Period Panties Pengganti Pembalut Sekali Pakai. Anti Bocor dan Bisa Dipakai Berulang Kali!

Period panties itu apa

Bagi para cewek, masa-masa menstruasi selalu menjadi momok karena selama periode ini kita harus melawan rasa sakit akibat peluruhan sel telur selama kurang lebih satu minggu.

Advertisement

Pada periode ini pula biasanya kita mengalami beberapa sindrom seperti kram perut, pegal-pegal di area tubuh tertentu, dan masih banyak lagi. Selain itu, para cewek juga harus membawa perlengkapan ekstra seperti pembalut dan pakaian dalam cadangan kalau ingin ke luar rumah demi meminimalisir kebocoran cairan yang kerap terjadi.

Kini, banyak sekali produk alternatif pembalut sekali pakai seperti menstrual cup dan period panties. Yup, produk ini dinilai lebih praktis karena cara menggunakannya sama seperti pakaian dalam pada umumnya. Kira-kira seperti apa ya cara pemakaian period panties? Yuk simak langsung ulasan berikut ini!

Period panties merupakan salah satu inovasi pengganti pembalut sekali pakai yang dinilai lebih ramah lingkungan

Advertisement

Sama seperti menstrual cup, period panties juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik dari kemasan pembalut sekali pakai. Melansir dari laman Glamour, pembalut sekali pakai menjadi penyumbang terbesar polusi plastik karena rata-rata wanita di dunia akan menggunakan lebih dari 11.000 pembalut selama masa menstruasi.

Selain itu, pembalut sekali pakai juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat terurai di alam, yaitu sekitar 1.000 tahun. Oleh karena itu, saat ini mulai banyak merek yang memproduksi period panties sebagai solusi untuk mengurangi sampah plastik.

Period panties memiliki bentuk yang sama dengan undies pada umumnya, sehingga kamu nggak akan kesulitan saat memakainya

Advertisement

Biasanya, period panties terdiri dari beberapa lapisan kain agar dapat menampung cairan selama beberapa jam. Selain itu, produk ini juga telah didesain agar dapat menetralkan bau dan dapat dicuci sehingga bisa digunakan berkali-kali. Hmm, kedengaran menjanjikan ya?

Cara pakainya sama seperti undies pada umumnya dan memiliki daya tampung yang beragam

Cara menggunakannya pun sangat mudah karena sama seperti undies pada umumnya. Namun, daya serap untuk setiap merek mungkin berbeda sehingga kamu harus memastikan klaim dari merek tersebut. Setelah batas waktu maksimal pemakaian, kamu bisa menggantinya dengan yang baru dan mencuci panties agar bisa dipakai kembali.

Melansir dari laman Pop Sugar, cara mencuci period panties ini nggak terlalu sulit, tetapi kamu harus perhatikan beberapa hal seperti penggunaan detergen yang zat kimianya kuat, penghilang noda, dan cairan pemutih bisa merusak teknologi yang terdapat pada produk sehingga daya tahan kain berkurang dan produk nggak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan period panties bisa lebih memerhatikan cara mencucinya, ya. Gunakan air mengalir saat mencuci dan gosok secara perlahan supaya nggak merusak tekstur kain pada panties.

Saat ini terdapat beberapa merek yang telah meluncurkan produk period panties termasuk merek lokal

Saat ini cukup banyak pilihan period panties yang bisa kamu pilih mulai dari merek luar negeri seperti Modibodi, Rube Love, Wuka, Thinx, dan Knix’s Leakproof. Sedangkan merek lokal ada Softex, Moonrise, dan Hara yang telah menggunakan teknologi Moisture-Wicking untuk menyerap cairan.

Nah itu dia SoHip beberapa hal terkait period panties yang dinilai lebih ramah lingkungan dan bisa mengurangi jumlah sampah plastik di dunia. Kira-kira kamu tertarik mencoba juga nggak nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE