Rekomendasi Sampo Bebas Silikon untuk Rambut Lebih Bersih, Bebas Licin

Sampo yang tidak bersilikon lebih fokus pada kesehatan dan kebersihan rambut

Seiring maraknya tren clean beauty, banyak perusahaan kosmetik dan perawatan tubuh yang mulai tidak memakai bahan-bahan seperti paraben, alkohol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), dan silikon. Kandungan bahan tersebut dinilai bisa merusak kulit atau rambut. Terkhusus dalam produk perawatan rambut, silikon bisa dibilang adalah bahan yang mulai dihindari sehingga banyak dijumpai sampo non silikon di pasaran.

Advertisement

Pernahkah kamu merasa sudah membilas rambut dengan bersih tapi tetap terasa licin? Padahal saat itu kamu baru hanya menggunakan sampo, belum kondisioner. Kalau iya, mungkin sampomu mengandung bahan silikon.

Melansir dari Function of Beauty, silikon adalah molekul mirip plastik, berbahan fleksibel, dan dapat dicetak untuk kegunaan yang beragam

Khusus untuk produk perawatan rambut, silikon digunakan untuk membentuk lapisan pelindung. Lapisan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan, memberi kelembutan, kilau, dan mengurangi keriting. Kandungan silikon sangat cocok dipakai kalau kamu punya tipe rambut keriting, kasar, atau mudah kusut.

Lalu, kenapa harus ada varian sampo tanpa silikon? Apakah bahan ini berbahaya untuk rambut? Tidak. Justru bahan ini sudah lama dipakai dan terbukti aman serta efektif sesuai klaim yang diberikan. Hanya saja, ada beberapa orang yang tidak kurang suka dengan sensasi licin yang dihasilkannya.

Advertisement

Kamu perlu beralih ke sampo non silikon kalau fokus utamamu adalah rambut bersih, bukan licin. Berikut ini Hipwee Style akan bagikan beberapa rekomendasi sampo bebas silikon dengan formula yang ringan. Meskipun ada produk yang berasal dari luar Indonesia, sampo-sampo ini tetap kamu dapatkan di drugstore. 

1. Rambut lebih lembut dan berisi dengan Moist Diane Perfect Beauty Extra Volume & Scalp

Moist Diane

Moist Diane | Credit: Instagram @moistdianeid

Produk sampo keluaran Jepang ini terbuat dari bahan-bahan alami. Kandungan utamanya yaitu organic argan oil mampu menjaga kelembapan rambutmu tanpa membuatnya lepek. Untuk efek rambut mengembang, sampo ini punya kandungan volumizing keratin. Setelah pemakaian rutin, sampo ini bisa membuat rambut lebih lembut dan bouncy. Moist Diane sebenarnya terdiri dari berbagai varian dan seluruh samponya tidak mengandung silikon, sulfat, dan paraben.

Sampo ini cocok untuk kamu yang baru mulai beralih ke sampo non silikon. Berbeda dengan beberapa sampo non silikon lainnya, Moist Diane punya hasil akhir yang lebih halus dan tidak membuat rambutmu kaku.

Advertisement

2. Pilih Mylea Intensive Hair Shampoo untuk rambut yang lebih kuat

Mylea Intensive Hair Shampoo

Mylea Intensive Hair Shampoo | Credit: Instagram @myleaindonesia

Sampo ini diperuntukkan untuk kamu yang punya kerusakan rambut seperti rambut rontok dan kusam. Formulanya yang tidak mengandung silikon membantu rambutmu agar tetap berkilau alami. Kandungan unggulan dari Mylea Intensive Hair Shampoo ini adalah ekstrak bunga chamomile (kamilia) dan horsetail (paku ekor kuda). Kedua ekstrak tanaman herbal ini berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kekuatan rambut serta melindungi dari kerontokan.

3. Sensatia Botanicals Calming Shampoo yang mampu menenangkan kulit kepala sensitifmu

Sensatia Botanicals Calming Shampoo

Sensatia Botanicals Calming Shampoo | Credit: Instagram @sensatiabotanicals

Sampo keluaran Sensatia Botanicals ini punya fungsi utama untuk merawat rambut dan kulit kepala yang rusak maupun sensitif. Di dalamnya terdapat campuran berbagai bahan alami. Seperti kandungan chamomile yang berfungsi untuk menenangkan kulit kepala serta mengurangi peradangan.

Aroma floral yang kuat didapatkan dari kandungan minyak lavender. Keramas dengan sampo ini, kulit kepalamu akan dibikin rileks. Selain itu, minyak lavender tentunya juga mampu mencegah rambut rontok.

4. Good Virtues Co. Happy & Heavenly Healthy Hair & Scalp Shampoo, kesat di awal tapi lembut pada akhirnya

Rangkaian Good Virtues Healthy Hair & Scalp Shampoo

Rangkaian Good Virtues Healthy Hair & Scalp Shampoo | Credit: Instagram @goodvirtues.co.id

Manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dari produk ini yakni berkurangnya rambut rontok. Meskipun termasuk minim busa, sampo Good Virtues Co. tetap ampuh untuk membersihkan kulit kepala dan rambutmu saat keramas. Sebagian pengguna merasa rambutnya sedikit kesat sehabis menggunakannya. Akan tetapi, setelah kering barulah terasa lembut di setiap helai rambut.

Semua sampo dari Good Virtues Co. mengandung bahan utama yakni Habbatussauda. Kandungan ini dapat mencegah ketombe, menutrisi dan melembutkan rambut karena di dalamnya mengandung antioksidan dan asam amino yang tinggi. Aktivitas keramasmu juga akan semakin menyenangkan karena aroma floral lembut yang menyeruak dari sampo ini.

5. Bahan-bahan alami di Botaneco Garden Organic Argan & Virgin Olive Oil Shampoo membuat rambutmu lebih mudah diatur

Botaneco Garden Argan Oil & Virgin Olive Oil

Botaneco Garden Argan Oil & Virgin Olive Oil | Credit: Instagram @mybotanecogarden

Sampo Botaneco Garden mengandung 100 % eco-certified organic argan oil dari Morocco dan virgin olive oil dari Spanyol. Kedua bahan alami ini menjanjikan hasil rambut yang tidak kaku dan mudah diatur. Kandungan argan oil memang terkenal dengan vitamin E, omega 3, dan antioksidan yang ampuh banget untuk menutrisi dan menjaga kelembapan rambut.

Argan oil juga punya manfaat untuk mencegah kerontokan dan menjadikan rambut halus. Virgin olive oil atau minyak zaitun juga sering dipakai untuk menutrisi rambut karena salah satu manfaatnya yaitu menangkal radikal bebas di folikel rambut.

Pada akhirnya, pilihanmu untuk memakai sampo bersilikon ataupun tidak adalah keputusan pribadi yang sah-sah saja. Kecuali mengandung bahan kimia berbahaya, sebenarnya tidak ada produk yang bagus atau tidak bagus. Yang ada hanyalah cocok dan tidak cocok. Jadi, sesuaikan pilihan sampo dengan kebutuhan utama rambutmu ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE