiliki klaim all-in-one make-up yang juga berfungsi sebagai skin care. Manfaatnya adalah untuk mengurangi kemerahan, menghidrasi kulit, melindungi kulit, dan memberikan tekstur natural. Kadungan SPF-nya biasanya juga tinggi, sehingga bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

2. Soal urusan coverage, foundation lebih juara dibandingkan BB cream yang hasilnya lebih natural

Full coverage dengan foundie via makeupandbeauty.com

Advertisement

Foundation dapat menutupi warna kulit yang tidak merata, bintik hitam hingga kemerahan pada kulit, sedangkan BB cream memiliki hasil yang natural, kadang bintik atau kemerahan pada wajah tidak dapat tertutup dengan sempurna.

3. Pilihan shade yang tersedia pada dua produk ini ternyata juga berbeda. Salah satunya lebih lengkap lo

Shade foundie sesuai kulit via thuoctrimun.com.vn

Warna kulit yang dimiliki setiap orang tidak selalu sama, sehingga pilihan warna yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Foundation memiliki pilihan shade yang lebih banyak daripada yang dimiliki BB cream. Jika foundation memiliki berbagai shade tergantung dengan tone kulit, BB cream biasanya hanya memiliki shade standar seperti dark, medium,  dan light.

4. Beda acara yang didatangi, sebaiknya beda juga pilihan produknya. Lamanya acara juga memengaruhi

Tergantung mau kemana via unsplash.com

Jika kamu akan datang ke acara formal atau mendatangi acara dengan durasi waktu yang lebih lama, sebaiknya gunakan foundation saja karena biasanya foundation lebih tahan lama. Sedangkan jika acaranya tidak begitu formal dan tidak masalah jika menggunakan look natural, kamu bisa memilih BB cream. Selain itu, BB cream juga bisa kamu gunakan sehari-hari lo.

5. Cara mengaplikasikan dua produk ini juga berbeda, yang satunya bisa hanya dengan jari saja

Nggak jauh berbeda via id.pinterest.com

Advertisement

Mengaplikasikan BB cream bisa menggunakan spons atau kuas, tapi agar lebih praktis kamu bisa memakai jari saja. Sedangkan untuk foundation kamu bisa memakai kuas, tapi disarankan untuk memakai spons demi hasil yag lebih maksimal.

Memakai foundation atau BB cream sebenarnya tergantung kebutuhan kamu. Jika kamu adalah perempuan yang sibuk dan harus melakukan segala sesuatu dengan lebih cepat disarankan untuk memakai BB cream, namun jika kamu membutuhkan coverage yang sempurna dan tahan lama, foundation adalah jawabannya. Semoga artikel ini mencerahkan ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya