Ingin punya kulit wajah yang bening, bersih, halus, mulus terawat? Selain menjalani gaya hidup sehat dan seimbang, salah satu syarat utama untuk mendapatkannya adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan lehermu agar penyerapan produk-produk perawatan kamu bisa bekerja dengan maksimal.Nah, kalau kamu sehari-hari menggunakan makeup, tentu aktivitas cuci muka dengan sabun muka biasa nggak cukup.

Untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sekaligus praktis kamu bisa mengandalkan produk pembersih makeup khusus untuk wajah, biar residu-residu makeup bisa terangkat maksimal. Jaman sekarang ada banyak varian jenis pembersih makeup, misalnya cleansing oil, cleansing milk, cleansing balm dan yang sekarang lagi hits di Indonesia adalah micellar water. Nah, spesial buat kamu kali ini Hipwee sudah blusukan ke toko makeup dan supermarket untuk menghimpun sejumlah produk micellar water dan mencobanya untuk tahu mana sih yang paling oke hasilnya.

Apa sih micellar water itu?

Trend pembersih makeup asal Eropa yang kini mulai diminati di Indonesia via www.byrdie.com

Advertisement

Mungkin masih banyak di antara kamu yang bertanya-tanya, apa sih micellar water itu? Sekilas sih micellar water terlihat sama saja seperti toner atau makeup remover pada umumnya. Namun banyak yang nggak tahu bahwa sebenarnya micellar water ini awalnya tercipta saat kanal air di seluruh kota Paris terkontaminasi oleh kandungan korosif sehingga nggak bisa dikonsumsi karena berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh maupun kulit. Para peneliti kemudian melakukan riset menggunakan molekul dari asam lemak, dan hasilnya adalah penemuan paling mutakhir yang dikenal dengan sebutan micellar water yang kemudian dikembangkan sebagai pembersih kulit yang kita kenal sekarang.

Nah, sesuai namanya, micellar water ini adalah ‘air’ pembersih dengan tekstur liquid yang biasanya berwarna bening dan tak berbau. Micellar water tersusun dari micelle (molekul unik air) digabungkan dengan  fatty-acids esters pada konsentrasi khusus agar kedua senyawa tersebut dapat bekerja seperti magnet mengangkat kotoran dan residu makeup di wajah. Produk micellar water ini umumnya ini minim bahan-bahan yang memicu alergi atau iritasi pada kulit karena bebas alkohol, pewangi dan minyak jadi pemakaian super praktis tanpa perlu dibilas. Bagus buat semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, yay!

Produk-produk micellar water berikut ini bisa kamu temukan di supermarket dan toko makeup lokal dengan harga terjangkau, lho~

Demi menjawab kegalauan kamu seputar produk micellar water yang banyak beredar di pasar sekarang tim Hipwee Style sudah mengetes perfoma enam produk lokal maupun import populer. Produk-produk yang akan Hipwee review kali ini adalah Nivea, Garnier, Wardah, Ovale, Maybelline dan Bioderma. FYI, Bioderma adalah produk pelopor micellar water, lho. Penasaran?

Sudah pernah coba yang mana saja, nih? via Hipwee

Advertisement

Produk ini rata-rata memiliki komponen utama air dan tambahan-tambahan lainnya sesuai produsennya masing-masing. Meski berbeda-beda, tapi intinya sih sama saja yaitu cocok buat kulit sensitif dan nggak perlu dibilas.

Tutupnya sih sama semua, berbentuk fliptop via Hipwee

Nah, tanpa bicara panjang lebar lagi, yuk kita langsung ulas aja spesifikasi dan keunggulan masing-masing produk ini! Sebagai catatan, produk-produk ini telah diujicoba pada 5 produk yang sama yaitu liptint, lip cream, eyeliner, pensil alis dan blush on.

1. Nivea Make Up Clear Micellar Water, produk ini ditujukan untuk kulit normal dan berminyak (Rp 53.000,00)

Lumayan, lah… via Hipwee

Diklaim tidak mengandung pewarna, parfum, paraben, alkohol dan silikon. Cara penggunaannya sama seperti pembersih cari pada umumnya, yaitu dituangkan ke kapas dan diusap ke seluruh wajah dan leher sampai terasa bersih. Daya membersihkannya? Seperti yang terlihat di foto, setelah 2 kali usap masih menyisakan banyak residu. Baru bisa bersih setelah beberapa kali gosokan 😀

2. Garnier, Micellar Cleansing Water untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif (Rp 31.000,00)

Kulit sensitif pasti suka produk ini! via Hipwee

Produk ini cukup populer di kalangan penggemar makeup karena dinilai mempunyai kemampuan kece dengan harga di bawah Bioderma. Setelah masuk Indonesia, produk ini makin jadi incaran karena harganya jadi jauh lebih terjangkau. Produk ini diklaim memiliki tekstur ringan seperti air, membersihkan dengan baik tanpa diusap keras dan sama seperti micellar water lainnya, nggak mengandung alkohol dan pewangi. Hasilnya? Di luar dugaan, produk ini cukup oke membersihkan makeup dalam dua kali usap saja, lho. Recommended!

3. Wardah, Seaweed Cleansing Water. Produk pembersih ini ketambahan komposisi ekstrak rumput laut dan mentimun (Rp 28.000,00)

Ada yang sudah coba jilat produk ini? via Hipwee

Kalau diperhatikan, produsen lokal Indonesia memang lagi gencar meluncurkan produk-produk kekinian seperti micellar water ini. Wardah pun tampaknya nggak mau ketinggalan meluncurkan produk micellar water-nya. Produk ini diklaim mengandung ekstrak rumput laut dan mentimun untuk mempertahan kondisi kulit. Konsep komposisi lain dan cara kerjanya sama kok seperti micellar water lainnya. Sayangnya banyak blogger yang mengeluhkan pahitnya produk ini saat digunakan membersihkan bibir. Tim Hipwee juga mengalaminya dan ini agak mengurangi poin produk. Selain itu, daya membersihkannya pun biasa saja. Semoga ada produk ini bisa dikembangkan lebih oke lagi ke depannya.

4. Ovale Micellar Water Cleansing Water. Diklaim mengandung ekstrak magnolia untuk membantu mencerahkan kulit (Rp 39.000,00)

Daya membersihkannya lumayan oke, nih!

Punya bujet mepet dan butuh pembersih yang lumayan oke? Sepertinya kamu bisa berjodoh dengan produk Ovale ini. Di luar dugaan, produk micellar water keluaran Ovale yang seperti yang lainnya juga diklaim cocok untuk kulit sensitif ini memiliki poin tambahan yaitu daya membersihkan yang sangat mumpuni. Dengan harga di bawah 50 ribu rupiah, performanya bagus banget, lho. Selain itu, produk ini tersedia dalam 2 ukuran, 100 ml dan 200 ml, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Oya, untuk daya mencerahkannya sih, Hipwee nggak merasakan perubahan yang signifikan pada kulit sih 🙂

5. Maybelline Micellar Water, diklaim mampu membersihkan kulit sekaligus menghidrasi dan melembutkan kulit (79.000,00)

Ini produk yang perfomanya pas di tengah-tengah~ via Hipwee

Untuk performanya, bisa dibilang produk keluaran Maybelline nggak begitu mengecewakan karena memang mampu membersihkan setelah beberapa kali usap tapi nggak punya hal spesial juga yang bikin dia lebih unggul dari micellar water pesaingnya. Bisa jadi pilihan kalau kamu punya bujet lebih, penggemar produk Maybelline dan memiliki kulit sensitif, nih.

6. Bioderma, Sensibio H2O. Produk ini bisa jadi acuan perfoma banyak micellar water karena produk ini merupakan pioner teknologi ‘air’ pembersih makeup (Rp 140.000,00)

Produk pionir micellar water ini jadi sukses jadi produk andalan banyak orang via Hipwee

Awal pemakaian Bioderma Sensibio H2O ini di wajah, jujur saja tim Hipwee merasa produk ini agak overrated karena saat pertama kali mencoba, kulit tim Hipwee yang mencoba terasa agak cenat cenut sedikit, terutama di area seperti mata atau dekat bibir. Tapi untung nggak terjadi iritasi apapun sih. Nah, saat mengetes performanya saat membersihkan makeup, baru tim Hipwee bisa paham kenapa produk ini jadi favorit banyak orang. Bisa lihat sendiri ‘kan, daya membersihkannya dengan 2 kali usap saja sudah hampir bersih? Super recommended! Sayang harganya cukup mahal jadi kamu harus merogoh kocek lumayan dalam untuk mendapatkan produk ini.

Setelah mencoba keenam produk, mana nih yang jadi favorit tim Hipwee Style?

Hasil uji coba tim Hipwee, dua produk ini paling oke sih, secara harga dan perfoma 🙂 via Hipwee

Setelah mencoba 6 produk lokal dan import, akhirnya tim Hipwee Style memutuskan untuk merekomendasikan kedua produk ini untukmu. Kalau punya bujet lebih, pembersih Bioderma pasti akan jadi produk favorit kamu karena terbukti daya membersihkannya kece banget. Tapi kalau bujet ngepas, nggak perlu khawatir karena Ovale cukup oke kok dengan harga yang sangat terjangkau.

Kalau kamu, kira-kira tertarik mencoba yang mana nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya