5 Merek Lokal Rilis Koleksi Bertema Indonesia, dari Make up Palette hingga Parfum Aroma Jamu!

Produk kecantikan tema Indonesia

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia menjadi ajang bagi banyak orang untuk merayakan dan menciptakan momen di hari spesial bangsa Indonesia. Ada yang membuat video spesial hari kemerdekaan, foto menggunakan pakaian bernuansa merah putih, dan ada juga yang merilis koleksi spesial edisi 17 Agustus. Yap, beberapa merek kecantikan lokal juga turut meramaikan peringatan hari kemerdekaan dengan membuat koleksi bertema Indonesia.

Advertisement

Bahkan ada yang membuat produknya dengan bahan alami khas Indonesia dan kolaborasi dengan pengrajin lokal lo! Kalau penasaran, yuk langsung simak ulasan selengkapnya~

1. Merek parfum lokal Mine Perfumery meluncurkan koleksi parfum terbaru yang diberi nama Unbound dengan wewangian khas rempah Indonesia

Parfum Unbound | Credit via IG @mine.perfumery

Nama Unbound dipilih karena memiliki arti ‘tak terbatas’ yang merujuk ke perasaan merdeka yang sempurna dan bisa mengekspresikan diri tanpa dikekang oleh opini orang lain dan cara pikir yang terbelakang. Parfum edisi terbatas ini memiliki konsep past, present, dan future. Past menggambarkan kekayaan rempah-rempah Indonesia seperti biji pala, kapulaga, dan juga tembakau.

Present adalah wewangian yang menggambarkan Indonesia pada era modern dengan sentuhan aroma kayu jati dan cendana. Sedangkan future, menggambarkan wangi yang sedang menjadi tren yaitu gula aren dan javanese vanilla.

Advertisement

2. Alien Objects Indonesia membuat koleksi parfum dengan wangi jejamuan yang khas sebagai minuman tradisional Indonesia

Parfum dari rempah khas Indonesia | Credit via IG @alienobjects

Merek parfum lokal yang satu ini turut meramaikan peringatan hari kemerdekaan dengan membuat koleksi parfum bertema minuman kesehatan khas Indonesia. Di situasi pandemi seperti sekarang, kesehatan memang jadi hal yang terpenting maka dari itu Lucky Heng selaku perfumer dan pendiri merek parfum ini ingin menciptakan wewangian yang menggambarkan kekayaan rempah-rempah Indonesia.

Ia juga berkolaborasi dengan para pengrajin lokal untuk memproduksi wewangian ini dengan mempresentasikan tiga hal, yaitu sandang yang merupakan kemasan botol parfum dari kain batik, pangan yaitu parfum dengan aroma jamu, serta papan yaitu penggunaan bambu untuk kemasan parfum. Menarik banget, ya?

3. Reinedol merilis koleksi palette makeup dengan nama makanan khas Indonesia. Unik banget!

Eyeshadow palette dengan nama makanan khas Indonesia | Credit via IG @reinedoll

Produk kecantikan dari Reinedoll ini nggak menggunakan rempah-rempah sebagai bahan baku makeup, tapi menggunakan nama makanan khas Indonesia sebagai shade dari eyeshadow palette yang memiliki hasil akhir shimmer. Kamu bisa menemukan shade gulai, rendang, rawon, soto, gado-gado, gudeng, bahkan ada martabak juga lo! Unik banget, ya? Bisa-bisa selesai dandan malah makan deh gara-gara tergiur lihat nama makanannya~

Advertisement

4. Eze Nails meluncurkan koleksi kuku palsu bertema Srikandi yang terinspirasi dari dua pejuang perempuan Indonesia

Kuku palsu terinspirasi dari pejuang perempuan | Credit via IG @ezenails

Merek lokal yang membuat koleksi kuku palsu ini juga ikut merilis koleksi edisi 17 Agustus. Eze Nails membuat koleksi yang diberi nama ‘Srikandi’ karena terinpirasi dari tiga tokoh pejuang perempuan Indonesia yang hebat. Ada tiga varian kuku palsu yaitu Dien in Wine yang memiliki warna merah gelap untuk menggambarkan perjuangan Cut Nyak Dien saat memimpin perang Aceh.

Lalu, ada varian Kartini in White Swirl yang memiliki perpaduan warna merah muda dan putih yang menggambarkan perjuangan R.A. Kartini untuk memerdekakan hak dan pikiran perempuan. Terakhir, ada varian Ruhana in Cinnamon yang memiliki warna cokelat untuk menggambarkan perjuangan Ruhana Kuddus sebagai wartawan perempuan pertama yang mendirikan redaksi Soenting Melajoe dan merilis artikel yang mengkritik ketidakadilan. Kaya akan sejarah, ya?

5. Sensatia Botanicals merilis produk Native Floral Batch Collection yang terinspirasi dari keberagaman botani dan budaya Indonesia

Body wash dan lotion dari bahan alami khas Indonesia | Credit via IG @sensatiabotanicals

Merek kecantikan lokal yang satu ini terkenal dengan produknya yang ramah lingkungan. Koleksi Native Floral Batch Collection ini terdiri dari sabun mandi dan body lotion yang memiliki konsep biodegradable sehingga produknya nggak meninggalkan residu dan efek yang berbahaya saat mengalir ke saluran air. Selain tanggal rilisnya yang berdekatan dengan ulang tahun Indonesia, produk ini juga menggunakan bahan-bahan yang menggambarkan keragaman botani Indonesia.

Produk ini memiliki tiga varian yaitu Sumatran Cocoa & Clove Bud dengan aroma perkebunan tropis di Sumatra yang mewah, Javanese Lemongrass & Lime yang didominasi dengan aroma citrus, serai, limau, dan jeruk yang segar, serta varian Balinese Jasmine & Cananga yang didominasi wewangian bunga melati, rosela, dan kenanga yang tumbuh subur di Bali.

Melalui beragam produk dari merek lokal di atas, kita juga jadi mengetahui lebih banyak tentang sejarah Indonesia lo. Semoga semakin banyak merek kecantikan lokal yang mengangkat kekayaan alam dan budaya Indonesia ya! Kalau kamu pengin koleksi produk yang mana nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE