Produk Skincare Wajib di Musim Hujan. Hati-Hati, Salah Langkah Kulitmu Bisa Bermasalah!

Skincare wajib di musim hujan

Musim hujan telah tiba! Kulit wajahmu kini juga harus beradaptasi dengan musim yang baru. Di hari yang dingin dan berangin, pemilik wajah kering wajahnya akan semakin kering. Kalau di hari hujan dengan udara yang lembab maka pemilik kulit berminyak akan kian berminyak kalau penanganannya keliru. Duh, serba salah.

Advertisement

Hujan-hujan memang bikin mager, tapi kalau soal skincare jangan sampai kamu kasih kendor ya! Untukmu yang ingin kulit tetap sehat dan glowing di musim hujan, berikut Hipwee Style mau kasih bocoran skincare wajibnya. Simak yuk!

1. Face wash, agar kulit menjadi bersih dan segar!

Cuci muka agar wajah segar Photo by Ron Lach from Pexels

Perlu diingat bahwa face wash merupakan bagian yang tidak boleh dihilangkan dalam rangkaian skincare. Di musim hujan yang terkadang lembab maka bisa memicu hadirnya kotoran yang tertempel di permukaan wajah. Membersihkan wajah dengan face wash tentu bisa menghilangkan kotoran dan membuat kulit terasa segar.

2. Toner, bisa membersihkan lebih dalam dan juga menenangkan kulit wajah

Mengaplikasikan toner menggunakan kapas/Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Walau merasa kulit sudah bersih hanya menggunakan face wash, tapi kenyataanya belum tentu demikian. Bisa saja masih ada sisa makeup maupun debu yang menempel di pori-pori wajah. Maka toner bisa berfungsi sebagai pembersihan lapis kedua.

Advertisement

Selain itu toner juga bisa membuat kulit menjadi lebih rileks dan siap untuk menerima perawatan selanjutnya. Saat musim hujan, sebaiknya gunakan toner yang bersifat hydrating. Jangan lupa pilih yang non-alkohol ya agar tak merusak kulit wajah.

3. Sunscreen tetap perlu ya, meskipun di musim hujan yang sering mendung atau kamu lebih banyak beraktivitas dalam ruangan

Sunscreen itu wajib/ credit: istockphoto.com

Sekalipun di musim hujan, matahari tetap akan mengandung sinar ultraviolet. Dilansir dari laman Klikdokter, dalam jangka panjang sinar UV bisa membuat kulit kusam, flek hitam hingga kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, selalu gunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor(SPF) minimal 25. Jangan lupa mengoleskannya berulang, apalagi untuk kamu yang sering berkeringat dan/atau terkena air hujan berkali-kali.

Advertisement

4. Pelembap wajah itu wajib untuk kulit kering maupun berminyak. Terutama di musim hujan ya!

Photo by Shiny Diamond from Pexels

Cuaca yang lembab tentu menyebabkan kulit berminyak, namun apabila dibiarkan maka lama-kelamaan bisa breakout. Maka untuk antisipasi kita perlu menghidrasi kulit sebaik mungkin melalui air minum dan menggunakan pelembab.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh menangkap sinyal wajah yang terhidrasi, hingga tak perlu memproduksi minyak terlalu banyak. Bagi kamu yang berminyak maka sebaiknya pilih pelembab yang water based. Kalau yang kering banget maka bisa mencoba pelembab yang oil based

5. Face mask agar kulit ternutrisi maksimal, sampai lapisan kulit terdalam

Photo by ROMAN ODINTSOV from Pexels

Menggunakan face mask atau masker wajah bisa membantu menutrisi dan memberishkan wajah lebih dalam lagi. Face mask bisa menyingkirkan bakteri, minyak, dan kotoran yang menempel jauh di dalam pori-pori kulit wajah. Menggunakan face mask juga bisa membuat kulit terhidrasi dan ternutrisi agar tetap cerah dan tidak kusam. Gunakan face mask yang sesuai dengan kulit wajah ya!

6. Eksfoliasi atau mengangkat kulit mati jangan sampai dilewatkan, biar kulitmu selalu glowing paripurna

Credit: Photo by Monstera from Pexels

Saat musim hujan biasanya sering terjadi masalah pori-pori tersumbat. Maka untuk mengatasi ini tak ada salahnya mengadakan eksfoliasi kulit wajah.

Terdapat dua cara untuk melakukan eksfoliasi yakni fisik maupun kimia. Maka sebaiknya disesuaikan lagi dengan kebutuhanmu. Untuk kulit berminyak sebaiknya rutin eksfoliasi rutin 2-3 kali setiap minggu, kulit kering 1-2 kali.

Musim hujan plus pandemi kadang menjadi alasan kuat kita menjadi jarang keluar rumah. Tapi jangan sampai karena di rumah aja kamu sampai mengabaikan kondisi kulitmu~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE