6 Arti Simbol di Kemasan Produk Kecantikan. Sering Lihat, Udah Tahu Belum Maknanya?

Simbol kemasan produk kecantikan

Sebelum membeli sebuah produk kecantikan, kamu pasti akan melakukan riset sederhana untuk mengetahui komposisi bahannya bukan? Yup, mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam suatu produk memang penting supaya kita tahu mana produk yang cocok untuk kulit wajah kita.

Advertisement

Akan tetapi selain komposisi, kamu juga perlu lo mengenali simbol-simbol yang terdapat pada kemasan produk supaya tahu masa pakai produk dan informasi penting lainnya. Kira-kira simbol apa saja ya yang ada di kemasan produk? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Simbol Mobius Loop pada kemasan produk kecantikan memiliki arti bahwa kemasan produk tersebut dapat didaur ulang

Simbol daur ulang | Credit via sancatcherstudio.com on Pinterest

Mobius Loop digambarkan dengan ikon berupa tanda panah berwarna hijau atau hitam pada kemasan suatu produk. Simbol ini memiliki arti bahwa kemasan produk tersebut dapat didaur ulang. Daur ulang di sini bukan berarti kita bisa mendaur ulang sendiri, ya, tetapi kita bisa kembalikan kemasan produk ke perusahaan daur ulang.

Selain itu, pada beberapa produk juga biasanya terdapat angka pada bagian tengah simbol. Melansir dari laman Vogue, angka ini mewakili persentase kemasan yang dibuat dengan menggunakan bahan daur ulang.

Advertisement

2. Simbol Green Dot menandakan bahwa produsen produk telah mengikuti aturan mengenai limbah kemasan

Limbah kemasan | Credit via sancatcherstudio.com on Pinterest

Simbol yang ditandai dengan ikon tanda panah yang saling terkait memiliki arti bahwa produsen produk kecantikan telah mematuhi undang-undang mengenai pengolahan limbah kemasan. Informasi ini penting untuk para konsumen yang memiliki concern terhadap sustainability atau kehidupan berkelanjutan.

Konsumen tersebut pasti ingin menggunakan produk dari produsen yang juga turut memperhatikan ekosistem alam dengan mengolah limbah supaya nggak mencemari lingkungan.

3. Period After Opening (PAO) juga kerap muncul di kemasan produk kecantikan. Simbol ini menandakan masa pemakaian

Advertisement

masa pakai produk | Credit via creativemarket.com on Pinterest

Simbol PAO ini biasanya ditandai dengan ikon toples kecil yang setengah terbuka serta dilengkapi dengan angka dan huruf di bagian tengah. Angka dan huruf yang tertera pada PAO beragam, ada 2M, 4M, 8M, hingga 12M. Angka tersebut mewakili berapa lama produk tersebut bisa bertahan setelah kemasan dibuka. Sedangkan ‘M’ memiliki arti month atau bulan.

Jadi, kalau kamu melihat angka 12M pada kemasan, berarti produk tersebut hanya bisa bertahan selama 12 bulan setelah kemasan dibuka. PAO berbeda dengan expired date atau tanggal kadaluarsa karena expired date hanya menunjukkan masa kadaluarsa produk sebelum kemasan dibuka.

4. Selain PAO, simbol Hourglass juga sering muncul di kemasan produk kecantikan untuk menandakan masa pemakaian produk

Simbol jam pasir | Credit via pngtree.com on Pinterest

Simbol Hourglass ditandai dengan ikon jam pasir pada kemasan suatu produk. Hourglass memiliki sedikit kesamaan dengan PAO yaitu untuk menjelaskan masa pemakaian produk. Kalau angka pada PAO beragam, Hourglass lebih spesifik menjelaskan bahwa produk tersebut hanya bisa bertahan selama 30 bulan baik sebelum dan sesudah kemasan dibuka.

5. Simbol hewan kelinci atau Leaping Bunny ini berkaitan dengan proses pengujian produk terhadap hewan

Simbol kelinci | Credit via buzzfeed.com on Pinterest

Simbol dengan ikon hewan kelinci ini menandakan bahwa produk kecantikan yang kamu gunakan bersifat animal friendly dan cruelty free. Hal ini berarti selama proses pembuatan produk nggak menggunakan bahan yang mengandung hewani. Selain itu, simbol ini juga menjelaskan bahwa produk kecantikan ini nggak melalui tahapan pengujian terhadap hewan.

6. Ikon Ecocert yang terdapat pada kemasan menandakan bahwa produk tersebut dibuat dari bahan organik

Simbol ecocert | Credit via amandinecha.com on Pinterest

Simbol Ecocert ini memiliki arti bahwa produk yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan organik. Terkadang simbol ini juga diikuti oleh kata ‘Organic Cosmetic’ dan ‘Natural Cosmetic’. Organic Cosmetic menandakan bahwa produsen menggunakan 95% bahan alami dari pertanian organik. Sedangkan natural cosmetic menandakan bahwa produsen menggunakan 50% bahan organik yang berbasis tumbuhan.

Nah itu dia beberapa arti dari simbol yang terdapat pada kemasan produk kecantikan. Kalau masih ada yang belum disebutkan, kamu bisa berbagi di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE